Sama-sama Bergenre Battle Royale, Ini Dia Perbedaan PUBG dan Free Fire

Rabu, 23 Januari 2019 | 20:00
Facebook PUBG Mobile

Flare Gun PUBG

GridGames.ID -Dengan semakin mudahnya bermain game survival bergenre battle royale pada smartphone, game ini menjadi yang paling favorit dibeberapa tahun belakangan ini.

Free Fire, game mobilebattle royaleyang diluncurkan Desember 2017 kini bersaing dengan PlayerUnknown's Battlegrounds atau PUBG yang hadir di PC bulan Maret 2017, kemudian menghadirkan versi mobile pada Februari 2018.

Dengan masuknya PUBG versi mobile, kedua game ini menjadi trending topik karena fitur kedua game tersebut nggakjauh berbeda.

Baca Juga : Harus Tau! 7 Lokasi Rahasia Agar Dapat Booyah Lebih Mudah di Free Fire

Lalu adakah perbedaan dari kedua game ini, dan apa kelebihan dan kekurangannya?

Gameplay

Garena
Garena

Free Fire

Kedua game tersebut nggakjauh berbeda dari segi Gameplay. Game ini dimulai dengan mengumpulkan semua player di sebuah pulau dan membawa mereka dengan pesawat.

Setelah itu battle dimulai dengan turun dari pesawat menggunakan parasut. Kemudianmencari senjata untuk persiapan bertempur dengan musuh.

Player berusaha bertahan hidup dari serangan player lain dan juga sama-sama berusaha lari menuju safe zone yang setiap menitnya selalu menyempit.

Yang menjadi perbedaan antara PUBGdanFree Fireadalah PUBG lebih menampung banyak pemaindalam 1 game yaitu 120 orang. SementaraFree Firehanya menampung50pemain saja.

Map

PUBG
PUBG

Peta Vikendi PUBG

Kalau sudah memainkan keduanya tentu paham betul mengenai kondisi maps masing-masing game.

Jika membahas masalah besar, memang PUBG Mobile lebih unggul sehingga pemain dapat mengeksplorasi tempat lebih banyak dan musuh juga tidak berdekatan dengan kita.

Namun map yang besar akan susah jika zone mengecil, kalau kita berada di jarak yang jauh dari titik aman maka harus mencari kendaraan untuk mencapai safe zone tanpa terkejar shrinking line.

Game Server

Reddit.com

PUBG 0.9 Update Night Mode

Kedua game tersebut sama-sama berbasis online maka sudah pasti koneksi jaringan harus diperhatikan.

Free Fire lebih unggul dalam persoalan jaringan karena sudah memiliki server sendiri di Indonesia. SedangkanPUBGmasih berbasis benua (Asia, Eropa, dan Amerika Utara).

Karena sudah menggunakan server lokal maka pingFree Firejuga lebih cepat dan stabil sehingga permainan dapat berjalan lancar.

Mode

PUBG.com

Mode permainan baru di PUBG

Mode game play kedua game ini pun tidak jauh berbeda yaitu ada mode Solo pemain bermain sendiri tanpa tim dan player yang muncul di dalam battle adalah lawan.

Mode Duo, pemain bermain berdua bersama teman. Sedangkan Mode squad, bermain berempat bersama teman satu tim melawan squad player lain juga.

Terdapat jugaMode Ranked, setiap hasil pertandingan akan menambah ranking pemain.

Kualitas Grafis

Garena Free Fire Indonesia
Garena Free Fire Indonesia

Free Fire update winter pada peta battleground

Secara umum, kualitas grafisPUBGMobile lebih unggul dibanding Free Fire.

Namun, jawaban ini akan salah jika perangkat yang digunakan memilki kualitas atau spek yang rendah. Kualitas grafik PUBGakan turun drastis ketika dimainkan di perangkat dengan spek rendah.

Berbeda dengan Free Fireyang akan terlihat menarik meskipun digunakan pada perangkat spek rendah. Ini dikarenakan Free Fire adalah game yang Low-Spec Friendly.

Gerakan karakter pun lebih terlihat nyatadiPUBGdibandingkan Free Fireyang agak sedikit kaku.

Kontrol Game

GridGames.ID

Jejak tangan dengan darah hitam di PUBG

Free Fire memiliki keunggulan dari segi kontrol game alias tidak ribet. Sedangkan PUBG menggunakan sistem kontrol yang lebih menantang.

DalamPUBGMobilenggak ada AutoAIM seperti di Free Fire.

Free Fire juga memiliki gerakan yang lebih cepat sehingga memudahkan untuk pertarungan jarak dekat.

Kontrol kendaraan pun lebih enak dan nyaman di Free FiredibandingkanPUBG.

Baca Juga : Mantap! PUBG Segera Hadirkan Patch Spesial untuk Peta Vikendi

Fitur

PUBG Corporation

Ilustrasi gameplay PUBG

Untuk kelengkapan Fitur,PUBGlebih lengkap dibandingkan Free Fire.

Seperti fitur chat dan Voice Chat yang memudahkan player agar dapat saling berkomunikasi. Voice Chat di Free Fire masih kurang maksimal hasil suaranya.

Namun diPUBG, voice chat sangat jernih dan terdengar jelas tanpa masalah dan juga fitur quick chat yang memudahkan kita jika meminta bantuan atau memberikan tanda posisi musuh.

Meski keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, namun adanya sedikit perbedaan ini nggak mengurangi keseruan dalam game saat dimainkan.

Kalau kalian seoranggamer bertipe penyergap secara langsung, Free Fire bisa jadi game yang pas buat kalian mainkan.

Kalau ingin bermain dengan taktik bersama teman, PUBG bisa jadi pilihan yang paling pas.(*)

Editor : Kama

Sumber : Tribun Timur

Baca Lainnya