Ubah Hobi Gaming Jadi Cuan, Saatnya Gamer Coba Jadi Game Streamer!

Senin, 04 Juli 2022 | 15:53
Shutterstock

Ilustrasi game streamer.

GridGames –Beberapa tahun lalu, bermain gamehanya dianggap sebagai kegiatan untuk menyalurkan hobi atau sekadar mencari hiburan. Bahkan, tak jarang bermain game disebut sebagai kegiatan yang membuang-buang waktu.

Namun, anggapan tersebut kini sudah tidak relevan.Seiring dengan berkembangnya teknologi dan industri game online yang semakin pesat, bermaingamedapat dijadikan profesi yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Peluang bagi para gamer untuk menyalurkan passion sekaligus mendapatkan uang semakin terbuka lebar semenjak eSportdijadikan sebagai salah satu cabang olahraga resmi.

Selain mengikuti turnamen, salah satu cara gamer dapat mendulang uang adalah dengan menjadi game streamer. Sebagai informasi, game streamer adalah gamer yang menjadi content creator dengan memproduksi konten gaming dan menyiarkannya secara live streaming.

Baca Juga: REVIEW MPL Fantasy, Cocok Buat Fans Sepak Bola dan Gamer Kasual

Data terbaru dari YouTube menunjukkan, konten gaming masih menjadi salah satu kategori yang paling diminati di platform tersebut. Dua dari lima kanal YouTube dengan jumlah subscribers dan penonton terbanyak merupakan kanal yang memproduksi konten gaming.

Alasan pengguna YouTube menonton konten terkaitgamingadalah untuk mempelajari cara dan strategi bermaingamedari paragame streamer.

Salah satu kontengamingyang cukup populer saat ini adalahlive streaming. Konten jenis ini dianggap menarik karenagame streamerdapat bermaingamesekaligus berinteraksi dengan penonton selamalive streamingberlangsung.

Meski sempat diremehkan, peluang karier sebagaigame streamercukup menjanjikan. Apalagi, semakin banyak platformlive streamingyang dapat menjadi media untuk menyebarkan konten sekaligus meraih pendapatan, seperti YouTube, Tiktok, Facebook, dan Twitch.

Baca Juga: Kairi Resmi Gabung ONIC Esports, Ini Rolenya untuk MPL ID Season 10

Di Indonesia sendiri, banyakgameryang terbukti sukses menekuni profesigame streamer. Salah satunya, Windah Basudara.

Dikenal dengan gaya bicara yang lucu dan interaktif, Windah Basudara berhasil menggaet 7,7 jutasubscribersdi platform YouTube per Juni 2022. Menurut data dari lamanSocial Blade, diperkirakan Windah mampu menghasilkan hingga Rp 400 juta untuk satu kalilive streaming.

Penghasilan tersebut dapat diperoleh melalui adsense dan komisi dari audiens yang mengirim super chat atau super stickers melalui kolom chat selama live streaming berlangsung. Menarik, bukan?

Memulai karier sebagaigame streamer

Sekilas, menjadi seorang game streamer mungkin terkesan mudah. Berbeda dengan content creator pada umumnya, game streamer tidak perlu mengedit video agar menjadi konten yang layak untuk ditonton. Sebab, game streamer memproduksi konten melalui kegiatan yang direkam dan disiarkan secara langsung.

Baca Juga: Intip Tampilan Map Sumeru Genshin Impact, Punya Bangunan Mirip Masjid

Meski begitu, ada beberapa hal yang tetap perlu dipersiapkan bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan berkarier menjadigame streamer. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Keahlian berbicara di depan kamera

Seoranggame streamerharus mampu berbicara di depan kamera untuk meramaikan dan menghibur audiens selamalive streamingberlangsung.

Meski sudah menyiapkanscriptobrolan, paragame streamertetap harus mampu berbicara secara spontan, baik untuk memberikan penjelasan seputargameyang dimainkan maupun untuk merespons komentar atau pertanyaan audiens.

Cara berbicara dan berinteraksi dengan audiensakan menentukanpersonal brandingyang ingin dibangun seoranggame streamer.Dengan memilikipersonal branding,game streamerakan lebih mudah dikenali dan diingat oleh masyarakat.

Baca Juga: RRQ Skylar 'Si Pawang Beatrix', Raih Gelar Goldlaner Paling Bersinar!

2. Skill gaming

Skill gamingmerupakan salah satu bekal penting untuk mewujudkan impian menjadigame streamer. Seoranggame streamerprofesional tentu harus memiliki kemampuan bermain dan menyusun strategi permainan di atas rata-rata.

Apabila kemampuanmu dalam bermain game belum cukup mumpuni, jangan putus asa. Dengan terus berlatih secara konsisten, skill gaming kamu akan makin terasah. Selain itu, kamu dapat menonton konten-konten gaming yang ada di berbagai platform media sosial untuk mencari inspirasi.

3. Perangkatgamingyang mumpuni

Disiplin berlatih saja belum cukup.Untuk menunjangpassiondanmengasahskill gaming, kamu memerlukanperangkatgamingyang mumpuni. Beberapa perangkat yang wajib dimiliki, antara lainlaptopgaming,headphone, danmouse gaming.

Agar lebih nyaman saat melakukanlive streaming, gunakankursigamingyang didesain khusus untuk memberikan kenyamanan meski digunakan untuk duduk selama berjam-jam.Kursigamingjuga dapat menguatkanpersonal brandingkamu sebagaigamer.

Baca Juga: Sambut Idul Adha, PUBG Mobile Hadirkan Event Bertajuk Wooly Wonders

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan beberapa item untuk membuat tampilan kontenmu tampak menarik, sepertiring lightdanwebcameksternaluntuk laptop.

Seluruh kebutuhan gaming tersebut dapat kamu temukan di berbagai platform e-commerce. Untuk mendapatkan kebutuhan gaming yang berkualitas dengan harga lebih hemat, kamu dapat mengakses platform e-commerce Lazada.

Lazada akan menggelar festival belanja Lazada 7.7 Mid Year Sale dengan tema “Bikin Pol Tengah Tahun” pada 5-7 Juli 2022.

Selama festival belanja tersebut berlangsung, kamu dapat memburu perlengkapan gaming impian yang belum kesampaian untuk dibeli pada festival-festival belanja e-commerce sebelumnya.

Baca Juga: Nimo TV Buka Rekrutmen Streamer Game, Pertanda akan Comeback?

Dok. Lazada

Lazada akan menghadirkan promo berupa diskon hingga 99 persen, Crazy Flash Sale setiap hari di jam-jam tertentu, dan gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia tanpa minimal pembelian.

Selain itu, Lazada juga akan membagikan bonus dadakan hingga Rp 770.000 untuk pengguna yang beruntung. Bonus tersebut dapat langsung dipakai untukcheck outproduk melalui aplikasi Lazada.

Mulai 28 Juni sampai 4 Juli 2022, Lazada juga akan rutin menggelar program hiburan dan kuis berhadiah lewat platformlive streamingLazLive. Pastikan kamu tidak melewatkan program tersebut untuk mendapatkanvoucherbelanja dan hadiah menarik lainnya.

Yuk, segera tambahkan produk-produk kebutuhangamingimpianmu ke keranjang belanja Lazada dari sekarang.Check outproduk tersebut selama Lazada 7.7 Mid Year Sale berlangsung agar belanja lebih hemat dan untung!

Editor : Wandha Nur Hidayat