Rampage dan Tomb Raider Laris di 2018, Apa Tanda Film Game Bangkit?

Rabu, 02 Januari 2019 | 11:00
Warner Bros

Film Rampage

GridGames.ID - Pada tahun 2018 kemarin, ada beberapa film yang memiliki jalan cerita berdasarkan video game.

Sedikit flashback, sebelumnya di tahun 90an dan 2000an awal, Mortal Kombat dan Resident Evil juga muncul sebagai film yang diangkat dari video game.

Dikutip dari laman IGN, Tomb Raider dan Rampage adalah film yang diangkat dari video game yang berhasil meraih keuntungan besar ditahun 2018, masing-masing menghasilkan $ 273,8 juta dan $ 426,3 juta di seluruh dunia.

Baca Juga : Ini Dia 5 Game Android yang Menggunakan Jalan Cerita Film Star Wars

Film-film tersebut penuh dengan bintang besar, anggaran besar, dan iklan besar pula. Dan mereka juga ditinjau lebih baik daripada film video game sebelumnya sampai saat ini.

Setelah bertahun-tahun, film-film video game dianggap biasa saja dan bisa dibilang mengerikan, mungkin keberhasilan kedua film di atas bisa menjadikan film-film video game bisa lebih maju ke depannya.

Tomb Raider saat ini memegang peringkat perolehan 51% di Rotten Tomatoes, sementara Rampage lebih tinggi sedikit, yaitu 52%.

Sebelum tahun 2018, film-film yang diambil dari video game terbaik seperti Angry Birds dan Final Fantasy: The Spirits Within, keduanya hanya memperoleh 44% di Rotten Tomatoes.

Para pembuat film akhirnya belajar bagaimana mentransfer narasi video game ke ranah skenario. Ini adalah sesuatu yang telah diperjuangkan oleh para pembuat film selama bertahun-tahun.

Square Enix
Square Enix

Shadow of the Tomb Raider

Jika dilihat secara obyektif, pasti mudah untuk melihat alasan kenapa film-film yang dihasilkan dengan jalan cerita dari video game sebelumnya nggak bisa mendapat rating tinggi.

Misalnya, kalo seorang penonton belum mengetahui video game yang ada pada film tersebut, mungkin terasa luar biasa ketika melihat adegan-adegan keren dalam film.

polygon.com
polygon.com

Game Rampage

Namun, untuk penonton atau penggemar yang sebelumnya sudah mengetahui game yang dijadikan film tersebut, lalu ada adegan-adegan yang kurang pas dengan game, pasti banyak penggemar merasa nggak puas. Apalagi ketika memunculkan adegan-adegan mengerikan.

Rampage, jalan cerita film ini berdasarkan game arcade yang digemari sejak tahun 1986. Permainan ini sederhana, kalian adalah monster dan harus menghancurkan sebanyak mungkin bangunan sebelum militer berusaha melumpuhkan kalian.

Kalian bisa menang dan terus hidup dengan cara memakan orang. Jalan film tersebut begitu seru dan sering juga muncul adegan-adegan tersebut pada film-film monster seperti King Kong dan Godzilla.

Dalam kasus tersebut, film akan lebih efisien dan dapat ditonton siapa saja. Mungkin ada adegan yang kurang, tetapi tentu masih menyenangkan untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Harus Nonton! Film Dread Out yang Diadaptasi dari Game Segera Tayang

Keberhasilan relatif Rampage dan Tomb Raider mengungkapkan bahwa ambisi besar mungkin bukan pendekatan yang tepat ketika mengubah game menjadi film.

Mungkin, dengan hadirnya film Rampage dan Tomb Raider yang sukses pada 2018 lalu, bisa membangkitkan produksi film-film yang diambil dari video game.

Akankah film-film yang diadaptasi dari video game akan lebih banyak diproduksi nantinya?(*)

Editor : Kama

Sumber : IGN

Baca Lainnya