Daftar Game Mobile yang Mendapat Penghasilan Tertinggi di Tahun 2021

Sabtu, 01 Januari 2022 | 19:45
Facebook Official PUBG Mobile

PUBG Mobile

GridGames.ID - Tahun 2021 baru saja usai, di mana tepat hari ini kita menyambut tahun baru 2022.

Dalam setahun terakhir, lembaga riset pasarSensor Towermerilis laporan terbaru terkait jumlah pendapatanyang diperoleh gamemobile.

Terdapat 8 game yang memperoleh pendapatan tertinggi, baik di Google Play Store maupun App Store.

Game-game ini memiliki pendapatan tinggi yang dapat menembus angka USD 1 miliar atau setara dengan Rp 14,2 triliun.

Baca Juga: 5 Pertandingan Esports Paling Banyak Ditonton 2021, MOBA Mendominasi!

Dilansir dari laman Kompas.com, kedelapan game ini nggak hanya diisi dengan judul game kompetitif, melainkan terdapat sejumlah game kasual, sepertiCandy Crush Saga.

Dari laporan tersebut diketahui bahwa gamebattle royalePUBG Mobilemenduduki peringkat teratas sebagai game dengan pendapatan tertinggi pada 2021.

Game besutan Tencent ini dilaporkan berhasil meraup pendapatan mencapai USD 2,8 miliar atau sekitar Rp 39,9 triliun.

Besarnya jumlah pendapatan yang diraihPUBG Mobilesejatinya nggak lepas dari tingginya popularitas game tersebut secara global.

Baca Juga: 5 Tim Mobile Legends Terbaik Selama 2021, Ada dari Indonesia

Kemudian, di peringkat kedua ada game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), berjudulHonor of Kings.

Game yang juga besutan Tencent itu meraih pendapatan yang sama denganPUBG Mobile,yakni mencapai USD 2,8 miliar atau sekitar Rp 39,9 triliun.

Jumlah pendapatan yang diraihPUBG MobiledanHonor of Kingsini meningkat dibandingkan tahun lalu, yakni pendapatanPUBG Mobilenaik 9%, sementaraHonor of Kingsnaik 14,7%.

Meski memperoleh jumlah pendapatan yang sama, Sensor Tower nggak menjelaskan mengapaPUBG Mobilediposisikan di peringkat pertama, sementaraHonor of Kingsdi peringkat kedua.

Baca Juga: Daftar Game PC Terpopuler Selama 2021 Versi Steam, Ada Favoritmu?

Menyusul di bawahPUBG MobiledanHonor of Kings, game RPGGenshin Impactyang memperoleh pendapatan sebesar USD 1,8 miliar atau sekitar Rp 25,6 triliun.

Game besutan MiHoYo ini menarik minat banyak pemain dengan konten dan update karakter, senjata, danpeta terbaru yang dihadirkan setiap bulannya.

Kompas.com
Sensor Tower

Delapan judul game mobile di sepanjang tahun 2021 yang berhasil meraih pendapatan tertinggi di atas angka USD 1 miliar (sekitar Rp 14,2 triliun)

Sejak diluncurkan pada 28 September 2020 lalu, Genshin Impact dilaporkan telah menghasilkan pendapatan sebanyak USD 2,4 miliar atau sekitar Rp 34,2 triliun dari App Store dan Google Play Store.

Baca Juga: Inilah Top 4 Game Terbaik Versi Metacritic Sepanjang Tahun 2021

Meski tergolong game lawas, Robloxsukses meraup pendapatan tinggi setelah masuk platformmobilepada tahun 2012.

Roblox menghasilkan pendapatan USD 1,3 miliar atau sekitar Rp 18,5 triliun di sepanjang tahun 2021, meningkat 20,3% dari tahun lalu.

Nggak jauh berbeda denganRoblox, game casualCoin Masterberada di posisi kelima dengan jumlah pendapatan hingga USD 1,3 miliar sekitar Rp 18,5 triliun di mana angka tersebut meningkat sebesar 13,8%.

Pokemon Gobesutan Niantic memperoleh pendapatan USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 17,1 triliun sepanjang 2021.

Baca Juga: 5 Game Mobile Terbaik Sepanjang Tahun 2021, Punya Jutaan Player Base!

Menempati dua posisi terakhir,Candy Crush SagadanFree Firemasing-masing memperoleh pendapatan sebesar USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 17,1 triliun dan USD 1,1 milliar atau sekitar Rp 15,1 triliun.

Secara keseluruhan, hingga saat ini game mobile dinilai berhasil mengalami pertumbuhan yang secara signifikan, terlepas dari perubahan kebijakan Identifier for Advertisers (IDFA) Apple di iOS.

Hingga akhir tahun 2021, Sensor Tower memperkirakan bahwa jumlah pengeluaran untuk game seluler akan mencapai USD 89,6 miliar atau sekitar Rp 1.278 triliun secara global di App Store dan Google Play yang mengalami peningkatan sebesar 12,6%. (*)

Editor : Amalia Septiyani

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya