Review ASUS TUF Gaming F15 FX507, Laptop Gaming Paling Worth It di 2022

Senin, 19 Desember 2022 | 18:05
ASUS Indonesia

ASUS TUF Gaming F15 FX507.

GridGames.ID –Bermaingamemenggunakan laptopgamingkini banyak digandrungi oleh kalangan muda.

Dikutip dari buku Peta Ekosistem IndustriGamedi Indonesia 2021 yang dipublikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), terdapat 53,4 jutagamersmenggunakan laptop sebagai media bermaingame. Rata-rata dari mereka biasanya menghabiskan sekitar 8-9 jam per minggu untuk bermaingame.

Ada alasan mengapa bermaingamedi laptop kian populer. Salah satunya, sensasi bermain yang lebih menyenangkan. Tak sepertigamedi ponsel,gamekomputer umumnya memiliki alur cerita yang lebih kompleks, serta didukung dengan tampilan grafis yang lebih hidup.

Meski begitu, sensasi bermaingamedi laptop sangat dipengaruhi oleh spesifikasi perangkat yang digunakan. Semakin canggih teknologi yang digunakan, semakin baik pula performa yang akan dihasilkan.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga ASUS ROG Strix Scar 17 Special Edition

Bagi kamu yang ingin menikmati pengalaman bermaingamesecara maksimal, GridGames menyarankan agar kamu mencari laptop yang didesain khusus untuk bermaingame, sehingga biaya yang dikeluarkan punsetaradengan pengalaman yang didapat.

Sebagai referensi, kamu bisa melirik salah satu produk baru dari ASUS, yakni TUF Gaming F15 FX507 dari ASUS. Sebagai produk khususgaming, laptop ini hadir denganhardwaregenerasi terbaru, bodi berdesain futuristik, serta membawa fitur dan teknologi yangworth ituntuk dibeli.

Prosesor danchipgrafis generasi terbaru

ASUS membekali TUF Gaming F15 FX507 dengan prosesor generasi terbaru, yakni 12th Gen Intel® Core™ H-Series. Kinerja prosesor ini ditunjang dengan Intel® QuickSync yang mampu mengakselerasi prosesencodingvideo, serta Intel® Thread Director yang dapat mengatur kerja prosesor sehingga performanya tetap maksimal.

Untuk menampilkan grafis yang memukau, TUF Gaming F15 FX507 dibekali denganchipgrafis dari NVIDIA® GeForce RTX™ 30 Series, dengan dukungan hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3070. Dukungan lain yang juga dihadirkan ASUS pada seri ini adalah sistem pendingin yang lebih baik, sertatotal graphic power(TGP) yang lebih tinggi.

Hadir juga RAM berteknologi baru, yakni DDR5 berkecepatan 4800MHz yang mampu mempersingkat waktu tunggu (loading), serta mampu menghasilkanframe rateyang lebih baik.

Sistem pendingin mumpuni

Untuk mencegah penurunanframe rateakibatoverheat, TUF Gaming F15 FX507 menggunakan sistempendingindenganlimaheatpipedari tembaga yang mampu mendinginkan CPU, GPU, serta Voltage Regulator Module (VRM).

Sistem pendingin TUF Gaming F15 FX507 ditenagai dua kipas bertenaga 12volt, serta memiliki empat jalur pembuangan udara panas. Hadir juga fitur 0db Ambient Cooling yang memungkinkan memungkinkan kipas untuk berhenti berputar saat suhu CPU dan GPU berada di bawah 50derajatcelcius.

Itu artinya, ketika laptop berada dalam mode biasa, CPU dan GPU pada TUF Gaming F15 (FX507) tidak memerlukan kipas pendingin, sehingga bisa lebih menghemat baterai.

Baca Juga: Manli dan ASUS Rilis GPU RTX 3060 Versi Murah, Hadirkan VRAM 8GB

Dibekali MUX Switch

Untuk memanjakan para pecintagame, TUF Gaming F15 FX507 dibekali denganMUX Switch yang memungkinkankartu grafis terintegrasi (iGPU) dengan chip grafis diskrit (dGPU)bekerja bergantian.

Ketika ingin mendapat performa grafis yang lebih baik, kamu bisa menggunakan MUX Switch untuk mematikan GPU bawaan Intel dan menggantinya dengan GPU NVIDIA. Sementara, ketika ingin menghemat baterai, MUX Switch bisa dimanfaatkan untuk mematikan GPU NVIDIA dan menggantinya dengan GPU bawaan Intel.

Menariknya, MUX Switch diciptakan menggunakanchipfisik, sehingga performa fitur ini tidak dipengaruhi olehsoftware. TUF Gaming F15 FX507 kontrol MUX Switch dapat diakses melalui aplikasi Armoury Crate. Untuk mengaktifkan MUX Switch dan beralih ke dGPU, kamu tinggal memilih mode Ultimate di Armoury Crate.

Namun, bukan itu saja kelebihan dari aplikasi ini. Dikutip dari laman ASUS, Armoury Crate juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur setelantwo-wayAI Noise-Cancelling, kontrol performa lewat preset yang disediakan, hingga kontrol performa dan putaran kipas secara manual.

Armoury Crate juga dapat memperlihatkan daftargameyang terpasang di TUF Gaming F15 FX507, sehingga kamu dapat melakukan manajemengamedan konten dengan lebih mudah.

Agar laptop ini bisa digunakan dalam waktu lama, ASUS memberikan opsiupgradeuntuk memori dan penyimpanan lewat dua slot SO-DIMM DDR5 4800MHz dan dua slot M.2 PCIe Gen4 SSD. Berkat opsi upgrade tersebut, TUF Gaming F15 FX507 bisa memiliki total memori hingga 32 GB DDR5 serta dapat menampung dua PCIe Gen4 SSD dengan kapasitas total hingga 4 TB.

Untuk mendukung performa dari CPU dan GPU, TUF Gaming F15 FX507 juga memiliki baterai berkapasitas besar, yakni 90watt hour(Whr). Kapasitas baterai ini memungkinkan laptop dapat bekerja lebih lama tanpa harus terhubung dengan sumber listrik.

PC Mark
PC Mark

Tes penggunaan baterai ASUS TUF Gaming F15 FX50.

Dikutip dari pengujian menggunakan PCMark 10 Modern Office Battery Test, TUF Gaming F15 (FX507) dapat bertahan dengan penggunaan baterai hingga 7 jam 22 menit. Berikut hasil ujibenchmarkantara TUF Gaming F15 FX507 dengan Acer Nitro 5 (2022). Keduanya ditenagai oleh CPU Intel Core i7-12700H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3050 dengan VRAM 4GB.

Cinebench
Cinebench

Skor Cinebench ASUS TUF Gaming F15 FX507.

Punya serfitikasi militer

Melengkapi spesifikasi dan fitur di atas, ASUS juga menambahkan sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL STD-810H) pada TUF Gaming F15 FX507. Melalui pengujian tersebut, TUF Gaming F15 FX507 berhasil lolos pada berbagai uji ketahanan ekstrem, mulai daridrop test, humidity test, shake test,hingga uji operasional di suhu ekstrem.

Tidak hanya itu, ASUS juga memberikan perlindungan ekstra lewat ASUS Perfect Warranty. Kamu yang membeli TUF Gaming F15 FX507 akan mendapatkan perlindungan ekstra dari kerusakan akibat kesalahan pengguna.

Baca Juga: Dampingi Lini AMD Ryzen 7000, ASUS Hadirkan 10 Varian Motherboard Baru

Untuk menikmati garansi ini, kamu hanya perlu membayar biaya perbaikan dengan biaya sebesar 20 persen dari harga TUF Gaming F15 FX507. Perlindungan ini berlaku untuk semua varian TUF Gaming F15 FX507 yang didistribusikan secara resmi di Indonesia.

Itulah empat alasan mengapa TUF Gaming F15 FX507worth ituntuk dimiliki. Bagi kamu yang ingin mengikutiserba-serbiprodukgamingdari ASUS, tedapat forum #TeamROG yang bisa diikuti melalui Discord, lewathttps://bit.ly/DiscordROGCommunityID.

Ikuti juga keseruan bermaingamedan berdiskusi bersama pengguna laptopgamingASUS lainnya diFacebook ROG Community IndonesiadanROG Community Indonesia.Yuk, segera gabung dari sekarang!

Editor : Sheila Respati