8 Turnamen eSport Dengan Hadiah Uang Tunai Terbesar di Dunia

Selasa, 04 Juni 2019 | 10:10
Red Bull

Tim OG, juara The International 8

GridGames.ID - Semakin berkembangnya Olahraga Elektronik atau yang biasa disebut eSport di dunia, sangat memberi pengaruh terhadap industri eSport sendiri.

Seperti yang kita lihat, turnamen-turnamen eSport di dunia memberikan total hadiah dalam nominal yang nggak sedikit bahkan terhitung gila-gilaan.

Hal tersebut menjadi wujud bagaimana menghargai jerih payah para atlet yang berjuang untuk memenangkan turnamen eSport tersebut.

Baca Juga: Game MotoGP 19 dan MotoGP eSport Championship 2019 Bakal Dimulai!

Sejauh ini dalam lingkup internasional, turnamen Dota 2 memang jadi turnamen yang paling royal untuk soal total hadiah.

Berikut ini 8 turnamen eSport yang memiliki total hadiah uang tunai terbesar di dunia yang GridGames lansir dari laman dotesport.

1. The International 8 - USD 25,5 juta

Kejuaraan dunia tahunan Valve di Dota 2 telah memecahkan rekor untuk kategori hadiah eSports terbesar selama delapan tahun berturut-turut. Hadiah yang ditawarkan total USD 1,6 juta pada tahun 2011 dan 2012.

Sejak 2013,event ini telah menjadi contoh paling sukses dari kategorihadiah crowdfunded dalam sejarah eSports.

Seri lanjutanterbaru dari event ini, The International 8, akhirnya mencapai USD 25,5 juta total hadiah di mana tim OG berhak membawa pulang total USD 11,2 juta atas jerih payah mereka.

2.The 2018 League of Legends World Championship - USD 6,4 juta

Riot Games memungkinkan penggemar League of Legends untuk meningkatkan total hadiah keseluruhanevent melalui pembelian item dalam game untuk pertama kalinya pada 2017.

Setahun kemudian, total hadiah pada event ini meningkat menjadi USD 6,4 juta secara keseluruhan dan menjadikanevent ini jadi yang terbesar pada sejarah game dalam hal hadiah uang.

China Invictus Gaming berhasil membawa pulang hadiah hadiah USD 2,4 juta setelah mengalahkan Fnatic 3-0 dari Eropa di grand final.

3.Fortnite Fall Skirmish Series – Clubs Standings - USD 4 juta

Seperti yang kita ketahui, Fortnite: Battle Royalemenjadi game yang boomingselama setahun terakhir.

Untuk mengikuti kesuksesan battle royale yang populer, Epic Games memberikan USD100 juta untuktotal hadiah turnamen eSports di tahun pertama permainan kompetitif, dan sebagian besar uang itu diberikan melalui Fall Skirmish Series - Club Standings.

Totalhadiah rekor Fortnite ini bakal terlampaui setelahWorld Cup pada 28 Juli mendatang, di mana USD 30 juta akan diperebutkan.

4.The Dota 2 Asia Championship - USD 3 juta

Nggak tanggung-tanggung, Dota 2 Asia Championship 2015 memiliki total hadiah senilai USD 3,057,000, lho!

Berlangsung di Shanghai, China, timEvil Geniuses berhasil membawa pulang kejuaraan tersebut di salah satu grand final paling berat dalam sejarah Dota 2, di mana mereka mengalahkan Vici Gaming 3-0.

5. The Dota 2 Valve Majors - USD 3 juta

Meskipun struktur keseluruhan Dota 2Majors telah berubah secara signifikan sejak debut mereka pada bulan November 2015, dua tahun pertamamajors menawarkan kumpulan hadiah USD 3 juta per event.

Dari semua tim yang telah menghadiri majors, OG telah menjadi tuan dari seri turnamen dan memenangkan empat dari enam turnamen Dota 2Majors.

Baca Juga: Jangan Salah Penafsiran! Ini Dia Perbedaan eSport Dengan Gaming

6.The 2016 Halo World Championship - USD 2,5 juta

Disponsori penuh oleh Microsoft Studios, hadiah Halo World Championship 2016 mencapai total USD 2,5 juta. Menampilkan seluruh elit Halo World, tim CLG akhirnya membawa pulanghadiah dari event tersebut yakni uang tunai senilai USD 1 juta.(*)

7.The 2016 Call of Duty World League Championship - USD 2 juta

Activision memutuskan untuk menaikkan taruhan dengan menggandakan hadiah keseluruhan kejuaraan liga dunia Call of Duty 2016. Turnamen ini belum dilampaui oleh turnamenlain dalam sejarah game, dan ini satu-satunya entri Call of Duty dalam daftareSport dengan hadiah uang tunai terbesar ini.

8.2017 Mid-Season Invitational- USD 1,7 juta

Edisi ketiga Mid-Season Invitational dari League of Legends melihat totalhadiah awal turnamen senilai USD 250 ribu yang meningkat menjadi USD 1,6 juta dari penjualan skindalam game.(*)

Editor : Kama

Sumber : dotesports.com

Baca Lainnya