Dibilang Mirip Genshin Impact, Ternyata Ini Perbedaan Tower of Fantasy

Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:45
Hotta Studio

Game open-world MMORPG, Tower of Fantasy

GridGames.ID - Tower of Fantasy, game bergenre MMORPG dengan fitur cross-platform, akhirnya resmi dirilis secara global pada Kamis, 11 Agustus 2022 lalu.

Game besutan Level Infinite dan Hotta Studio tersebut kini sudah dapat diunduh serta dimainkan di PC dan mobile.

Tower of Fantasy mengambil latar cerita ratusan tahun di masa depan setelah umat manusia melarikan diri dari lingkungan bumi yang hancur dan mengungsi ke planet Aida yang jauh. Pemain dapat menyelami gaya seni sci-fi pasca apokaliptik yang terinspirasi dari anime, pengembangan karakter bentuk bebas dan tujuan yang menarik.

Dalam game ini, pemain diajak untuk melakukan pertarungan yang seru dalam pertempuran yang mendebarkan serta eksplorasi dunia terbuka.

Baca Juga: Ribuan Penggemar Padati Event Peluncuran Tower of Fantasy di Jakarta

Jika dilihat, Tower of Fantasy sekilas memang mirip dengan Genshin Impact, di mana pemain dapat menelusuri dunia yang luas dan mengikuti story game sambil menyelesaikan misi.

Bahkan, beberapa pihak juga ada yang menilai bahwa Tower of Fantasy menjiplak konsep game Genshin Impact yang telah meluncur lebih awal yaitu pada September 2020.

Hotta Studio

Tower of Fantasy

Elvarica Noviyanti, Country Manager Proxima Beta Indonesia, memberi jawaban perihal kemiripan dari kedua game tersebut yang dilihat dari sisi keunikannya.

"Tiap game itu pasti punya keunikannya sendiri, ya. Jadi kita nggak bisa bilang game kita lebih bagus atau seperti apa, jadi masing-masing punya unique selling point-nya sendiri," kata Elvarica kepada GridGames saat diwawancarai pada event peluncuran Tower of Fantasy di Mal Taman Anggrek, Jakarta, Sabtu (14/8/2022).

Baca Juga: 4 Keunggulan Tower of Fantasy vs Genshin Impact, Janji Gak Pindah Game?

Meski fitur dari kedua game ini terkesan mirip, namun Tower of Fantasy punya kostumisasi karakter yang unik.

Di game Tower of Fantasy, pemain dapat menggunakan preset yang telah mereka buat sebelumnya untuk personalisasi karakter lebih lanjut.

Exputer
Exputer

Kustomisasi karakter Tower of Fantasy

Fitur kustomisasi yang ditawarkan di dalam game mulai dari perubahan pakaian, perubahan warna, warna rambut, warna mata, fisik tubuh, dll.

Selain itu, karakter di Tower of Fantasy dapat beralih senjata secara real-time dalam pertarungan di mana para pemain dapat membawa 3 senjata untuk bertempur di dunia Aida.

Senjata tersebut memiliki stats dan weapon skill yang dapat disesuaikan karakter dengan musuh yang akan dihadapi.

Baca Juga: Tower of Fantasy Beri Bocoran Karakter dalam Sebuah Trailer Terbaru

Menariknya lagi, Tower of Fantasy memiliki mode co-op multiplayer yang lebih fleksibel dibandingkan dengan Genshin Impact.

Pemain Tower of Fantasy memiliki kebebasan penuh di mode multiplayer serta diizinkan untuk berburu bos, membuat kru, menyelesaikan isi harian dan mingguan, dan masih banyak lagi.

Tower of Fantasy juga menyediakan Guild Crew yang memungkinkan pemain untuk berkolaborasi bersama untuk menjelajahi Aida.

Exputer
Exputer

Mode co-op Tower of Fantasy

Baca Juga: Sebelum Diluncurkan, Tower of Fantasy Rilis 2 Video Trailer Gameplay

Tower of Fantasy juga dapat membuat komunikasi antar pemain bisa lebih mudah dengan mode co-op yang dibekali dengan fitur messaging untuk mendukung pesan suara.

Hal ini tentu memudahkan pemain berkomunikasi ketika menyelesaikan misi dan bertempur.

Kendati demikian, Tower of Fantasy masih belum mendukung in-game call seperti game online kompetitif.

"Untuk game kita, kita memfokuskan untuk semua orang bisa ketemu, bisa party bareng-bareng, bisa saling main berbarengan, bisa bikin komunitas, bisa hunting bareng gitu. Ya, itu mungkin yang bisa sedikit membedakan dari kita (Tower of Fantasy) dibanding game sebelah," jelas Elvarica.

Level Infinite/ Hotta Studio

Tower of Fantasy

Baca Juga: Ini Dia Daftar Hadiah Tahap Pra-registrasi Game Tower of Fantasy

Sejak diluncurkannya Tower of Fantasy secara global, terdapat kendala yang dialami oleh para pemain, salah satunya adalah terjadi antrian pada server untuk pemain.

Karena membludak, antrian pada server terjadi, di mana pemain yang ingin bermain harus menunggu antrian untuk masuk ke server yang penuh.

Untuk mengatasinya, Elvarica dan tim pengembang Tower of Fantasy tengah mengusahakan adanya perbaikan terkait masalah tersebut.

"Kita memang lagi mengusahakan itu. Jadi memang sebenernya untuk masalah server, kita juga kaget sih dengan antusiasmenya para player dari seluruh dunia. Kita juga memang sedang mengembangkan (game) setiap harinya. Langsung kita ambil tindakan untuk perbesar pengembangannya terus karena kita pengen ngasih best experience buat para pemain," katanya.

Kini Tower of Fantasy bisa diunduh di App Store, Play Store atau melalui website resminya. (*)

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya