Federasi Esports Indonesia, Lembaga Esports Independen Resmi Dibentuk

Selasa, 08 Oktober 2019 | 16:30
Dok. GridGames

(ki-ka) Dejet, Emperor, Agus, Andi dan AP saat meresmikan FEI

GridGames.ID - Kabar terbaru datang dari dunia eSports Indonesia, di manasebuah lembaga eSports independen resmi terbentuk.

Bernama Federasi Esports Indonesia (FEI), didirikanuntuk membina, mengembangkan, dan menjamin keadilaneSportsIndonesia resmi dibentuk pada 8 Oktober 2019.

Organisasi ini terwujud sebagai hasil kerjasama paraprofessional team owners, cybercafe, event organizer, esports player, game developer,sertapublisher.

Beberapa inisiatif yang akan digarap oleh FEI adalah proses regenerasi melalui aktivitasgrassroots,kompetisieSports,standarisasi kualitas acaraeSports,dan kontrak pemain eSportsprofesional.

Dok. GridGames
Amalia Septiyani

Federasi Esports Indonesia

Baca Juga: Esports Performance Academy Resmi Berdiri untuk Jaring Bakat eSports

Esports sendiri mulai berkembang secara signifikan di Indonesia berawal dari game PC dan konsol hingga kini ke ranah mobile.

Seiring dengan kemajuan teknologi, game yang dipertandingkan dalameSportskian beragam sehingga mendorong pertumbuhan industri menjadi semakin memuncak.

Dari situ, banyak pihakyang terlibat dalam sebuah kejuaraaneSports nggak hanya sebatas pemain,game publisher,penyelenggara, dan juga penggemar, namun juga pihak sponsor.

Namun, hingga saat ini belum ada organisasi yang benar-benar serius menggarap persoalan eSports di Indonesia.

Berangkat dari persoalan tersebut, beberapa perwakilanteam owner, event organizer, cybercafe, professional players,danesports enthusiastsberinisiatif untuk mendirikan Federasi Esports Indonesia (FEI) ini, guys!

Giring Ganesha Djumaryo selaku President Federasi Esports Indonesia mengungkap bahwa eSportsbukan lagi sekadar hobi, tetapi sudah menjadi industri profesional yang harus dikelola secara profesional pula.

Dok. GridGames
Amalia Septiyani

Giring Ganesha Djumaryo, President Federasi Esports Indonesia

Ia juga mengatakan sebagaipelaku bisnis yang masih aktif terjun langsung di dunia eSports, berkomitmen untuk selalu menghadirkan langkah nyata dalam membangun ekosistem eSports Indonesia.

Baca Juga: Serius Kembangkan eSports, Pemerintah Kembali Gelar Piala Presiden Esports 2020

“Melalui FEI, kami berupaya untuk menerapkan inklusivitas eSports, dimana semua eSports enthusiasts dapat bergabung di FEI. Lembaga ini bukan hanya untukplayer,tetapi juga EO, media, coach, dan talent lainnya seperti caster dan influencer. Semua dapat menjadi anggota FEI dengan mendaftar (sign up) di websitehttps://federasiesportsindonesia.com/,” ujarGiring.

FEI sendiri berkomitmenuntuk memberi kontribusi langsung secara positif baik dari sisi pemain,event organizer, team owner, talent,profesional kreatif,game publisher, stakeholder,serta masyarakat umum.

Di tahap awal berdirinya, FEI akan melakukan beberapa inisiatif, seperti proses regenerasi melalui aktivitasgrassroots,kompetisieSports,standarisasi kualitas acaraeSports,dan kontrak pemaineSportsprofesional.(*)

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya