Epic Games Minta Apple Rilis Ulang Fortnite di iPhone, Ini Alasannya!

Jumat, 10 September 2021 | 19:30
Dexerto

Fortnite di iPhone

GridGames.ID - Epic Games nampaknya telah menemukan celah untuk mengembalikan Fortnite di platform iOS.

Celah tersebut berasal dari UU Anti Monopoli yang baru saja diberlakukan di Korea Selatan.

Epic Games sebagai pengembang Fortnite telah meminta Apple untuk mengembalikan game Fortnite ke App Store menyusul diberlakukannya UU anti monopoli di Korea Selatan.

Epic Games ingin Fortnite kembali dirilis kembali khususnya untuk para pengguna iOS di Korea Selatan.

Baca Juga: Fortnite Diduga Jiplak Mekanisme Game Among Us, Ini Respon Innersloth

GridGamesmendapatkan informasi seputar permintaan Epic Games kepada Apple ini melalui akun twitter resmi Fortnite.

Hari ini (10/9/2021), akun twitter resmi @FortniteGame mengumumkan bahwa Epic Games telah meminta Apple untuk mengembalikan akun developer miliknya di App Store.

Permintaan pengembalian akun tersebut bertujuan agar Epic Games bisa merilis ulang game Fortnite di App Store untuk pengguna di Korea Selatan.

Epic has asked Apple to restore our Fortnite developer account. Epic intends to re-release Fortnite on iOS in Korea offering both Epic payment and Apple payment side-by-side in compliance with the new Korean law.

— Fortnite (@FortniteGame)September 9, 2021

Fortnite telah dihapus dari App Store sejak bulan Agustus 2020.

Penghapusan Fortnite disebabkan oleh tindakan Epic Games yang mengaktifkan pembayaran langsung ataudirect paymentuntuk menghindari sistem Apple In-App Purchase.

Epic Games mengaktifkan pembayaran langsung dengan tujuan untuk menghindari potongan 30% yang diberlakukan App Store pada setiap transaksi dalam aplikasi.

Baca Juga:Inilah Daftar 3 Skin Paling Langka di Fortnite, Ada Black Widow!

Setelah Fortnite dihapus, Epic Games menganggap bahwa Apple telah memberlakukan kebijakan monopoli di App Store yang mengharuskan pengembang membayar pajak untuk setiap transaksi dalam aplikasi.

Pada perkembangannya, Epic Games menuntut Apple atas dugaan menjalankan sistem monopoli dan anti-persaingan di App Store.

Meski masa peradilan masih berjalan, Epic Games kembali meminta Apple untuk merilis Fortnite untuk pengguna Korea Selatan.

Hal tersebut disebabkan karena pemerintah Korea Selatan telah menerapkan UU Anti Monopoli.

Baca Juga: Resmi, Fortnite Hadirkan Ariana Grande di Event Rift Tour 2021!

UU Anti Monopoli pada dasarnya membatasi kebijakan App Store dan Play Store terkait pembayaran pihak ketiga dalam aplikasi.

Jadi, pemerintah Korea Selatan mewajibkan Apple mengijinkanpengembang untuk menerapkansistem pembayaran independen di luar aplikasi.

Dengan berlakunya UU di Korea Selatan, Apple tak lagi bisa membatasi pengembang termasuk Epic Games untuk melakukan pembayaran di independen di luar aplikasi.

Epic Games sendiri menganggap bahwa aturan pemerintah Korea Selatan bisa menjadi celah agar Fortnite bisacomebackdi platform iOS secara resmi.

Baca Juga: Saingi Fortnite, Bandai Namco Bakal Merilis Game Gundam Terbaru!

Bagaimana tanggapan kalian seputar permintaan Epic Games ini?

Bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya! (*)

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya