GridGames.ID -Memasuki tahun 2022, UniPin Community (UNITY) kembali menyelenggarakan webinar bulanan dengan tajuk "Esports: Potret Kondisi dan Prediksi Trend di 2022".
Tajuk tersebut membahas proyeksi dan trend eSports di tahun 2022 secara mendalam.
Webinar tersebut digelar secara onlien melalui Zoom dan memberikan informasi lebih detail mengenai perkembangan trend eSports di tahun 2022.
Baca Juga: ONIC Esports Kabarnya akan Ubah Komposisi Roster di MPL ID S9
Pandemi yang berlangsung hampir dua tahun, memberi perubahan yang menjadi peluang sekaligus ancaman bagi berbagai industri, termasuk eSports.
Berdasarkan data yang dihimpun tim GGWP.ID per November 2021, Ricky memaparkan bahwa pertumbuhan jumlah gamers sejak tahun 2016 - 2020 meningkat secara drastis.
Angka tersebut meningkat karena dirilisnya banyak game mobile seperti Mobile Legends (2016), Free Fire (2017), dan PUBG Mobile (2018).
Sebuah studi yang dilakukan Vero dan Decision Lab baru-baru ini juga mencatat jumlah stakejolder industri eSports di Indonesia mencapai 52 juta orang, bagi sebagai player, coach, analis, dan sebagainya.
Jumlah tersebut tentunya diprediksi bakal terus bertambah seiring waktu berjalan.
Baca Juga: Gokil! Pemain EVOS Thunder Ternyata Hobi Main Game PC dan MOBA
Esports 2022, Bertumbuh Cepat dan Menjadi Bagian dari Gaya Hidup
Hingga tahun 2021, genre game kompetitif atau biasa disebut eSports yang populer di Indonesia adalah MOBA dan game survival dengan total 54% market share diperoleh oleh Mobile Legends dan 25% diraih oleh Free Fire.
Namun, hal tersebut nggak menutup peluang bakal masuk dan berkembangnya game lain dengan genre berbeda di tahun 2022.
Irli dari RevivalTL pun mengatakan bahwa kegiatan yang berkaitan dengan industri gaming dan eSports kini menjadi bagian dari gaya hidup masuarakat.
Baca Juga: ONIC Esports Raih Winrate Tertinggi di Turnamen-turnamen Mobile Legends Sepanjang 2021
Di tahun 2022, ia memprediksi industri eSports bakal menjadi bagian dari gaya hidup, nggak hanya untuk penggemar, namun juga masyarakat secara umum.
Jika anak-anak tahun 90-an tumbuh bersama tayangan kartun televisi di Minggu pagi, atau game konsol dan PC yang memiliki fitur terbatas.
Kini, generasi kelahiran 2000-an tumbuh dengan gadget dan smartphone di tangan mereka.
Difasilitas teknologi, eSports dan game online tumbuh beriringan bersama generasi muda saat ini.
Baca Juga: Wild Rift Champions SEA Indonesia Diumumkan, Berikut Detail Lengkapnya
Sehingga, kegiatan bermain game yang semula hanya bisa dilakukan untuk hiburan melepas penat, kini menjadi salah satu alternatif pilihan karir yang menjanjikan.
Irli pun menambahkan bahwa di tahun 2022, eSports bakal merambah ke bagian dari lifestyle.
Nggak hanya soal kompetisi namun juga menyentuh lifestyle para gamers.
Pasalnya, barang seperti merchandise, smartphone dengan fitur yang mendukung kegiatan bermain game, hingga outfit yang mirip dengan para gamers idola, bakal menjadi produk yang laku di tahun 2022.
Untuk informasi menarik seputar video games dan eSports lainnya, tetap bersama GridGames ya!(*)
Baca Juga: Inilah Daftar Lengkap Nominasi Penghargaan di Nimo TV Gala 2021