Menimbang Kekuatan Tim yang Lolos ke Playoffs MPL ID Season 4

Rabu, 23 Oktober 2019 | 13:30
Dok. MPL ID S4

EVOS Esports MPL ID S4

GridGames.ID - Setelah mengakhiri babak Regular Season pada pekan lalu, sebanyak6 tim terbaik akan memeriahkan panggung utama MPL ID Season 4.

Kejutan dan beragam kisah menarik muncul selama 8 MingguRegular Season berjalan, dimana 2 tim harus tersingkir, yaitu Geek Fam dan, roster runner-upMPL ID Season 3, Genflix Aerowolf.

Nggak hanyamemperebutkan kejuaraan, tetapi ada total hadiah lebih dari USD 300ribu.

Babak Playoffs serta Final telah siap diselenggarakan di Tennis Indoor Senayan pada 26-27 Oktober 2019 mendatang.

Baca Juga: Dominasi Klasemen MPL ID S4, Ini Kisah Perjalanan Panjang EVOS Esports

EVOS Esports sukses mengamankan puncak klasemen dengan torehan 23 kemenangan dan 9 kekalahan.

Sang rival, Rex Regum Qeon (RRQ),kini menempati peringkat dua klasemen akhir dan sama-sama mendapatkan keuntungan memulai dari Upper Bracket di Grand Finals MPL ID Season 4.

Dok. MPL ID S4
Dok. MPL ID S4

RRQ di MPL ID S4

Ada sejumlah nama lainseperti Alter Ego yang nggak disangka mampu mengguncang MPL Arena setelah menggulingkan para pemuncak klasemen, juga Aura dan Bigetron juga sama-sama memiliki kans juara di panggung MPL ID S4 dengan roster yang menarik.

Meskipun sempat jatuh bangun berkali-kali di MPL ID Season 4, ONIC juga mungkin akan kembali ke bentuknya yang prima seperti saat S3 dan MSC 2019.

Gideon “ANONIM” Arief selaku Shoutcaster MPL ID Season 4, turut memberikan sedikit pendapat mengenai kans juara dan kemampuan masing-masing tim MPL ID S4 yang lolos ke babak Playoff.

“Untukfront runnerdi babak Playoff masih dipimpin oleh RRQ dan EVOS yang kemungkinan besar akan memiliki hasil yang berbeda dibandingkan babak Regular Season bila dipertemukan kembali.Kalau ONIC Esports sebenarnya mulai pelan-eplan mendapatkan kepercayaan diri dari cara bermain mereka yang lama. Cuman kali ini kemungkinannya bisahit and miss. Kalau mereka bisa mendapatkan momentum dari cara mereka main seperti dulu, bisa menjadi tim yang sangat menakutkan untuk dilawan,” tutup ANONIM.

Jika dilihat dari klasemen,EVOS Esports dan RRQ yang difavoritkan bisa saja menjuarai MPL ID Season 4 dimana hal ini dibuktikan dariRRQ yang menjadi tim paling rajin dalam urusan membunuh Turtle (1,5per Game), diikuti EVOS di peringkat ketiga (1.3per Game).

instagram.com/teamrrq
instagram.com/teamrrq

RRQ O2 berhasil meraih juara pertama di MPL ID Season 2

Kedua tim yang setia mengikuti MPL ID sejak Season 1 itu juga sama-sama menghasilkan perbedaan gold tertinggi terhadap para lawannya, yaitu RRQ di angka 4273 gold dan EVOS dengan jumlah 4264 gold.

Sementara itu, ONIC justru kehilangan gengsinya sebagai tim Mobile Legends terbaik di Asia Tenggara setelah menempati klasemen ke-5 di bawah Aura dan Alter Ego.

Baca Juga: Hampir Gagal, Onic Esports Akhirnya Lolos ke Playoffs MPL ID Season 4

ONIC menjadi tim yang paling sedikit dari segi Death sebesar 376, bahkan EVOS dan RRQ yang memiliki jajaran Tank dan Support bermutu nggak mampu menempati posisi kedua.

Sang juara MPL ID Season 3 tersebut juga menempati posisi kedua dalam urusan Kill Turtle paling sering di setiap pertandingannya (1.4per Game).

“Untuk Bigetron keliatannya bakal sulit untuk melawan Alter Ego nanti. Tim Alter Ego juga lagi percaya diri dengan gaya permainannya. Sedangkan untuk Aura sendiri, kelihatannya akan sulit buat melangkah lebih jauh melihat performa mereka yang turun di akhir-akhir Regular Season dan pada akhirnya semua tergantung ONIC.Kalau tim ONIC bisa mengambil momentum dari cara main mereka di pekan terakhir (melawan GFLX) sepertinya Aura Esports harus berjuang ekstra,” tambah ANONIM melihat kans tim-tim di babak Playoff.

Bigetron juga menjadi sorotan, namun data statistik menggambarkan ringkihnya alur strategi yang diusung Branzdkk, bahkanmereka bisa dibilang tim yang paling malas dalam mengambil Turtle di antara tim-tim lainnya.

Tim ini juga nggakproduktif banget dari segi Kill dan Assist selama gelaran Regular Season berlangsung.

Lain lagi dengan Aura Esports yang memang harus berhati-hati menghadapi Alter Ego di babak Playoff, mengingatAura juga tercatat menjadi tim yang paling sedikit mendapatkan gold di 5 menit awal pertandingan (12.087 gold).

Facebook MPL Indonesia
Facebook MPL Indonesia

Statistik Aura Esports di MPL ID S4

Berbanding terbalik dengan Alter Ego yang agresif di awal pertandingan dan tercatat sebagai tim yang paling sering membunuh Turtle (sebanyak 33 kali).

Nggak cuma itu, duet maut Celiboy dan Maungzy juga menjadi pilar penting di balik Kill produktif yang dimiliki tim Alter Ego.

Baca Juga: Betah Berada di Top 4, Aura Esports Lanjut ke Playoffs MPL ID Season 4

“Bagi tim yang benar-benar mengandalkan Marksman di draft pick mereka seperti EVOS (Rekt) atau Aura (Alive) perlu was-was di babak Playoff. Hero pool Marksman sekarang sudah sedikit, juga Granger baru mendapatkan nerf. Jadi perlu alternatif lain untuk bermain dengan draft yang tidak hanya mengandalkan Marksman,” tutup Gideon.

EVOS dan Aura memang mengandalkan posisi Marksman sebagai ujung tombak permainan.

Rekt yang mengemas KDA tertinggi (6.9) di EVOS tidak banyak bereksperimen dalam hero pool-nya, yang berkutat pada Granger, Kimmy, dan Claude.

Hal tersebut mirip dengan capaian Alive yang memuncaki perolehan KDA tertinggi (6.3) di Aura dan hanya menggunakan beberapa hero Marksman yang dirasa stabil dari segi teamfight.

Dok. MPL ID S4
Dok. MPL ID S4

EVOS Esports di MPL ID Season 4

Setiap tim memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun kinerja dan upaya menghadapi panasnya panggung utama Grand Finals MPL ID Season 4 tentu hadir bukan tanpa persiapan.

Baca Juga: Bigetron VS Alter Ego, Ini Dia Bracket Playoffs MPL ID Season 4

Akankah prediksi juara dimentahkan oleh aksi menawan tim-tim papan tengah di Grand Finals MPL ID Season 4?

Jangan lupa untuk menyaksikan langsung gelaran Grand Finals MPL ID Season 4 di Tennis Indoor Senayan pada tanggal 26-27 Oktober 2019 dan dukung terus tim favorit kalian, ya!(*)

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya