Piala Presiden eSports 2019 Hadirkan Bootcamp Sebelum Masuki Final

Selasa, 12 Maret 2019 | 22:00
Dok. GridGames/Amel

Panitia Piala Presiden eSports 2019 bersama Pro Player saat konferensi pers

GridGames.ID -Sebelum babak final diselenggarakan, keenambelas tim eSports yang akan bertanding di babak final Piala Presiden eSports akan mengikuti Bootcamp, lho.

Bootcamp ini bakal diselenggarakan di Kantor Staf Presiden pada tanggal 27 dan 28 Maret 2019 mendatang.

"Kami mendukung adanya Bootcamp untuk para atlet Piala Presiden eSports 2019 karena kami memandang talenta saja tidak cukup untuk seseorang menjadi atlet berprestasi," kata Abraham Wirotomo selaku Tenaga Ahli Madya Kedeputian II Kantor Staf Presiden menjelaskan alasan diselenggarakannya Bootcamp.

Baca Juga : 16 Tim Bertanding di Closed Qualifier Piala Presiden eSports 2019

Menurut Abraham, ada 3 hal lain yang mendukung seseorang menjadi atlet eSports. Pertama, harus ada jiwa nasionalisme, motivasi membela tanah air dan mengharumkan nama bangsa.

Lalu, yang kedua adalah pemahaman pola hidup sehat dan gizi. Kemampuan otak harus didukung badan yang sehat. Para atlet harus sadar pentingnya menjaga kebugaran tubuh agar stamina dan konsentrasi terjaga dengan baik.

Terakhir, yang ketiga adalah kemampuan mengolah finansial. Gaji atlet eSports bisa dibilang cukup fantastis. Usia 20-an sudah mendapatkan puluhan hingga ratusan juta per bulan. Mereka harus pandai mengelola keuangan mereka agar nggak boros untuk hal-hal yang nggak berguna. Kalau bisa untuk diinvestasi sebagai jaminan masa depan.

Giring Ganesha selaku Presiden IESPL sekaligus Ketua Organizing Committee Piala Presiden eSports 2019 menambahkan, "Sebagai seorang atlet eSports, tidak hanya jago bermain game aja. Tapi harus memiliki public speaking yang bagus."

Giring mencontohkan Cristiano Ronaldo dan David Beckham yang merupakan atlet sepak bola dengan public speaking yang baik dan bisa mengetahui bagaimana bersikap di depan media dan orang banyak.

Baca Juga : Hasil Closed Qualifier Grup A Piala Presiden eSports 2019 Hari Pertama

Di Bootcamp nanti, ada serangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan, antara lain Pembinaan Ideologi Pancasila, Sportivitas dan Dedikasi Kepada Bangsa oleh Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Nggak hanya itu, juga ada Team Building eSports dan Bisnis eSports oleh Hartman Haris dari dan Delwyn.

Lalu ada Personal Development oleh Laksmiari Saraswati Widodo, Public Speaking oleh Kemal, dan Healthy Lifestyle oleh Andi Kurniawan, Sp.KO.(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya