Permintaan PC Gaming dan Monitor Diprediksi Akan Meningkat Hingga 2024

Rabu, 27 Januari 2021 | 17:00

PC Gaming

GridGames.ID - Meskipun bermain game di smartphone menjadi hal yang tengah digandrungi khalayak luas saat ini, nggak menutup kemungkinan game PC menjadi turun peminat.

Hal ini dibuktikan oleh pengiriman PC gaming dan monitor yang diprediksi akan terus meningkat hingga tiga tahun mendatang.

Menurut laporan firma riset IDC yang GridGames lansir dari Kompas.com, PC gaming dan monitor yang dikirimkan akan menembus angka 61,9 juta unit pada 2024.

Baca Juga: 10 Game PC Terbaik Tahun 2020 Dengan Rating Tertinggi Versi Metacritic

IDC juga memprediksi, dalam kurun waktu lima tahun, terhitung sejak tahun 2020, tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata akan mencapai 5,7 persen.

Masih dari laporan yang sama, pada tahun 2020, pengiriman PC gaming dan monitor diprediksi naik 16,2 persen dari tahun ke tahun (year over year/YoY) menjadi 49,6 juta unit.

Kenaikan ininggak lain didorong oleh permintaan konsumen di seluruh dunia yang lebih banyak beraktivitas di rumah karena pandemi Covid-19, demi meminimalisir tertular virus corona.

Baca Juga: Cyberpunk 2077 Third Person Hadir dalam Mod Terbaru Khusus PC

"Meski paruh pertama 2020 harus menghadapi masalah pasokan hardware, konsumsi software, dan layanan gaming terus meningkat seiring dengan durasi bermain," kata Jitesh Ubrani, manajer riset IDC untuk perangkat mobile global.

Ubrani mengatakan dalam enam hingga 12 bulan mendatang, pengiriman PC gaming dan monitor akan terus naik karena akan ada banyak GPU baru dari Nvidia, AMD, dan Intel.

Para produsen itu diharapkan bisa menggerakkan harga pasar yang lebih rendah dan kinerja lebih tinggi.

Selain itu kemunculan game baru dan dukungan teknologi ray tracing juga diharapkan akan mendorong permintaan pasar.

Di samping hardware, peluncuran konsol baru dan streaming game dari layanan cloud, seperti Luna, Stadia, dan Xbox Game Pass juga amat dinantikan dan diharapkan bisa menyuntikkan dampak positif bagi industri PC gaming dan monitor.

Baca Juga: Ini Daftar Game Paling Populer Sepanjang 2020 Di PC Versi Steam

"GPU baru, peningkatan durasi yang dihabiskan untuk game, dan pengembangan game baru telah memperbarui kebutuhan monitor gaming yang mumpuni," kata Jay Chou, Manajer Riset untuk PC monitor global IDC.

Chou menambahkan, pasar telah merespons dengan menyediakan beragam pilihan PC gaming yang menarik.

Masih menghimpun Kompas.com, berikut perbandingan prediksi pengiriman PC gaming dan monitor berdasarkan laporan IDC bulan September 2020 :

Kompas.com
IDC

Perbandingan prediksi pengiriman PC gaming dan monitor berdasarkan laporan IDC bulan September 2020

Baca Juga: WoW: Shadowlands, Game PC Yang Terjual Paling Cepat Sepanjang Masa

Pengembangan lain seperti cloud gaming akan membantu pemilik PC model entry-level untuk terjun ke dunia gaming.

Dalam beberapa waktu ke depan, pengembangan ini akan menguntungkan bagi pasar karena pengguna akan membeli monitor gaming demi mendapatkan pengalaman yang lebih kompetitif. (*)

Editor : Amalia Septiyani

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya