Follow Us

Elden Ring Sabet Gelar Game of the Year di Japan Game Awards 2022

Khoiruddin Yusup - Jumat, 16 September 2022 | 11:15
Poster Elder Ring 2022
walkovr

Poster Elder Ring 2022

GridGames.ID - Elden Ring memenangkan gelar pertamanya sebagai Game of The Year (GOTY) pada acara Japan Game Awards 2022 yang digelar pada Kamis, 15 September 2022.Hal ini diumumkan oleh FromSoftware sebagai pengembang game ini dalam tweetnya yang berterima kasih kepada para fans Elder Ring karena telah setia memainkan game tersebut.

Tak sedikit penggemar yang menganggap gelar Game of The Year ini terlihat diberikan terlalu awal. Namun, sebenarnya hal ini dikarenakan rentang waktu diadakannya acara Japan Game Awards.

Baca Juga: It Takes Two Jadi Game of The Year, Ini Pemenang The Game Awards 2021Di Jepang, penghargaan ini biasanya diadakan dalam rentang waktu April - Maret.Berbeda dengan penghargaan game biasa yang sering diadakan pada Januari - Desember.Itu artinya, Elden Ring masuk dalam kriteria penghargaan karena dapat masuk di periode 2022 lebih dari sebulan. Prestasi ini dikabarkan akan jadi yang pertama untuk Elden Ring dari sekian banyak kategori di acara tersebut. Kesuksesan game ini membuat hype dan penantian game barunya meningkat.Hal ini juga sangat berpengaruh secara komersil terhadap penjualan game.

Baca Juga: Red Dead Redemption 2 Jadi Game of the Year Versi Steam AwardsKeseriusan dan perjuangan berat pun harus dilalui dalam pembuatan game ini dikala masa pandemi yang cukup lama. Tidak mengherankan kalau Elder Ring menjadi game yang sangat menonjol pada tahun 2022 bersamaan dengan game-game kenamaan lain, seperti God of War: Ragnarok yang juga rilis tahun ini. Japan Game Awards sendiri adalah acara penghargaan dalam industri video game Jepang yang telah diadakan oleh CESA (Computer Entertainment Supplier's Association) sejak 1996.

Beberapa game terkenal seperti Sakura Wars (1996), Final Fantasy VII (1977), The Legend of Zelda: Ocarina of Time (1998) pernah menang sebagai GOTY di awal diadakannya penghargaan ini.

Baca Juga: PlayStation Umumkan Daftar Judul Pemenang Game Of The Year 2020

Sebelumnya, pada 2021 Ghost of Tsushima bersama dengan Monster Hunter Rise menjadi pemenang dalam penghargaan ini. Meskipun begitu, penghargaan GOTY ini bukan hanya untuk developer jepang. Game garapan developer di luar Jepang seperti Call of Duty: Vanguard besutan Sledgehammer Games juga menang dalam kategori karya luar negeri. (*)

Source : Games Radar+

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya

Latest