Penonton Cewek Pada Turnamen eSport Semakin Banyak, Ini Buktinya

Selasa, 23 April 2019 | 14:00
eSportsinsider

Penonton eSport cewek

GridGames.ID - Jika dilihat dari perkembangannya, cabang olahraga elektronik atau eSport adalah yang paling pesat perkembangannya di Indonesia.

Bisa dilihat dari turnamen eSport yang makin marak digelar dan digilai penontonnya. Eits, bicara penonton, emang sih selalu didominasi oleh cowok.

Tapi, di sisi lain, eSport sudah berhasil menarik perhatian cewek-cewek, lho!

Dikutip GridGames dari KompasTekno, menurut riset pasarInterpret, cewek kini mulai banyak yang terlibat dalam eSport, utamanya sebagai penonton.

Baca Juga : Nggak Cuma Cantik, 5 Cewek Ini Jadi Pro Player Tim eSports Indonesia

Kotaku
Kotaku

Penonton eSport cewek

Pertumbuhan penonton cewek naik dari 23,9 persen di tahun 2016 menjadi 30,4 persen di kuartal IV-2018.

Kenaikan 6,5 persen ini tergolong tinggi mengingat betapa kentalnya dunia eSport diasosiasikan dengan dunia cowok.

"Mengubah perilaku antara segmen manusia yang luas itu sulit. Kemajuan dalam jumlah ini selalu membutuhkan waktu, sebenarnya, peningkatan gender (6,5) dalam dua tahun terakhir adalah tren yang tepat," ujar Tia Christianson, Vice President Interpret Eropa.

Menurutnya, jika dalam dua tahun mendatang jumlah audiens cewek bisa menanjak enam persen, bisa dikatakan bahwa penonton eSport akan seimbang dari segi gender dengan mempertimbangkan alat yang digunakan, yakni antara konsol tradisional atau PC.

KompasTekno
Interpret

Perkembangan penonton eSport cewek

"Secara industri, kemajuan lebih banyak akan tercipta seiring peran perempuan di game tradisional eSport yang terus tumbuh," papar Chistianson.

"Kemungkinan besar, kebanyakan pertumbuhan itu akan muncul di genre eSport non-tradisional, terutama game yang dimainkan di perangkat mobile dan tablet," lanjutnya.

Christianson mengindikasikan, kemungkinan game-game yang menarik cewek-cewek untuk bermain adalah game non-tradisional yang mudah dimainkan di perangkat mobile.

Casual gameatau game-game ringan yang nggak perlu skill tinggi, disebut banyak dimainkan oleh kaum hawa dengan persentase 66 persen.

Baca Juga : Kawaii! Ini Dia Deretan Foto Cewek-Cewek Cosplay Mobile Legends

redbull.com
redbull.com

Gamer cewek Counter Strike

Dilansir dariESPN, dari total 173 juta penonton yang menonton eSport lebih dari sekali dalam sebulan, 72 persennya adalah penonton cowok dan 28 persennya adalah cewek.

Rentang usia penonton yang berada pada usia 21-35 tahun, 39 persennya berasal dari cowok dan 15 persen adalah penonton cewek.

Baca Juga : Ini Dia 5 Tim eSports Indonesia yang Diisi Oleh Roster-Roster Cantik

Sementara66 persen penonton cowok dan 34 persen penonton cewek, seenggaknya pernah menyaksikan pertandingan eSport sekali dalam setahun. (*)

Editor : Rian Sidik

Sumber : KompasTekno

Baca Lainnya