Inilah Perbedaan Mobile Legends dan League of Legends: Wild Rift

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 21:35
Screenshot

Mobile Legends (atas) dan LoL: Wild Rift (bawah)

GridGames.ID - Sebentar lagi, kita bakal kedatangan game mobile bergenre MOBA terbaru, League of Legends: Wild Rift di Indonesia.

Game besutan Riot Games ini sebelumnya merupakan game MOBA yang diadaptasi dari League of Legends versi PC.

LoL: Wild Rift sendiri memiliki kesamaan dengan game MOBA lainnya, salah satunya adalah Mobile Legends: Bang Bang besutan Moonton.

Baca Juga: Sebentar Lagi, League of Legends: Wild Rift Bisa Diunduh Semua Pemain

Pada ukuran skala pemain, misalnya, Wild Rift dan Mobile Legends mengadu 2 tim yang masing-masing berisi 5 pemain dalam sebuah arena.

Anekaskilldan perlengkapan (item) seperti senjata danarmortersedia untuk meningkatkan kemampuan bertarung.

Role dari karakter hero yang digunakan untuk bermain juga mirip, yakni 5 tipe hero yang terdiri dari Fighter, Assassin, Tank, Mage, Support, dan Marksman.

Baca Juga: Memasuki Season 18, 4 Hero Ini Masih Belum Dirilis di Mobile Legends

Meski memiliki beberapa persamaan, Wild Rift dan Mobile Legends sebenarnya mempunyai banyak perbedaan yang membuat masing-masing game memiliki keunikan tersendiri.

GridGames bakal membahas perbedaan League of Legends: Wild Rift yang dilansir dari laman Kompas.com.

Beda jumlah, nama karakter, dan tempat

Kompas.com
Kompas.com

Champions dan Heroes di LoL Wild Rift dan Mobile Legends

Sebagai game yang sudah beberapa tahun eksis, Mobile Legends memiliki jumlah herolebih banyak, mencapai 99.

Sementara Wild Rift menawarkan 40 hero yang di game ini disebut sebagai "Champions".

Nama puluhan karakter di kedua game ini juga berbeda,alias nggak ada yang sama, begitu juga skill dari masing-masing karakter tersebut.

Arena tempat bertarung disebut sebagai "Wild Rift" di game Wild Rift, sementara di Mobile Legends,namanya adalah "Land of Dawn".

Baca Juga: Resmi Dirilis! Cobain Nih Build Brody Mobile Legends Tersakit

Meski sekarang masih lebih sedikit dibanding Mobile Legends, jumlah Champions di Wild Rift kemungkinan akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Mobile Legends sendiri pada saat kehadiran perdananya di 2016 hanya menawarkan 10 karakterhero.

Beda cara belanjaitem dan spell

Kompas.com
Kompas.com

Penggunaan Battle Spell di LoL Wild Rift (atas) dan Mobile Legends (bawah)

Perbedaan lainnya berasal dari sistem pembelian senjata (equipment) alias shop.

Pemain Mobile Legends bisa membeli item kapanpun dan di manapun saat bermain, asalkan memiliki jumlah gold yang cukup.

Sebaliknya, di Wild Rift, pemainnggak bisa membeli equipment di sembarang tempat, melainkan harus kembali ke markas (base) terlebih dahulu.

Hal ini membuat sistem permainan (gameplay) Mobile Legends lebih efisien lantaran pemain bisa fokus ke permainan, daripada membuang waktu kembali ke markas untuk membeli item.

Tetapi, pemain Wild Rift bisa menggunakan dua battle spell, berbeda dengan Mobile Legends yang membatasi pemain hanya dapat memakai satu battle spell.

Battle spell ini sederhananya merupakan suatu kemampuan tambahan yang bisa dipakai untuk membantu pemain ketika mereka berperang.

Baca Juga: Rayakan Rilis Wild Rift, Riot Games Buat Sneakers Limited Edition

Dengan battle spell, misalnya, pemain bisa kabur dengan mudah, mengejar pemain lainnya dengan cepat, mengisi health points (HP) agar tetap bisa bertarung, meningkatkan serangan, dan lain sebagainya.

Sehingga, kehadiran dua battle spell ini agaknya bisa membuat peperangan antar dua tim lebih intens dan kompleks dibanding hanya menggunakan satu battle spell.

Ada pula satu alat tambahan berupa tongkat kecil bernama ward di Wild Rift yang bisa diletakkan di seluruh penjuru map untuk mengintai pergerakan musuh.

Setelah dipakai, ward ini akan tersedia kembali (cooldown) selama 90 detik.

Mobile Legendssendiri nggak memiliki sistem ward, sehingga mereka yang beralih ke Wild Rift kemungkinan harus beradaptasi dengan sistem pengintaian ini.

Beda monster jungle dan boss

Kompas.com
Kompas.com

Ilustrasi Rift Herald (atas) di Wild Rift dan Lord (bawah) di Mobile Legends

Selain karakter hero, beragam monster yang tersebar di penjuru map juga ikut berbeda.

Di Wild Rift, pemain disodori dengan beragam monster, yang jika dikalahkan bakal memberikan kekuatan tambahan (buff), baik itu bagi individu maupun tim.

Monster bernama Rift Scuttlers, misalnya, memberikan kemampuan memantau gerak-gerik musuh di sungai.

Kemudian ada Red Brambleback yang biasanya memberikan buff untuk Champion tipe fisik dan Blue Sentinel untuk Champion tipe magis.

Mobile Legends sendiri punya Statued Shocker untuk memberikan buff kepada Heroes tipe magis, sedangkan Core Guard untuk tipe fisik.

Namun, game ini nggak memiliki monster sejenis Rift Scuttlers.

Untuk musuh besarnya, alias monster boss, kedua game menawarkan monster yang sekilas nyaris sama.

Di Mobile Legends, contohnya, pemain bakal bisa membantai monster bernama Lord yang, apabila dikalahkan, bisa dipanggil untuk membantu mereka menghancurkan markas dan menara (tower) musuh.

Baca Juga: Biar Nggak Bingung, Berikut Daftar Perubahan di Project Next Mobile Legends

Sedangkan di Wild Rift, ada monster serupa Lord bernama Rift Herald yang memiliki tugas yang sama.

Hanya saja, Rift Herald ini bakal digantikan dengan monster yang lebih kuat bernama Baron Nashor ketika permainan sudah berjalan selama 10 menit.

Alih-alih membantu pemain menghancurkan markas, Baron bisa memberikan buff tambahan kepada tim yang mengalahkannya, seperti penambahan tingkat serangan (attack), pengurangan waktu untuk kembali ke markas (recall), dan lain sebagainya.

Selain itu, pasukan kecil (minion) untuk tim yang mengalahkan Baron juga akan bertambah kuat.

Di samping Rift Herald dan Baron, pemain Wild Rift juga bisa mengalahkan monster bernama Elemental Drake yang bakal memberikan buff permanen, berikut ekstra experience dan gold.

Di Mobile Legends sendiri, monster semacam itu bernama Turtle, yang bakal digantikan dengan Lord ketika permainan telah berjalan selama 6 menit.

Baca Juga: Belajar Laning di Wild Rift, Meta Gameplay Yang Paling Sederhana!

Kehadiran Wild Rift semakin meramaikan persaingan game MOBA yang sudah ada di Indonesia.

Mekanisme permainannya memang sedikit berbeda dibanding Mobile Legends,tapi secara garis besar masih mirip sehingga akan langsung terasa familiar untuk pemain MOBA.

Untuk sekarang, karena masih berstatus closed beta, ketersediaan Wild Rift sendiri masih bersifat terbatas untuk pengguna smartphone Android saja dan perangkat iOS akan menyusul belakangan. (*)

Editor : Amalia Septiyani

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya