Sony Berpotensi Hadapi Gugatan Hukum Atas Monopoli Game di PS Store

Sabtu, 08 Mei 2021 | 10:00
Sony Playstation

Logo PlayStation Store

GridGames.ID -Kabar mengejutkan datang dari industri game global terkait isu monopoli game yang dilakukan Sony di PlayStation Store atau PS Store.

Melansir dari Gamespot.com, Sony berpotensi menghadapi gugatan class-action atau gugatan perwakilan kelompok dari konsumen terkait praktik monopoli game di PS Store.

Perwakilan kelompok tersebut mengklaim bahwa Sony telah mempraktikan monopoli game dengan hanya mengijinkan game PlayStation digital untuk dibeli melalui PS Store

Baca Juga: Desain PS5 Kemungkinan Bakal Mengalami Perubahan, Apa Penyebabnya?

Dalam gugatan tersebut, Sony disebut bahwa telah melarang retailer pihak ketiga seperti Amazon Gamestop untuk menjual download code untuk game PlayStation.

Sony sendiri menjadikan PS Store sebagai satu-satunya tempat untuk membeli game PlayStation digital sejak 1 April 2019.

Kemudian, gugatan perwakilan kelompok juga mengklaim bahwa kebijakan Sony telah menutup semua persaingan harga di pasar ritel untuk game PlayStation digital.

Hal terebut didasarkan pada fakta bahwa penerbit game harus mau menjual game hanya di PS Store dan melepaskankendali atas harga eceran.

Dribble.com
Sony Playstation

Tampilan Website PlayStation Store

Baca Juga: Sony Tak Sengaja Bocorkan Teaser PS Plus Video Pass, Apa Itu?

Keresahan konsumen memuncak ketika mereka harus membayar 75% hingga 175% lebih mahal saat membeli game digital dari PS Store daripada memberli game fisik dariretailer.

Sebagai contoh, game seperti Devil May Cry: Special Edition di PS Store tetap pada harga standar, sedangkan game dalam bentuk fisik telah didiskon oleh retailer.

Pada akhirnya, para konsumen menyimpulkan bahwa kebijakan Sony tersebut merupakan monopoli atas penjualan game PlayStation digital.

Mereka juga mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut memungkinkan Sony untuk menetapkan harga yang mutlak dan anti-kompetitif untuk game PS versi digital.

Baca Juga: PlayStation Kerja Sama Dengan Discord, Bawakan Fitur Voice Chat ke PSN

Namun, gugatan hukum atas monopoli game digital di PS Store dianggap akan menemui kesulitan oleh para praktisi hukum Amerika Serikat.

Richard Hoeg dari firma hukum Hoeg mengungkapkan bahwa gugatan tersebut merupakan kasus yang sulit karena undang-undang anti-monopoli Amerika Serikat yang berlaku.

Jika kalian tertarik untuk mendapatkan penjelasan hukum anti-monopoli Amerika Serikat, kalian bisa mengakses link berikut.

Baca Juga: Jim Ryan Ingin Jadikan PS5 Lebih Eksklusif Dibanding Konsol Versi Lain

Bagaimana pendapat kalian atas gugatan hukum terhadap Sony PlayStation ini? Bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya! (*)

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya