GridGames.ID - Game Indonesia akan berpartisipasi kembali di Tokyo Game Show (TGS) 2022 yang akan berlangsung pada 15-18 September 2022 di Makuhari Messe, Chiba, Jepang.
Ini merupakan kali keempat industri game Indonesia unjuk gigi di gelaran pameran dagang serta ekshibisi game terkemuka di dunia tersebut.
Di tahun ini, para perwakilan industri game Indonesia hadir secara offline setelah sebelumnya hadir secara online di tahun 2021 lalu.
Indonesia akan diwakili oleh sekitar 10 industri game yang telah terpilih melalui rangkaian proses open call serta kurasi.
Mereka akan berpartisipasi di dalam sesi Business Day pada tanggal 15-16 September 2022, yang berlokasi di Hall 2F International Conference Hall, Makuhari Messe, Chiba, Jepang.
Baca Juga: Game Lokal Coral Island Akan Tersedia di Xbox Game Pass, Wajib Coba!
Kesepuluh perwakilan industri game Indonesia yang akan berpartisipasi di Tokyo Game Show 2022 adalah:
- Agate
- Big Fire Studio
- Devata Games Production
- Digital Happiness
- GameChanger Studio
- IOTA Studio
- Megaxus Infotech
- Melon Indonesia
- Niji Games
- Vertwo
Selain itu, mereka juga turut mencari peluang bisnis baru dengan menjalin kontak dengan para rekanan atau investor bisnis yang potensial.
Partisipasi Indonesia dalam gelaran TGS tahun ini juga didukung oleh kolaborasi dari para stakeholder industri game Indonesia, seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf); Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo); Kementerian Perdagangan, yang diwakili oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional serta Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka; Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang; dan Asosiasi Game Indonesia (AGI).
Baca Juga: Game Lokal DreadOut 2 akan Rilis di Konsol, Catat Tanggalnya
Kolaborasi para stakeholder tersebut tentunya untuk mendukung industri game nasional dalam event TGS 2022 ini.
Dukungan yang diberikan tersebut berupa fasilitas penyediaan booth dalam business meeting area TGS 2022, akses terhadap TGS 2022 Business Matching System dan Meet2Match – The Tokyo Edition, dan lain sebagainya.
Menanggapi kembalinya Indonesia di dalam gelaran TGS 2022 ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku optimis bahwa partisipasi delegasi Indonesia dalam event ini akan mampu menghasilkan capaian bisnis yang bermanfaat bagi industri game lokal Indonesia.
“Kami berharap agar setiap delegasi partisipan dapat menunjukkan performa bisnis yang maksimal serta dapat membawa peluang usaha di industri game global ke tanah air. Tentunya hal ini diharapkan dapat menjadikan industri game sebagai salah satu pilar kebangkitan ekonomi kita serta mampu membuka lapangan kerja yang lebih luas,” ujarnya.
Baca Juga: Game Buatan Indonesia 'Anuchard' Dipastikan Tampil di E3 2021
Indonesia dalam Tokyo Game Show (TGS) 2022 akan menampilkan 10 perusahaan industri game lokal dengan berbagai macam latar belakang.
Seperti, game developer, game-related developer, publisher, game services production, dll.
Pada partisipasinya yang keempat kali di event ini, Indonesia akan membawa nama branding campaign GotGame.id: Games From Indonesia.
Nama tersebut dipilih untuk merepresentasikan program pemasaran produk game Indonesia di luar negeri.
GotGame.id: Games From Indonesia adalah sebuah platform gabungan dari seluruh stakeholder industri game Indonesia untuk membawa produk game terbaik asal Indonesia ke pentas dunia. (*)