Babak Kualifikasi Piala Presiden eSports 2019 Hadir di 8 Kota Ini

Selasa, 19 Februari 2019 | 15:08
instagram.com/pialapresidenesports

Piala Presiden eSports 2019

GridGames.ID - Beberapa waktu lalu IESPL bersamaBadan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kantor Staf Presiden, Kementerian Komunikasi dan Informatika berkerja sama menggelar Piala PresideneSports2019.

Babak seleksi turnamen ini diselenggarakan di 8 kota di Indonesia, yaitu Palembang, Denpasar, Makassar, Surabaya, Manado, Solo, Pontianak dan Bekasi.

Piala PresideneSports2019 digelar bertujuan untuk menciptakan serta mewadahi ekosistemeSport yang semakin berkembang agar duniaeSportIndonesiabisa lebih siap berlaga di tingkat dunia.

Baca Juga : Makin Berkembang! Pemerintah Gelar Piala Presiden eSports 2019

Untuk wilayah Regionalnya sendiri terdiri dari :

  • Palembang : Seluruh Pulau Sumatera
  • Denpasar : Pulau Bali, NTT, NTB
  • Makassar : Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara
  • Surabaya : Jawa Timur, Madura
  • Manado : Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Seluruh Pulau Maluku dan Pulau Papua
  • Solo : Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta
  • Bekasi : Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten
  • Pontianak : Seluruh Pulau Kalimantan
Daerah-daerah tersebut kaya akan budaya, juga memiliki tempat wisata dan kuliner yang beragam. Berikut penjelasannya.

1. Palembang

iStockphoto
david sutarto

Jembatan Ampera

Kota yang terkenal dengan kuliner khasnya, Pempek, merupakan ibukota dari Sumatera Selatan. Palembang juga terkenal dengan Jembatan Ampera yang berada di atas Sungai Musi, di mana sungai tersebut menjadi sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

Di sepanjang tepi Sungai Musiterdapat objek wisata seperti Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Pulau Kemaro, Pasar 16 Ilir, Rumah Rakit, kilang minyak Pertamina, pabrik pupuk PUSRI, pantai Bagus Kuning, Jembatan Musi II, Masjid Al Munawar, dan masih banyak lagi.

2. Denpasar

Lutfi Fauziah

Umat Hindu Bali berdoa pada hari raya Kuningan di Pura Sakenan, Pulau Serangan, Denpasar, Bali, Sabt

Siapa yang nggak kenal kota satu ini? Ibukota Bali ini jadi pusat perhatian nggak cuma di Indonesia, tapi menarik perhatian wisatawan mancanegara.

Pertumbuhan industripariwisata di Pulau Bali mendorong Kota Denpasar menjadi pusat kegiatan bisnis, dan menempatkan kota ini sebagai daerah yang memiliki pendapatan per kapita dan pertumbuhan tinggi di Bali.

Pantai Sanur merupakan salah satu kawasan wisata pantai yang ramai dikunjungi wisatawan. Letaknya persis di sebelah timur kotaDenpasar.Pantai Sanur juga dikenal sebagaiSunrise beachyang nggak kalah indah dari Pantai Kuta. Tapi,ombak di Pantai Sanur cukup tenang, maka tidakbisa digunakan untuksurfing seperti Pantai Kuta.

3. Makassar

Alex Pangestu

Pantai Losari, pantai di sebelah barat Makassar, Sulawesi Selatan

Ibukota Sulawesi Selatan ini dulu lebih dikenal dengan nama Ujung Pandang.Makassar merupakan kotametropolitanterbesar di kawasan Indonesia Timur dan dulunya pernah menjadi ibukota Negara Indonesia Timurdan Provinsi Sulawesi.

Tempat pariwisata terkenal di Kota Makassar salah satunya adalah Pantai Losariyang terletak di sebelah barat kotaMakassar yang menjadi tempat menikmati matahari tenggelam yang begitu indah.

Kuliner dari Makassar juga terkenal, seperti Coto Makassar, Konro, Pallubasa, Pallumara, Sarabba, dan lain sebagainya.

4. Surabaya

Instagram/@rohmatdarmawan
Instagram/@rohmatdarmawan

Mengenal Bunga Tabebuia, Tanaman Instagramable yang mirip Sakura Jepang di Tengah Kota Surabaya

Surabaya merupakan salah satu kota terbersih di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dengan adanya taman-taman kota yang rindang hampir di setiap sudut kota.

Taman Bungkul, Taman Harmoni, Taman Pelangi, Taman Surya, Taman Mundu, Taman Buah Undaan, Taman Jayengrono, dan lainnya merupakan taman-taman yang bisa dikunjungi warga maupun wisatawan di Surabaya yang punya spot foto keren, khususnya untuk milenial.

Dikutip dari Wikipedia, pada tahun 2013, Taman Bungkul mendapat penghargaanThe Asian Townscape Award 2013dari PBB sebagai taman terbaik di Asia karena fasilitasnya yang sangat lengkap.

Makanan khas Surabaya juga terkenal enak-enak, seperti Rujak Cingur, Rawon, Lontong Balap, dan masih banyak lagi.

5. Manado

AmazingPlaces.com
AmazingPlaces.com

Bunaken

Kota Manado adalah ibukota dari Provinsi Sulawesi Utara yang dikelilingi oleh daerah pegunungan dan menjadi kota kedua terbesar setelah Makassar di Pulau Sulawesi.

Tempat wisata yang banyak dikunjungi dan terkenal di Manado adalah Bunaken, di mana petunjuk bisa melakukan atraksi populer di sana, seperti Selam Scuba dan snorkelling.

Tinutuanyang terdiri dari berbagai macam sayuran merupakan kuliner khas Manado, selain itu adaCakalang Fufu yaitu ikan cakalangyang diasapi,ikan roa, dan lain-lain. Di Manado juga terkenal dengan kuliner non halal.

6. Solo

Kompas.com/Labib Zamani

Keraton Surakarta Hadiningrat

Salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal adalah kota Solo, dan merupakan kota terbesar ketiga di pulau Jawa bagian selatan setelahBandungdan Malang menurut jumlah penduduk.

Kota yang biasa disebut Surakarta ini memiliki tempat wisata utama seperti Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran dan kampung-kampung batik serta pasar-pasar tradisional.

Selain itu kota ini juga dikenal sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa karena secara tradisional merupakan salah satu pusat politik dan pengembangan tradisi Jawa.

Baca Juga : Pendaftaran Piala Presiden eSports 2019 Resmi Dibuka Hari Ini, Berikut Persyaratannya

7. Pontianak

iStockphoto
sk8lovers/Getty Images/iStockphoto

Sungai Kapuas, Pontianak.

Kota yang dilalui oleh garis Khatulistiwa ini merupakan kota yang memiliki keanekaragaman budaya dari penduduknya, yaitu Suku Dayak, Melayu, dan Tionghoa.

Pariwisata pada kota ini juga didukung oleh keanekaragaman budaya penduduk tersebut, lho. Seperti Suku Dayak memiliki pesta syukur atas kelimpahan panen yang disebutGawai.

Kota Pontianak ini dialiri oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak, maka kota ini memiliki visi untuk menjadikan Pontianak sebagai kota dengan pariwisata sungai.

8. Bekasi

instagram.com/explore_bekasi
instagram.com/explore_bekasi

Pantai Muara Gembong, Bekasi

Salah satu kota di Provinsi Jawa Barat ini merupakan bagian dari megapolitan Jabodetabek dan sedang berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri.

Tempat wisata di kota ini antara lain Taman Buaya Indonesia, Pantai Muara Beting, Muara Gembong, Muara Bendera, Situ Gede, Saung Ranggon, bekas pabrik gula Cibarusah, dll.

Kesenian Kota Bekasi sulit ditetapkan karena warga kota ini adalah percampuran antara budayaSunda dan Betawi.(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya