Genshin Impact Jadi Game Terlaris Tahun Pertama Perilisan, Kalahin GTA

Minggu, 07 November 2021 | 15:30

Event Labyrinth Warriors Genshin Impact

GridGames.ID -Genhin Impact, game RPG-Adventure besutan miHoYo, telah mengumpulkan pujian dari penggemar karena memiliki alur cerita yang menakjubkan dengan serta visual berkualitas AAA.

Game open-world tersebut terus mempertahankan posisi teratas dalam daftar game dengan pendapatan tertinggi setiap bulan dan menjadi judul terlaris di bulan September kemarin.

Menurut laporan dari SensorTower, Genshin Impact telah menjadi game dengan pendapatan tertinggi untuk tahun pertama sejak perilisan, mengalahkan Fortnite dan GTA.

Baca Juga: Rekomendasi Build Senjata dan Artefak Xinyan di Genshin Impact 2.2

Mekanisme Gacha Menjadi Sumber Utama Pendapatan

Thoma Genshin Impact

Mekanisme gacha yang dihadirkan, membuat para player rela merogoh kantong dalam-dalam untuk mendapatkan beragam konten yang ditawarkan oleh Genshin Impact.

Oleh karena itu, pendapatan utama berasal dari gacha, dengan menjual karakter baru dan kustomisasi bersama dengan senjata yang hadir ke dalam game.

Game tersebut juga menghadirkan versi battle pass mereka saat perilisan versi Patch 1.6.

Dengan versi terbaru, para player bisa memiliki kesempatan untuk membeli kosmetik untuk Jean dan Barbara dengan lebih banyak skin yang dihadirkan.

Dalam perjalanannya untuk menjadi game terlaris di tahun pertama sejak perilisan, perjalanan Genshin Impact ternyata nggak mudah.

Game tersebut sempat menuai kontroversi sejak pertama kali dirilis pada September 2020.

Salah satunya adalah hadiah perayaan ulang tahun pertama Genshin Impact yang dinilai nggak fair atau adil terhadap semua player dari berbagai platform.

Meskipun begitu, hal tersebut nggak menghentikan Genshin Impact untuk menjadi game paling sukses di tahun pertama perilisan berdasarkan pendapatan.

Baca Juga: Rekomendasi Build Senjata dan Artefak Thoma di Genshin Impact 2.2

Pendapatan tahun pertama melampaui Fortnite dan GTA 5

Sensor Tower

Genshin Impact menjadi game dengan pendapatan paling tinggi di platform mobile.

Genshin Impact adalah game cross-play yang bisa dimainkan lewat PC, PlayStation, dan Smartphone.

Oleh karena itu, pendapatannya diperkirakan bakal sangat besar dibandingkan dengan game platform tunggal (dirilis hanya untuk satu platform).

Usut punya usut, pendapatan Genshin Impact untuk platform mobile terbilang sangat besar, yakni mengumpulkan US$ 2,1 miliar.

Genshin Impact juga memegang rekor judul game mobile tercepat yang melampaui pendapatan di angka US$ 1 miliar.

Berdasarkan data yang diungkap oleh Pastebin, game open-world tersebut telah mengumpulkan 2,3 hingga 3,5 miliar USD.

Baca Juga: Siap-siap! Karakter Hu Tao Genshin Impact Bakal Segera 'Comeback'

Lebih Banyak Konten Lebih Banyak Pendapatan

Ilustrasi Build senjata Beidou Genshin Impact

Dengan perilisan beragam konten terbaru yang diberikan oleh pihak miHoYo, sudah dipastikan bahwa para komunitas bakal mencoba untuk mendapatkan semua hal baru yang hadir.

Dengan lebih banyak wilayah, cerita, karakter hingga item dalam game yang hadir, player hingga penggemar Genshin Impact memiliki lebih banyak hal yang bisa didapat.

Jadi, nggak heran kalau Genshin Impact di tahun kedua bisa jadi bakal mencetak rekor yang sama seperti di tahun pertama sejak perilisan mereka.

Baca Juga: Genshin Impact x UniPin Hadirkan Kompetisi Untuk Pemain di 4 Negara

Untuk informasi menarik seputar Genshin Impact lainnya, tetap bersama GridGames ya!(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya