Ini Alasan Laptop TUF Gaming F15 FX507 Worth It untuk Dijadikan Hadiah Akhir Tahun

Jumat, 30 Desember 2022 | 18:24
Dok. ASUS

Saat ini, laptop gaming diminati banyak karena dinilai lebih lebih praktis dan portabel dibandingkan dengan PC ataupun game konsol.

GridGames.com -Buat kamu yang kerap bingung memilih kado akhir tahun untuk orang-orang terkasih, kamu dapat mempertimbangkan kado yang bisa mendukung hobi atau minat orang tersebut.

Misalnya, saathendak memberikan hadiah untuk pasangan yang hobi bermain game, kamu bisa membelikan laptopkhususgaming. Saat ini, laptop gaming hadir dengan berbagai spesifikasi yang makin mumpuni. Salah satunya,ASUS TUF Gaming F15FX507.

Sebagai produk khususgaming, laptop ini hadir denganhardwaregenerasi terbaru, bodi berdesain futuristik, sertafitur dan teknologi yangworth ituntuk dijadikan hadiah. Berikut empatkeunggulan dariASUS TUF Gaming F15 FX507.

Prosesor danchipgrafis generasi terbaru

Prosesor atau CPU dikenal sebagai nyawa sekaligus otak pada sebuah laptop. Memahami hal tersebut, ASUS membekali TUF Gaming F15 FX507 dengan prosesor generasi terbaru, yakni 12th Gen Intel® Core™ H-Series.

Baca Juga:Asosiasi Fintech Ungkap 7 Hal Penting Penguatan Fintech dan Ekonomi Digital 2022

Selain hadir dengan teknologi terkini, kinerja prosesor ini juga ditunjang dengan Intel® QuickSync yang dapat mengakselerasi prosesencodingvideo, serta Intel® Thread Director yang dapat mengatur kerja prosesor sehingga performanya tetap maksimal.

Selain prosesor terbaru, TUF Gaming F15 FX507 juga dibekali denganchipgrafis dari NVIDIA® GeForce RTX™ 30 Series, dengan dukunganNVIDIA® GeForce RTX™ 3070. Dukungan lain yang juga dihadirkan ASUS pada seri ini adalah sistem pendingin yang lebih baik, sertatotal graphic power(TGP) yang lebih tinggi.

Performa GPU GeForce RTX

Dukungan lain yang membuat laptop ini makin ciamik adalah penambahan RAM berteknologi baru, yakni DDR5 berkecepatan 4800MHz.Dengandukungan DDR5,TUF Gaming F15 FX507 memilikiwaktu tunggu (loading)gamelebih cepat, serta mampu menghasilkanframe rateyang lebih baik.

Sistem pendingin mumpuni

Sama sepertiponsel,laptop juga rentan mengalami overheatjika digunakan untuk bermaingamedalam waktu lama.

Baca Juga:Nextren Editorial Choice 2022 Kategori HP Hasil Foto Keren - ASUS Zenfone 9

Untuk mencegahoverheatsertapenurunanframe rateyang diakibatkannya,TUF Gaming F15 FX507 menggunakan sistem limaheatpipedari tembaga yang mampu mendinginkan CPU, GPU, serta Voltage Regulator Module (VRM).

Sistem pendingin TUF Gaming F15 FX507 dilengkapi dua kipas bertenaga 12volt,serta memiliki empat jalur pembuangan udara panas.Sistem ini juga menggunakan teknologi 0db Ambient Cooling yang memungkinkankipas untuk berhenti berputar saat suhu CPU dan GPU berada di bawah 50derajat celsius.

Dengan teknologi tersebut,CPU dan GPU pada TUF Gaming F15 FX507 tidak memerlukan kipas pendingin ketika laptop berada dalam mode biasa, sehingga bisa lebih menghematkonsumsi daya baterai.

Dibekali MUX Switch

Untuk memanjakan parapencintagame, TUF Gaming F15 FX507 dibekali denganMUX Switch yang memungkinkan laptop untuk mengubah peran antara kartu grafis terintegrasi (iGPU) denganchipgrafis diskrit (dGPU).

Baca Juga:Bingung Cari Laptop Gaming? ASUS TUF Gaming F15 FX507 Bisa Jadi Pilihan

Dengan teknologi tersebut,kamu bisa menggunakan MUX Switch untuk menonaktifkan GPU bawaan Intel dan menggantinya dengan GPU NVIDIAsaat ingin mendapatkan kualitas grafis yang lebih baik.

MUX Switch bisa dimanfaatkan untuk mematikan GPU NVIDIA dan menggantinya dengan GPU bawaan Intel ketika ingin menghemat konsumsi daya baterai saat laptop digunakan.

Menariknya, MUX Switch diciptakan menggunakan chip fisik,sehingga performa fitur ini tidak dipengaruhi olehsoftware. Pada TUF Gaming F15 FX507, kontrol MUX Switch dapat diakses melalui aplikasi Armoury Crate.

Untuk mengaktifkan MUX Switch dan beralih ke GPU, kamuhanya perlumemilih mode Ultimate di Armoury Crate.

Agarpenggunadapat menampung banyakgame, ASUS memberikan opsiupgradeuntukmemori dan penyimpanan lewat duaslotSO-DIMM DDR5 4800MHz dan duaslotM.2 PCIe Gen4 SSD.

Baca Juga:Samsung Galaxy S24 Ultra Dirumorkan Bawa Peningkatan Kamera Telefoto

Berkat opsiupgradetersebut, TUF Gaming F15 (FX507) bisa memiliki total memori hingga 32 GB DDR5 serta dapat menampung dua PCIe Gen4 SSD dengan kapasitas total hingga 4 TB.

Untuk mendukung performa dari CPU dan GPU, TUF Gaming F15 FX507 juga memiliki baterai berkapasitas besar, yakni 90watt hour(Whr). Kapasitas baterai ini memungkinkan laptop dapat bekerja lebih lama tanpa harus terhubung dengan sumber listrik.

Dok. Asus

Hasil pengujian menggunakan PCMark 10, , ASUS TUF Gaming F15 FX507 dapat bertahan dengan penggunaan baterai hingga 7 jam 22 menit.

Berdasarkan hasilpengujian menggunakan PCMark 10 Modern Office Battery Test, TUF Gaming F15 FX507 dapat bertahan dengan penggunaan baterai hingga 7 jam 22 menit.

Berikut hasil ujibenchmarkantara TUF Gaming F15 (FX507) dengan Acer Nitro 5 (2022). Keduanya ditenagai oleh CPU Intel Core i7-12700H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3050 dengan VRAM 4GB.

Armoury Crate dan sertifikasi militer

Seperti disebutkan sebelumnya,TUF Gaming F15 FX507 hadir dengan aplikasi Armoury Crate untuk mengubah setelan GPU yang akan digunakan. Namun, bukan itu saja kelebihan dari aplikasi ini.

Dikutip dari laman ASUS, Armoury Crate juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur setelantwo-wayAI Noise-Cancelling, kontrol performa lewat preset yang disediakan, hingga kontrol performa dan putaran kipas secara manual.

Armoury Crate juga dapat memperlihatkan daftar game yangterpasang di TUF Gaming F15 FX507, sehingga kamu dapat melakukan manajemengamedan konten dengan lebih mudah.

Tidak hanya mumpuni dari segi fitur dan teknologi, TUF Gaming F15 FX 507 juga memilikisertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL STD-810H).TUF Gaming F15 FX507 berhasil lolos pada berbagai uji ketahanan ekstrem, mulai daridrop test, humidity test, shake test,hingga uji operasional di suhu ekstrem.

Tidak hanya itu, ASUS juga memberikan perlindungan ekstra lewat ASUS Perfect Warranty. Kamu yang membeli TUF Gaming F15 FX507 akan mendapatkan perlindungan ekstra dari kerusakan akibat kesalahan pengguna.

Untuk menikmati garansi ini, kamu hanya perlu membayar biaya perbaikansebesar 20 persen dari harga TUF Gaming F15 FX507. Perlindungan tersebut berlaku untuk semua varian TUF Gaming F15(FX507) yangdidistribusikan secara resmi di Indonesia.

Itulah empat alasan mengapa TUF Gaming F15 FX507 worth ituntuk kamu jadikan hadiah atau kamu miliki sendiri. Bagi kamu yang ingin mengikutiserba-serbiprodukgamingdari ASUS,kamu dapat mengikutiforumDiscord#TeamROGmelaluihttps://bit.ly/DiscordROGCommunityID.

Ikuti juga keseruan bermaingamedan berdiskusi bersama pengguna laptop gaming ASUS lainnya diFacebook ROG Community IndonesiadanROG Community Indonesia.Yuk, segera gabung dari sekarang!

Editor : Wandha Nur Hidayat