Ubisoft dan Riot Akan Hapus Kultur Toxic Pemain dengan Moderasi Konten

Sabtu, 19 November 2022 | 11:00
Riot Games

Ubisoft dan Riot Games dalam proyek Zero Harm in Comms

GridGames.ID- Ubisoft dan Riot Games baru saja mengumumkan subuah kerja sama yang untuk mengembangkan moderasi konten pada game buatan keduanya yangditujukan untuk mencegah perilaku toxic atau saling menyinggung yang sering terjadi antar pemain.

Langkah ini dinamakan "Zero Harm in Comms" yang juga merupakan proyek riset keduanya untuk menghadirkan kecerdasan buatan (AI) dalam mengatasi kecenderungan negatif para pemain tersebut.

Dalam press release Ubisoft, keduanya percaya bahwa AI dapat dilatih untuk menghadirkan moderasi preventif yang ampuh karena dibuat dari data basis data lintas ekosistem yang mengumpulkan data pada game.

Keberadaan para pemain toxic yang suka saling menyinggung di dalam game memang sudah menjadi hal yang sangat sering terjadi di antara pemain.

Tidak sedikit dari mereka yang membawa topik-topik sensitif dan kata-kata kasar saat bermain game yang dimaksudkan untuk psywar atau membuat mental lawan down.

Karena hal itu, Ubisoft dan Riot sebagai anggota dari Fair Play Alliace percaya bahwa aksi kolektif dan berabagi pengetahuan dapat mengubah kebiasaan pemain ke arah lebih baik.

Baca Juga:Netflix Gandeng Ubisoft Tambah 3 Game Baru di Netflix Games!

Direktur Eksekutif Ubisoft La Forge, Yves Jacquier menyatakan bahwa struktur gaming pada moderasi konten dapat membawa pengalaman sosial yang lebih menyenangkan untuk para pemain.

"Di Ubisoft, kami terus menyusun langkah-langkah konkret untuk memastikan pengalaman bermain yang aman dan menyenangkan. Kami percaya bahwa dengan berkolaborasi sebagai sebuah industri, kami akan dapat mengatasi isu ini dengan lebih efektif," ucap Jacquier.

Ubisoft juga menyatakan bahwa pihaknya sangat percaya kemitraan ini dapat merubah budaya yang agaknya kurang pantas di kalangan pemain ini.

"Sebagai perancang ekosistem ini dengan akses langsung ke komunitas, kami mengeksplorasi cara untuk mencegah perilaku toksik dalam game secara lebih baik lewat kemitraan teknologi dengan Riot Games ini." Ungkapnya.

Baca Juga: Riot Games Ambil Alih Penerbitan League dan TFT, Garena Bagaimana?

Dalam riset ambisius ini, kedua developer mencoba untuk menelusuri peletakkan sistem AI yang diharapkan dapat mencegah perilaku toxic pemain dalam game.

Hal tersebut dapat terwujud dengan adanya basis data yang beragam dan mencakup segala tipe pemain serta perilaku mereka dalam game untuk melatik sistem AI milik perusahaan.

Riot Games sebagai patner dari Ubisoft juga percaya bahwa proyek riset "Zero Harm in Comms" akan memiliki dampak yang baik untuk perkembangan dunia game.

"Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan rekan di industri ini seperti Ubisoft, yang percaya pada penciptaan komunitas yang aman dan mengembangkan pengalaman positif dalam ruang online," ucap Wesley Kerr, Head of Technology Research Riot Games. "Proyek ini hanyalah contoh dari komitmen yang lebih luas dan pekerjaan yang sedang kami lakukan di Riot untuk mengembangkan sistem yang menciptakan interaksi yang sehat, aman, dan inklusif dalam game kami," pungkasnya.

Baca Juga: VALORANT Mobile Sudah Masuk Google Play Store, Begini Tampilannya

Proyek riset ini sendiri masih dalam tahap awal, namun inisiatif keduanya tentunya sangatlah layak untuk diapresiasi.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini sangat sedikit sekali perusahaan yang mengambil langkah preventif seperti ini untuk membuat komunitas game lebih bermoral dan aman di masa mendatang.

Perjalanan Ubisoft dan Riot Games juga tentunya masih akan panjang, namun perkembangan keduanya untuk mencapai keberhasilan riset ini akan sangat menarik untuk diikuti.

Nah, itulah informasi mengenai proyek riset"Zero Harm in Comms" dari Ubisoft dan Riot Games, sobat GridGames.

Buat kalian yang penasaran dengan perkembangan riset ini dan juga informasi seputar game lainnya, pantengin terus website GridGames, ya! (*)

Editor : Amalia Septiyani

Sumber : Ubisoft

Baca Lainnya