Wah! Industri Gaming Lagi Booming, Hadiah eSports Ungguli NBA dan FIFA

Rabu, 02 Januari 2019 | 09:10
Flickr

Ilustrasi atlet eSports

GridGames.ID - Dunia eSport emang lagi rame banget dibicarakan khalayak luas di tahun 2018 kemarin dan pada tahun yang sama pun nggak sedikit turnamen eSport diselenggarakan dengan pemain-pemainpro yang ada dalam tim eSport.Mengambil data riset dari Statista, pendapatan di sektoreSporttelah berkembang hingga mencapai empat kali lipat dibandingkan sejak tahun 2012. Hingga tahun 2017, pendapatan di sektoreSportmampu mencapai 493 juta Dollar AS.Lebih jauh lagi, riset tersebut memperkirakan kancah kompetisi video game di tingkat profesional akan mampu menarik revenue hingga 1,6 milliar Dollar AS.

Baca Juga : Inilah Sejarah eSports yang Telah Dimulai Sejak Puluhan Tahun LaluDimulai dari turnamen eksibisi eSports di Asian Games 2018 di Jakarta, bulan Agustus lalu, hingga diumumkannya eSports sebagai cabang olahraga resmi untuk dipertandingkan di SEA Games 2019 serta Asian Games 2022.

Nimo TV
Nimo TV

Kompetisi eSports di Asian Games 2018 Jakarta

Secara keseluruhan, Asia Pasifik menjadi kawasan terdepan dalam memanfaatkan ceruk pendapatan dari sektor video gim dan eSports.Hingga tahun 2017, benua Asia terhitung menyumbang sekitar sepertiga dari total pendapatan di sektor eSports secara global di angka 406 juta Dollar AS, mengalahkan kawasan-kawasan lainnya.

Banyak yang masyarakatnggak mengetahui, pergelaran eSports di kancah dunia sudah sangat diakui dan gencar perkembangannya.

The International
The International

The International - DotA 2 Championships 2017

Sebagai pembanding dengan gelaran olahraga lainnya, jika dilihat dari besarnya total hadiah yang diberikan, pergelaran The International, turnamen Dota 2 terbesar di dunia, mampu menawarkan total hadiah mencapai 25 juta Dollar AS di tahun 2018.Besarnya hadiah ini jauh melebihi total hadiah yang ditawarkan turnamen olahraga lainnya, seperti NBA Championship (13 juta Dollar AS) atau FIFA Confederations Cup (20 juta Dollar AS).

Baca Juga : Ini 5 Tips Ampuh Buat Kamu yang Berniat Serius jadi Atlet eSports

instagram.com/jessnolimit
instagram.com/jessnolimit

Oura dan Jess No Limit

Selain karena pertumbuhan pesat komunitaseSportsdi beberapa daerah di Indonesia seperti di Kalimantan dan Sulawesi, banyaknya penyelenggaraan turnameneSportssepanjang tahun 2018 juga memberikan kontribusi besar atas pertumbuhan live streaming dalam konten gaming.Semakin besarnya kebutuhan masyarakat akan tontonan berkualitas terhadap gaming daneSports, menunjukkan kesadaran masyarakat akan pentingnya industri ini telah terbangun.Gamer profesionaleSportsyang sudah bergabung dalam Nimo TV sebagai streamer antara lain adalah Jess No Limit, SuperNayr, Benzer Ridel, Emperor, dan banyak lagi yang lainnya.Mereka rutin melakukan live streaming dan berinteraksi dengan penontonnya. (*)

Editor : Kama

Sumber : nextren.grid.id

Baca Lainnya