Setarakan Gender, IDBYTE ESPORTS 2019 Hadirkan Turnamen PUBGM B.E.S.T

Rabu, 28 Agustus 2019 | 15:30
GridGames

Konferensi pers IDBYTE ESPORTS 2019 yang dihadiri Rudiantara, Menkominfo RI (dua dari kanan) di Kemenkominfo (27/8).

GridGames.ID -BUBU.COMkembali gelar acara tahunannya yaituIDBYTE,gelaran teknologi terbesar di Indonesia yang diadakan setiap dua tahun sekali sejak tahun 2011.

Berbeda dengan gelaran sebelumnya, pada tahun iniIDBYTE2019akan mengangkateSportssebagai tema utamanya dengan tagline "Gaming for Change" sertamendapat dukungan dari Kemenkominfo, Kemenpora dan BEKRAF.

IDBYTE ESPORTS 2019 yang juga didukung Sinar Mas Land iniakan berlangsung pada 13 - 14 September 2019 mendatang di ICE (Indonesia Convention and Exhibition) BSD.

Baca Juga: BUBU.COM Gelar IDBYTE Bertema eSports Berhadiah 750 Juta Rupiah

"Esports merupakan konvergensi yang pas antara dunia olahraga dan digitalisasi. Oleh sebab itu kehadirannya harus didukung sedini mungkin agar Indonesia mampu menjadi bangsa yang terkemuka dalam sektor ini, mumpung masih dalam tahap awal perkembangannya,” ujar Rudiantara selaku Menkominfo RI dalam sambutannya pada konferensi pers IDBYTE ESPORTS 2019 di Gedung Kemenkominfo, Jakarta (27/8).

Rudiantara juga mengatakan bahwa anak-anak muda Indonesia banyak yang berprestasi dan mampu mengambil manfaat dari eSports, terutama menjadi atlet berprestasi internasional.

"Untuk itu Kementerian Kominfo selalu siap mendukung industri ini dengan cara menyediakan infrastruktur dan ekosistem yang kiranya dapat menunjang perkembangannya,” lanjut Rudiantara.

IDBYTE ESPORTS 2019 sendiri menawarkan pengalaman baru di dalam industri eSports melalui rangkaian acaranya berupa Konferensi, Turnamen PUBG Mobile oleh Tencent dan Talent Hunt.

Untuk konferensi, akan membahas secara mendalam mengenai industri eSports bersama dengan para pembicara yang terlibat di dalam ekosistem industri eSports, seperti pemerintah sebagai regulator.

Dankabarnya akan dihadiri oleh para regulator tersebut, merekaadalahPresiden Joko Widodo, Rudiantara (Menkominfo), Imam Nahrawi (Menpora) dan Triawan Munaf (BEKRAF).

Selain itu, perwakilan yang berasal dari perusahaan internasional yang telah berkecimpung dalam industri eSports global seperti Twitch, Razer, AirAsia, Blizzard, ESL, dan Tencent pun akan turut hadir pada konferensi ini.

Baca Juga: Ternyata Turnamen E-Sports Ada Mafia Skor Juga, Ini Buktinya!

Selain konferensi,ada turnamen bertajukB.E.S.T (Bubu Esports Tournament) yaitu kompetisi yang mendorong kesetaraan gender melalui turnamen PUBG Mobile yang bekerja sama dengan Tencent.

BUBU.COM
BUBU.COM

BUBU eSports Tournament

Uniknya, B.E.S.T merupakan satu-satunya turnamen eSports di Asia Tenggara dengan total hadiah terbesar untuk kategori tim wanita, yakni mencapai 290 juta rupiah.

Hadiah yang setara dengan turnamen pria ini belum pernah dilakukan penyelenggara kompetisi eSports sebelumnya.

Karena selama ini kompetisi eSports yang diselenggarakanmendapatkesenjangan antara tim kategori pria dan wanita di dalam kesempatan, fasilitas dan juga penghargaan yang diberikan.

Untuk total hadiahnya sendiri, pada turnamen pria dan wanita, ada uang tunai senilai 750 juta rupiah.

Baca Juga: Mau Serius di eSports? Tips Jadi Pro Player PUBG Mobile Ala Jeixy EVOS

Sebagairangkaian IDBYTE tahun ini, akan hadir Charity Celebrity Match yang mengundang artis serta influenser top lokal dan internasional untuk bertanding dalam match ini.

GridGames
Amalia Septiyani

Charity Celebrity Match, salah satu rangkaian acara di IDBYTE ESPORTS 2019

Diantaranya ada Christian Bautista, Ali Adrian, Alosia Gosiengfiao, Pinda Panda dan Valkyrie48, lho!(*)

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya