GridGames.ID - Acara tahunan dari LINE Corporation, LINE Developer Day, kembali hadir pada 20-21 November 2019 kemarin di Tokyo, Jepang.
LINE Developer Day yang digelar selamadua hari berturut-turut dihadiri oleh lebih dari 3000 peserta yang berasal dari komunitas pengembang, pelajar sekolah dan universitas, para tamu undangan, dll.
Terdapat68main talks, 42short tracks, 9poster sessions, 6hands-on sessionsdan 19boothsyang disajikan padaLINE Developer Day tahun ini.
Baca Juga: Dukung Ekonomi Kreatif, HAGO & VLIGHT Luncurkan Jawara Game Indonesia
Pada kesempatan ini, Euivin Park, Chief Technology Officer LINE, hadir sebagai pembicara pada sesi Keynote yang membawakan tema utama “LIFE with LINE” yang fokus memperkenalkankonsep “Connect with LINE Platform” dan “Natural Experience with AI Technology.”
Pertama, memperkenalkan LIFE with LINE yang fokus pada empat bidang, yakni Fintech, Commerce, O2O, dan Contents & Entertainment.
Dibidang Teknologi Keuangan (Fintech), kurang lebih 8 layanan telah hadir dalam satu tahun ini, salah satunya adalah BITMAX di Jepang.
Salah satu layanan keuangan dari LINE, LINE Pay yang hadir di Jepang, Taiwan, Thailand, dan Korea telah memiliki kurang lebih 50 juta pengguna di seluruh dunia dengan pengguna tertinggi berada di Jepang sebanyak 37 juta pengguna.
Diperkenalkan juga konsep “Connect with LINE Platform” yang salah satunya membahas kehadiran LINE Mini App, platform layanan baru yang dikembangkan di dalam aplikasi LINE yang memungkinkan perusahaan atau bisnis untuk membuat laman mereka sendiri di dalam aplikasi LINE.
Selain itu, pada konsep terbaru ini juga dapat membuat daftar layanan mereka seperti menu restoran dan harganya, reservasi, kupon, atau membuat kartu langganan.
LINE Mini App memungkinkan perusahaan terhubung dengan pelanggannya secara lebih dekat.
Selain itu, sesi ini juga memperkenalkan pengembangan pada kecerdasan buatan (AI) di platform LINE melalui LINE Brain.
Kecerdasan buatan di platform LINE melingkupi 8 area utama, yakni Speech, NLU, Voice, Data, Video, Face, OCR, dan Vision yang semuanya menghadirkan berbagai teknologi yang mempermudah kebihdupan pengguna setia LINE di berbagai negara.
Teknologi Optical Character Recognition (OCR) milik LINE contohnya telah dibenamkan pada tiga layanan, seperti LINE SPLITBILL, LINE Music, dan LINE CONOMI.
Sementara teknolgi kecerdasan buatan di lingkup Voice, telah terdapat di dalam produk Clova, Papago, Gatebox, dan LINE CARNAVI.
Baca Juga: Ada Mode, Karakter, dan Map Baru Di-Update Call of Duty Mobile
Pada paruh kedua sesi Keynote, Shinichiro Isago, LINE BRAIN Dept Lead, lebih jauh menjelaskan tentang LINE Brain yang mengombinasikan teknologi pengenalan wajah melalui Face Sign, AI OCR Accuracy, NLP (Natural Languange Processing), LINE AiCall untuk membuat sistem balasan otomatis oleh AI untuk telepon.
Dengan menghadirkan teknologi AI di sejumlah layanan miliknya, LINE bertujuan untuk membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah bagi pengguna yang menggunakan layanan tersebut.(*)