Covid-19 Ternyata Membuat Game Digital Catat Pendapatan Tertinggi

Kamis, 30 April 2020 | 03:45
Flickering Myth

Honor of Kings

GridGames.ID - Industri game berskala global belakangan ini terkena dampak negatif yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Salah satu akibat dari wabah ini adalah terhambatnya proses produksi game.

Nggak hanya itu, developer dan publisher game pun terpaksa harus menunda waktu perilisan game yang kini sedang diproduksi.

Namun, ada hal positif yang menyambanginya, dimana pandemi ini dapat membuat industri game digital kebanjiran untung karena konsumen.

Baca Juga: Ini Bukti FIFA 20 Dapat Memuaskan Hasrat Bola di Kala Ramadhan di Tengah Pandemi

Berdasarkan hasil riset dari lembaga SuperData yang GridGames lansir dari Kompas.com, pendapatan dari belanja video game digital secara keseluruhan pada Maret 2020 mencapai USD 10 miliar yang setara dengan Rp 154 triliun.

Angka tersebut merupakan rekor terbesar yang dicatat dalam satu bulan dan meningkat 11 persen secara year-over-year dibandingkan Maret 2019, saat pendapatan industri tercatat sebesar USD 9 miliar atau Rp 138,6 triliun.

Kompas.com
SuperData

Daftar game dengan pendapatan tertinggi pada Maret 2020 untuk kategori PC, konsol, dan mobile, berdasarkan laporan SuperData

Pencapaian ini didorong oleh judul-judul game baru yang mencatat penjualan tinggi.

Baca Juga: Akibat COVID-19, Total War: SHOGUN 2 Menjadi Gratis Untuk Selamanya!

Di konsol, Animal Crossing: New Horizons di Nintendo Switch mencatat rekor penjualan game digital tertinggi dengan angka 5 juta kopi pada Maret 2020.

Di PC, Doom Eternal terjual 3 juta kopi pada bulan lalu, tiga kali lebih tinggi dibandingkan pendahulunya, Doom, keluaran 2016.

Sementara, penambahan fitur baru "Warzone" pada Call of Duty mendongkrak angka pengguna aktif bulanannya sebesar 150 persen menjadi 63 juta.

Gamespot

Tampilan permainan dari mode 'Warzone' Call of Duty: Modern Warfare

Baca Juga: Pokemon Go Menghadirkan Remote Raid Di Tengah Pandemi COVID-19

Game mobile juga banyak mendulang pendapatan dengan peningkatan year-over-year mencapai 15 persen pada Maret 2020, menjadi USD 5,7 miliar atau Rp 87,8 triliun.

Honor of Kings menduduki peringkat teratas soal pendapatan.

Beberapa judul lama yang populer juga mengalami peningkatan revenue, seperti Pokemon Go yang mencatat pemasukan 111 juta dollar AS pada Maret 2020, naik 18 persen dibanding bulan sebelumnya. (*)

phonearena.com

Pokemon GO segera tingkatkan fitur AR Multiplayer

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Game Digital Catat Pendapatan Tertinggi di Tengah Pandemi Covid-19".

Editor : Amalia Septiyani

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya