Riot x Arcane Undercity Nights, Alami Dunia LoL Secara Langsung!

Kamis, 25 November 2021 | 12:16
Kama / Nextren

Riot x Arcane memiliki acara live action bernama Undercity Nights yang digelar untuk waktu terbatas di Los Angeles

GridGames.id -Riot Games belum lama ini merilis serial animasi yang merupakan adaptasi dari dunia di League of Legends (LoL) dengan judul Arcane.

Serial ini menceritakan asal usul dunia Piltover dan Zaun yang berada di dunia game League of Legends (LoL).

Untuk merayakan hadirnya serial Arcane ini, Riot Games membuat acara live selama bulan November ini di Los Angeles, Amerika Serikat, dengan judul Undercity Nights.

Kebetulan GridGames dan Nextren diundang Riot Games untuk bisa mengalaminya langsung di Los Angeles.

GridGames mengikuti acara Undercity Nights selama dua hari penuh, berikut ini adalah liputannya.

Sebelumnya, saya ingin membuat pernyataan bahwa saya bukanlah pemain game League of Legends, maupun game League of Legends: Wild Rift.

Begitupun dengan Legends of Runeterra, di mana saya hanya sempat memainkannya waktu awal-awal rilis.

Jadi bisa dibilang, saya adalah orang awam atau casual terhadap mitos maupun jalan cerita di dunia League of Legends.

Meski demikian, saya sangat menyukai jalan cerita maupun karakter dari serial Arcane yang ulasannya bisa dilihat langsung di sini.

Kisah kakak adik Vi dan Powder menjadi tulang punggung dari jalan cerita serial Arcane yang kemudian oleh Riot Games diangkat menjadi acara secret cinema atau live event bertajuk Undercity Nights.

Tapi apa sih sebenarnya live event Undercity Nights itu?

Jadi, Undercity Nights adalah sebuah jenis acara yang diselenggarakan oleh Secret Cinema di mana kita bisa merasakan dan mengikuti jalan cerita serial Arcane secara langsungdanmenjadi bagian dari cerita tersebut.

Kama / GridGames
Kama / GridGames

Karakter-karakter di serial Arcane akan memimpin misi pada acara Undercity Nights, contohnya Deckard

Di Undercity Nights ini kita akan menjadi bagian dari cerita tersebut, di mana kita akan menjalani misi maupun adegan-adegan yang ada pada serial Arcane.

Acara Undercity Nights ini sendiri adalah acara terbatas yang akan berakhir tanggal 19 Desember 2021 nanti.

Untuk bisa mengikuti acara ini, kamu musti membeli tiket yang harganya bervariasi mulai dari $25 sampai dengan $140. Kenapa tiketnya kok mahal? Karena selain kamu bisa mendapatkan akses VIP, kamu juga dapat menikmati pesta musik sekaligus makan dan minum di dalam.

Karena GridGames mendapatkan undangan khusus, kita mendapatkan akses VIP di mana kita akan mendapatkan jalan cerita khusus dan side mission yang tidak ada di serialnya.

Sebelum masuk, kita akan dibagi menjadi beberapa grup yang masing-masing akan menjalani misi dan jalan cerita yang berbeda-beda.

Karena akses VIP, Gridgames kedapatan misi dari Deckard langsung untuk mengantarkan pesan rahasia dari agen rahasia Children of Zaun yang menyamar menjadi Enforcer.

Dari pintu depan tempat acara, kita sudah langsung masuk ke dunia Arcane di mana ada banyak Enforcer yang berjaga di depan. Salah satunya adalah agen rahasia yang baru akan memberikan kita surat rahasia jika kita menyampaikan password yang tepat.

"Deckard Send me"

Enforcer yang tadinya galak itupun lalu mendekat dan berbisik-bisik untuk mengantarkan surat rahasia yang harus kita berikan ke Silco langsung. Ya! Silco sang penguasa Undercity itu sendiri!

GridGamespun langsung mendatangi Deckard untuk memberikan laporan bahwa ada paket untuk Silco. Melihatnya, Deckard mengajarkan gerakan rahasiauntukmasuk ke Undercity. Gerakan yang menunjukkan bahwa kita adalah bagian dari Children of Zaun!

Saatnya masuk ke dalam. Deckard pun menuntun kita untuk masuk ke dalam, dan di sinilah cerita Arcane dimulai.

Kama / GridGames
Kama / GridGames

Di dalam Undercity, kita harus selalu memberikan salam 'rahasia' agar dapat melalui jalan ceritanya

Seperti pada serialnya, Undercity Nights dibuka dengan adegan flashback saat Vi dan Powder masih kecil di mana mereka kehilangan orang tuanya.

Semua ini ditampilkan dalam satu ruangan dengan teknologi layar lebar dengan teknik pencahayaan sesuai adegannya, lalu kita juga bisa melihat aktris dan aktor yang memerankan tokoh-tokoh di serial Arcane. Bedanya mereka di sini menggunakan masker karena menjaga protokol kesehatan.

Di ruangan ini, adegan-adegan ringkasan dari episode-episode awal di serial Arcane pun ditampilkan. Di sini Vi dan Powder bisa tiba-tiba muncul dari tengah-tengah penonton dan memainkan adegan seperti di serial Netflix-nya.

Adegan pun berakhir di akhir ACT 1 dari serial Arcane, atau berakhir di episode 3 di serial Netflix. Lalu cerita Undercity Nights pun dimulai di mana adegannya mengambil tempat di antara episode 3 dan 4.

Kama / GridGames
Kama / GridGames

Vi dan Powder kerap kali muncul di antara penonton, dan memeragakan adegan yang ada pada serial Arcane

Karena GridGames merupakan pengunjung VIP, maka kami pun langsung masuk ke dalam tanpa harus menunggu pemeriksaan dari para Enforcer.

Di dalam, setelah kita melakukan gerakan rahasia Children of Zaun, GridGames pun mendapat akses ke dalam. Di mana di dalam ternyata merupakan tempat berpesta di bar milik Vander, ,yaitu The Last Drop.

Namun, sesuai cerita di episode 3, kini Undercity tempat The Last Drop berada sudah bukan milik Vander, melainkan milik Silco. Di The Last Drop, kita diperkenankan untuk memesan minuman dengan bebas. Tentunya dengan menunjukkan gelang berumur 21+, jika tidak ada maka kita tidak akan dilayani.

Di sini kami sempat melantur dan melupakan paket untuk Silco. Kami malah menikmati musik party dari DJ dan minum-minum.

Kama / GridGames
Kama / GridGames

Undercity Nights juga menyediakan tempat untuk minum-minum. Tapi hanya untuk 21 tahun ke atas

Saat itu, GridGames memerhatikan sekeliling bahwa ada banyak tokoh-tokoh serial Arcane yang sedang menjalani jalan ceritanya sendiri-sendiri.

Kita juga bisa melihat kelompok lain sedang sibuk berkeliaran untuk menyelesaikan misi yang mereka emban sekaligus menjalani jalan cerita mereka sendiri.

Baru setelah celingak-celinguk, kita sadar harus kembali meneruskan misi agar bisa mengikuti jalan ceritanya. Ternyata, acara Undercity Nights itu hanya berlangsung selama dua jam. Jadi jika kita tidak mengikuti jalan ceritanya, acara tetap berlangsung dan cerita tetap akan berjalan dengan atau tanpa kita di dalamnya.

Langsung kita bergerak mencari markas rahasianya Silco, dan setelah memberikan gerakan rahasia yang tepat, kita pun bisa masuk ke dalam dan bertemu langsung dengan Silco yang kemudian memberikan misi selanjutnya.

Kama / GridGames
Kama / GridGames

Misi di Undercity Nights ada yang harus berhadapan langsung dengan Silco!

Selama dua jam itu, kita pun bergerak dari misi ke misi, sembari di latar belakang kita bisa melihat dunia Undercity juga tidak diam dan terus bergerak dengan jalan ceritanya masing-masing.

GridGames kedapatan misi untuk mengumpulkan shimmer dengan cara menyeludupkan galon bensin ke Undercity. Di jalan cerita ini, kita lebih banyak berurusan dengan Silco dan Finn. Sedangkan kita bisa melihat di kelompok lain, mereka menjalankan misi untuk Jinx atau bahkan Marcus di Enforcer.

Sesekali kita juga berpapasan dengan Jinx yang kerap kali mencoba menggagalkan misi kita. Begitu juga dengan para Enforcer yang selalu waspada terhadap tingkah laku kita di dalam.

Ngomong-ngomong misinya, masing-masing tugas kadang ada puzzle yang harus dipecahkan. Seperti misalnya mengombinasikan Hexdeck untuk membuka pintu rahasia, atau mencari kunci berdasarkan petunjuk dari secarik kertas, sampai ke tugas fisik untuk berlari di tengah-tengah peperangan!

Kama / GridGames
Kama / GridGames

Salah satu misi yang harus diselesaikan adalah menyusun Hextech secara berurutan agar bisa membuka pintu rahasia

Kalau semua misi bisa diselesaikan, maka kita akan mendapatkan poin dan mendapatkan sertifikat bahwa kita berhasil melampaui event di Undercity Nights.

Idealnya, semua tim yang bermain harus menyelesaikan misi agar jalan ceritanya jadi lengkap.

Namun, jika sudah 2 jam misi belum selesai, maka jalan cerita akan terus berlangsung dan adegan pada episode 4 pun akan dimulai dan acara Undercity Nights pun selesai.

Setelah usai, tempat acara pun menjadi tempat berpesta dan penonton/pengunjung di arahkan ke ruangan lain untuk bersantai.

Sedangkan para aktor/aktris dan panitia Undercity Nights, kembali bersiap untuk show berikutnya.

Kama / GridGames
Kama / GridGames

Suasana ketika jalan cerita utamanya berlangsung, seperti yang ada di episode 4 serial Arcane di Netflix

Dalam sehari ada 3 kali show, sehingga jika kamu berada di sekitar Los Angeles dan sangat menyukai serial Arcane, mungkin tidak akan rugi untuk mengikutinya.

GridGames sangat menikmati live event Undercity Nights ini, bahkan ingin berencana untuk mengikuti show-show lainnya karena setiap kali kita bermain maka ada kemungkinan kita akan mendapatkan jalan cerita yang selalu berbeda.

Sebagai gambaran, jalan cerita terkait Jinx saja ada 4 macam, sedangkan jalan cerita Silco seperti yang kita jalankan ada 3 variasinya. Padahal, masih ada banyak karakter-karakter lain seperti Finn, Jaxx, Vi, dan lainnya.

Kama / GridGames
Kama / GridGames

Jinx menutup event Undercity Nights pada malam ini

Sungguh, pengalaman baru dalam dunia entertainment. Semoga event-event seperti Secret Cinema ini juga segera hadir di Indonesia!

(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya