4 Tips Menjadi In-Game Leader (IGL) di PUBG Mobile Ala ION Miseryy

Amalia Septiyani Kamis, 28 April 2022 | 17:00 WIB
Miseryy, IGL sekaligus kapten tim ION Esports (Instagram/ionesportsgg)

GridGames.ID - Bermain game battle royale seperti PUBG Mobile, kerap kita temukan pembagian tugas atau biasa disebut role.

Terdapat 5 jenis role yang ditemukan di game PUBG Mobile, yakni In-game Leader (IGL)/ Shoutcaller, Rusher, Scout, Sniper dan Support.

Sosok In-Game Leader (IGL) atau kapten adalah role yang wajib dimiliki setiap tim profesional.

Umumnya, seorang IGL bertugas untuk membaca alur permainan, mengambil keputusan terbaik, serta memimpin timnya menuju kemenangan.

Baca Juga: Lolos ke PMPL SEA Spring 2022, ION Esports akan Perbaiki Hal Ini

Nah, kali ini Miseryy, salah satu pemain ION Esports yang bertugas sebagai IGL saat 2022 PMPL ID Spring, bakal ngasih tau tips jadi IGL yang baik dan benar.

1. Menguasai Teknik Makro dan Mikro

Ilustrasi bermain PUBG Mobile

Menurut kapten ION Esports tersebut, seorang IGL harus memahami seluk beluk game PUBG MOBILE.

Tidak hanya dari teknik mikro seperti aim stabil dan penguasaan senjata, namun juga segi makro seperti menganalisa permainan dan mengambil keputusan dengan cepat dan akurat.

“Menurutku harus bisa semua, baik makro maupun mikro di dalam game. Tetapi yang paling penting sih tetap gimana cara kita menghadapi/merespon situasi yang sedang terjadi di real time dan menanggapinya dengan baik/bijak,” jawab Miseryy.

2. Bermain Fleksibel

Ilustrasi bermain PUBG Mobile

Dalam sebuah tim PUBG MOBILE profesional, umumnya 4 pemain akan dibagi menjadi beberapa role seperti Rusher, Support, Sniper ataupun Scout.

Walaupun begitu, hanya ada 1 role yang wajib dimiliki oleh semua tim, yaitu seorang IGL, yang biasanya juga merangkap role lain.

“IGL menurutku salah satu role yang wajib ada, dan efeknya mungkin lebih ke arah gimana cara ngebawa timnya mendapatkan hasilnya yang bagus,“ ungkap Miseryy.

Sebuah fenomena unik juga ditemukan di ION Esports, di mana para pemainnya tidak memiliki role spesifik karena dituntut untuk bisa bermain di posisi manapun.

Biasanya, pemain dengan ciri seperti itu akan disebut sebagai Flex, yang juga merupakan singkatan bahasa Inggris yang memiliki arti fleksibel.

“Kebetulan kalau di ION sih kita gak ada spesifik role gitu ya, jadi ya memang role yang pasti di timku hanyalah IGL, sisanya timku itu role-nya Flex, termasuk aku juga. Jadi ya semua member harus bisa semuanya,” sambungnya.

Baca Juga: ION Esports Juara 2022 PMPL ID Spring, EVOS Reborn Keok di Posisi 2

3. Jangan Egois

Ilustrasi bermain PUBG Mobile

Menunjukkan kemampuan terbaiknya dan mencetak rekor-rekor apik memang menjadi bukti kehebatan seorang pemain profesional, namun hal tersebut tidak menjadi prioritas seorang IGL.

Sebagai kapten yang memimpin tim, IGL harus mendahulukan kepentingan timnya di atas segalanya.

“Yang harus dan sebaiknya dihindari sih egois, memikirkan diri sendiri dan mengharapkan timnya mengerti apapun yang dia mau tanpa memikirkan resikonya,” ujar Miseryy.

Baca Juga: Misery Sebut ION 'Hoki Zona' di Hari Kedua Country Finals 2022 PMPL ID Spring

4. Dewasa dan Bijaksana

Ilustrasi bermain PUBG Mobile

Selain tidak egois, seorang IGL juga harus bisa berpikir dewasa dan bijaksana.

Hal ini dikarenakan setiap keputusan yang diambil oleh IGL akan menentukan ke mana timnya akan berlabuh.

Tidak hanya di dalam permainan, seorang IGL juga harus tetap bijaksana di luar permainan.

Sosok IGL seperti ini dibutuhkan untuk menjaga atmosfer tim agar terus terjaga dengan baik.

“(IGL) Harus coba lebih bijaksana lagi dalam menghadapi situasi di dalam tim dan lebih dewasa dalam menghadapi member-member tim kita,” tutup Miseryy.

Baca Juga: Bro Pasta Tentang Permainan ION Rocky di 2022 PMPL ID Spring: The Next Ryzen!

Nah, itu dia 4 tips menjadi IGL handal di PUBG MOBILE ala ION Miseryy. Kamu bisa langsung mencobanya di dalam game sekarang juga. (*)

Penulis : Amalia Septiyani
Editor : Amalia Septiyani