Jangan Main Game Bajakan Kalau Nggak Mau Mengalami 5 Hal Ini

Rabu, 06 Maret 2019 | 09:00
iStockphoto

gaming game play tv fun gamer gamepad guy controller video console playing player holding hobby playful enjoyment view concept - stock image

GridGames.ID - Game menjadi hiburan yang nggak pernah akan punah dari masa ke masa, dan juga selalu menjadi salah satu hal yang selalu diperbaharui dan dikembangkan.

Namun, seiring perkembangan jaman, grafik dalam game terus meningkat dan menjadikan harga game yang awalnya murah bahkan gratis dimainkan, sekarang menjadi berbayar dan mahal.

Tapi hal itu bisa dimaklumi,karena semakin tinggi grafis yang ditawarkan, semakin membutuhkan usaha yang besar juga untuk membuatnya.

Dengan grafis yang semakin meningkat, sebagaigamer,kita jadi bisa merasakan sensasi bermain game yang lebih realistis lagi.

Baca Juga : Setelah Dua Tahun Rilis, Ini Dia 5 Fakta Menarik Arena of Valor (AoV)

Contohnya seperti Monster Hunter World.Video gamebesutan Capcom yang sempat menjadi perbincangan di duniagamingini pun dilengkapi dengan grafis yang tajam, realistis dan jugagameplayyang apik.

Tapi harganya nggak murah,guys.Untuk satucopyMonster Hunter World, kalian harus merogoh kocek sebesar 500 ribu rupiah. Cukup mahal, kan?

Terlebih lagi untuk paragameryang masih duduk dibangku sekolah. Pasti harus nabung dulu untuk bisa beli game seharga Monster Hunter World.

Namun, selain menabung ada juga jalan pintas untuk mendapatkan game yang kita ingin mainkan, yakni dengan mengunduh atau membeli game bajakan.

Harga darigame bajakanmemang murah atau bahkan gratis. Tapi kalian harus hati-hati juga. Membeli atau mengunduhgame bajakanitu ada dampak negatifnya juga, lho.

Ini diaalasan kenapa kalian nggak perlu membeli atau mengunduh game bajakan.

1. Resiko terjangkitVirusdan Malware

iStockphoto
artiemedvedev

Man sits near laptop with phone blocked and encrypted by ransomware spyware asking for money. Laptop and smartphone infected by virus. Scary red skull crossbones on screen. Cyber security theme.

Nggak bisa dipungkiri lagi, kehadirangame bajakanpada berbagaiplatformuntuk bermaingamememang bisa memuaskan keinginan paragamerberkantong tipis. Tapi di sisi lain, kehadiran game bajakanini pun bisa menjadi sesuatu yang berbahaya untukdevicekalian.
Hal yang berbahaya itu adalahvirusataumalware. Karena dalamgame bajakan itu terdapat banyak celah yang bisa dimanfaatkanhackerpenebarmalwaredan virusuntuk menyisipkan kedua hal itu ke dalam game yang kalian beli atau unduh.

Meskipun tergolonggamemurah, tapi belum tentu aman dari segala ancaman virus maupunmalware. Berbeda dengan gameoriginal yang sudah dijamin bebas dari virusdan malwarekarena sudah diberi proteksi oleh pengembangnya.

2. Kerap kali bermasalah

iStockphoto
fizkes

Computer error failure concept, african man using laptop with application failure message on screen, bad software pc app crash, email malware, data loss and recovery, rear view over the shoulder

Masalah lain yang akan menimpa kalian kalau mengunduh ataupun membeli gamemurah bajakanadalah masalahstopped working. Hal ini tentunya akan sangat menyebalkan banget. Pasalnya, bisa saja ketika kita sedang asyik bermain atau sedang melawan boss di suatu level, tiba-tiba game terhenti dan langsung muncul notifikasi “gamehas stopped working”.

Penyebab dari hal itu bisa terjadi kemungkinan disebabkan oleh perubahan padasoftware gamesebagai akibat dari proses pembajakan itu. Selain tiba-tiba berhenti bekerja, kalian juga akan merasakanlagketika sedang bermain.

Hal ini nggak bisa dihindari karena game bajakannggak bisa menyediakan fitur yang yang dimiliki oleh gameversi asli seperti fiturupdatekarena game bajakanyang ada di luar sana itu nggak terdaftar secara resmi atau nggak memiliki semacamserial keyseperti yang dimilikigameoriginal.
3. Linkdownload sering mati

iStockphoto
Tero Vesalainen

Page not found and error in laptop. Bad or slow internet connection. Frustrated man spreading hands in home office desk. Broken computer not working. Online information problem. Alert icon in website.

Sudah menjadi rahasia umum kalau beberapawebsitetempat mengunduhgame bajakankerap kali menghilang karena razia di internet yang memusnahkan berbagai aplikasi hasil bajakan, salah satunya adalahvideo game.
Jadi, yang tadinya berniat untuk mengunduh gamemurah tapi bajakan, eh, terpaksa harus nggak jadi karena seketikalinkyang dituju menghilang.

Atau, ada yang lebih menyebalkan lagi nih. Ketika lagi mengunduhgame bajakandan hampir selesai, tiba-tibalinktempat mengunduh game tersebut mati dan nggak bisa berfungsi lagi karena sudah dihapus.

4. Butuh waktu lama

iStockphoto
cmjjack

Modern Hourglass -- sand trickling through the bulbs of a crystal sand glass. every second counts. symbol of time. countdown.

Selain tiga masalah di atas, ada lagi nih satu masalah yang nggak kalah menjengkelkannya, yaitu harus menunggu waktu yang lebih lama untuk bisa mendapatkanlinkmengunduh game bajakantersebut.

Karena kalian harus menunggu si pembajakgamemembajakgameyang mau kalian mainkan.

Waktunya pun tergantung seberapa cepat si pembajak itu menyelesaikan pembajakannya. Itupun kalau kalo dia nggak ditangkap oleh penegak hukum karena melanggar, yha. Kalau si pembajak itu tertangkap, ya secara otomatisgame bajakanitu pun nggak akan keluar sampai ada orang lain yang mau membajak game tersebut.

Baca Juga : Harus Tau Juga! Ini Dua Ending Leon Kennedy di Resident Evil 2 Remake

5. Melanggar hukum dan legalitas

iStockphoto
BrianAJackson

Gavel on laptop computer keyboard concept for online internet auction or legal attorney assistance

Kalau kalian merasa empat alasan di atas belum cukup untuk membuat kalian berhentimain gamemurah bajakan. Coba deh kalian pertimbangkan lagi setelah membaca alasan yang terakhir ini, yaitu masalah hukum yang akan menimpa kalian suatu saat.

Pasalnya, memainkangame bajakansama saja dengan tindakan illegal dan tentunya bermaingame bajakanjuga termasuk ke dalam mencuri karya orang lain.

Jadi, nggak menutup kemungkinan kalau pihak pengembang alias developergameakan menunut kalian atas pelanggaran hak cipta, meskipun bukan kalian yang membajakgametersebut.

Bahkan nggak jarang juga para developer ‘menghukum’playeryang bermaingamemereka secara ilegal ataubajakan. Salah satu contohnya adalah Rockstar yang memberikan efek kamera nggak fokus pada salah satu misi di Grand theft Auto V.

Pada saat diperkenalkan dengan fitursafehouseyang merupakan momen pertama digamesetelah kalian dijemput oleh karakter yang bernama Roman, kameragameGTA V ini tiba-tiba bergoyang begitu saja secara terus menerus dan nggak ada cara lain selain membeli versi original dari GTA 5 ini untuk menghentikan ‘hukuman’ tersebut.

Menurut GridGames, lebih baik membeli game original dengan harga yang lumayan daripada harus memainkan game bajakan dan mengalami kelima hal di atas.(*)

Editor : Rian Sidik

Sumber : Hai Online

Baca Lainnya