Cabor Esports Kembali Hadir di SEA Games 2021, Akankah PUBG Mobile Dipertandingkan?

Rabu, 09 Desember 2020 | 11:00
www.pubgmobile.com

PUBG Mobile

GridGames.ID - Cabang olahraga (cabor) esports sudah dipastikan bakal dipertandingkan di SEA Games 2021.

Kabar ini secara resmi telah diumumkan olehThe Southeast Asian Games Federation dan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, yang menjadi negara tuan rumah.

Namun, belum ada kepastian game apa yang bakal dipertandingkan pada SEA Games tahun depan.

Tetapi, banyak yang berspekulasi bahwa PUBG Mobile mungkin akan masuk menggantikan atau menambah cabor esports yang dipertandingkan.

Baca Juga: Tak Terkalahkan, Alter Ego Raih Gelar Juara MPL Invitational

Sejak tahun 2019, cabor esports telah hadir dan resmi dipertandingkan di SEA GAMES 2019 Filipina.

Terdapat 6 (enam) macam game online yang dipertandingkan antara lain, Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, Dota 2, Tekken 7, Starcraft dan Hearthstone.

Namun sayangnya, saat itu, kontingen esports Indonesia gagal membawa emas dan hanya berhasil membawa pulang dua medali perak dari Mobile Legends dan Arena of Valor (AOV).

Baca Juga: PUBG Mobile Resmi Umumkan Kolaborasi Terbarunya Dengan Rich Brian

Melihat prestasi yang dimiliki tim Indonesia dalam berbagai kompetisi PUBG Mobile, kesempatan untuk mendapatkan medali emas akan sangat besar di ajang yang akan digelar November 2021 mendatang.

Belum lama ini pun, Made Bagas "Zuxxy" Pramudita yang tergabung dalam tim Bigetron Red Aliens berhasil memperoleh penghargaan “Esport Mobile Player Of The Year” yang dikeluarkan oleh Esports Awards 2020.

PUBG Mobile

Sedangkan untuk timnya, Bigetron Red Aliens, mereka tengah berkompetisi di turnamen esports terbesar di dunia, PUBG Mobile Global Championship (PMGC) Season Zero.

Turnamen tersebut mempertandingkan 24 tim terbaik dari seluruh dunia dan menyediakan total prize pool sebesar USD 2 juta atau setara dengan Rp 28 Miliar.

Baca Juga: Hati-Hati, Pemain PUBG Mobile Jadi Incaran Para Penjahat Cyber

Dengan program esports yang terencana dan berkala untuk level pemain amatir, semi-pro, hingga profesional, PUBG Mobile telah membentuk sebuah ekosistem dan popularitas dalam sejarah online mobile game di dunia.

Dikutip dari SensorTower, jumlah unduhan PUBG Mobile di seluruh dunia telah mencapai 770 juta unduhan (untuk semua platform).

Bahkan, di sepanjang tahun 2020, PUBG Mobile telah mencatat lebih dari 198 juta unduhan baru.

Baca Juga: PUBG Mobile Umumkan Program eSports Tahun 2021 Berhadiah Rp 198 T

Komunitas yang terbentuk pun juga sudah sangat berkembang, terutama di Indonesia.

Tagar #IndoPride selalu memenuhi jendela pesan dan sosial media para penggemar PUBG Mobile di Indonesia untuk mendukung tim Indonesia yang bertanding.

Jadi, PUBG Mobile diprediksi bisa menjadi kandidat salah satu game yang dipertandingkan di SEA Games 2021.

Apabila Indonesia mempunyai target emas untuk dibawa pulang di SEA Games mendatang, maka PUBG Mobile sangat pantas untuk diperjuangkan menjadi salah satu cabor esports di SEA Games 2021.

Bigetron Red Aliens

Dengan segudang prestasi dan penghargaan yang telah diraih anak bangsa dalam esports PUBG Mobile, peluang untuk memperoleh emas dan mengharumkan nama Indonesia di SEA Games 2021, tentunya akan terbuka lebar.

Baca Juga: Cobain Nih 5 Tips Bermain PUBG Mobile Ala Pro Player Untuk Pemula

Pengumuman secara resmi cabor apa saja yang akan hadir di SEA Games 2021 di Vietnam rencananya baru akan diumumkan pada bulan Desember 2020 ini.

So, kita tunggu game apa aja sih yang bakal dipertandingkan di cabor esports SEA Games 2021 mendatang? (*)

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya