Nvidia Nerf RTX 3060 bagi Penambang Crypto, Gamer Ga Usah Khawatir!

Gama Prabowo Minggu, 21 Februari 2021 | 19:22 WIB
GeForce RTX 3060 (Nvidia)

GridGames.ID - Nividia memutuskan untuk melakukan nerf atau 'pengurangan kemampuan' dari RTX 3060 untuk melakukan penambangan cryptocurrency.

Nvidia menganggap langkah ini menjadi keputusan yang tepat untuk mengatasi potensi kelangkaan GPU di pasaran.

Nantinya, GPU RTX 3060 akan dipasangi software pendeteksi aktivitas penambangan cryptocurrency untuk potensi pemborongan GPU oleh para penambang cryptocurrency.

Saat software tersebut mendeteksi adanya aktivitas penambangan, maka GPU secara otomatis menurunkan performanya sebesar 50%.

Baca Juga: Nvidia Geforce RTX 3060 Rilis 25 Februari, Intip Spesifikasinya!

Melansir dari The Verge, Kepala Marketing Global Nvidia mengungkapkan bahwa pengurangan kemampuan RTX 3060 untuk aktivitas penambangan ditujukan untuk menjamin ketersediaan RTX 3060 untuk para gamer.

Pihak Nvidia juga mengungkapkan bahwa GeForce merupakan produk khusus yang diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan gamer, streamer dan content creator.

Hal terebut menunjukan bahwa Nvidia merupakan salah satu perusahaan teknologi yang memprioritaskan kepentingan penggunanya.

Untuk memenuhi kebutuhan penambang cryptocurrency, Nvidia akan mengumumkan 4 processor khusus untuk para penambang cryptocurrency bersamaan dengan perilisan RTX 3060 pekan depan.

Penulis : Gama Prabowo
Editor : Kama