Follow Us

Wadah Pecinta Game Indonesia di Ajang Marketplace Game Pasar idEA

Rian Sidik - Jumat, 23 Agustus 2019 | 19:30
Perkembangan Industri Game di Indonesia Semakin Pesat
Doc. Pasar idEA

Perkembangan Industri Game di Indonesia Semakin Pesat

GRIDGAMES.ID - Perkembangan industri game semakin mengalami tren positif. Situs esports internasional Newzoo merilis, nilai pasar game global akan mencapai angka US$152 miliar (sekitar Rp2,15 kuadriliun) pada 2019. Angka ini meningkat 9,6% dibandingkan tahun sebelumnya.

Di Indonesia sendiri pendapatan untuk industri game pada 2018 mencapai USD 87,9 juta atau setara dengan Rp13 triliun.

Jumlah ini bertambah Rp1 triliun lebih banyak dibandingkan dengan 2017. Sementara itu Agus Honggo Widodo selaku Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia (SMII) menyebut, omset industri gim daring di Indonesia telah mencapai 10 triliun rupiah.

Hal ini tidaklah berlebihan, menasbihkan Indonesia menjadi negara dengan pasar industri game terbesar ke-16 di dunia sekaligus terbesar di Asia Pasifik.

Peringkat ini mengalahkan angka yang diraih oleh Tiongkok dan India sebagai negara dengan jumlah pemain game terbesar.

Hal ini tak terlepas dari tingginya minat masyarakat terhadap dunia game, terlebih setelah e-sports dipertandingkan sebagai eksibisi di Asian Games 2018 di Jakarta.

Baca Juga: Ternyata Turnamen E-Sports Ada Mafia Skor Juga, Ini Buktinya!

Sampai saat ini setidaknya ada 43,7 juta orang atau 16,7% dari total keseluruhan penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 260 juta jiwa menjadi pemain game.

Sejak itu bibit-bibit baru sebagai atlet e-sports serta berbagai turnamen e-sports pun bermunculan.

Pada waktu bersamaan, bisnis games juga tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. Mereka saling adu keunikan, keseruan, kelengkapan fitur hingga kemudahan untuk para pengguna

Presiden Joko Widodo sendiri bahkan memberikan perhatian khusus. Di bawah kepemimpinannya, ia berencana untuk membuat regulasi serta membangun berbagai infrastruktur digital seperti broadband, palapa ring dan jaringan 5G.

Betapa potensialnya industri game di tanah air tak disia-siakan begitu saja oleh para marketplace.

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest