Kondisi Pasar Gamer di Indonesia Saat ini dan Proyeksinya ke Depan

Rabu, 23 Oktober 2019 | 12:30
Dok. MPL ID S4

EVOS Esports di MPL ID Season 4

GridGames.ID - Grand Final MPL Indonesia Season 1 yang diselenggarakan pada 1 April 2018 silam,berhasil mengejutkan banyak pelaku industri di Indonesia.

Panggung utama liga profesional untuk Mobile Legends yang kala itu juga dihadiri Zulkifli Hasan (Ketua MPR periode 2014-2019) berhasil membuat Mall Taman Anggrek penuh sesak dengan para gamer.

Turnamen Mobile Legends berskala nasional tersebut juga masih menghadirkanpara fans fanatik game besutan Moonton dimusim-musim berikutnya.

Cerita tadi memang masih hanya menunjukkan secuil dari maraknya perkembangan industri game dan eSports di Indonesia karena memang masih ada game lain selain Mobile Legends.

Namun demikian, mengingat turnamen MPL ID dan game Mobile Legends memang bisa dianggap sebagai trendsetter di industri eSports dan game Indonesia saat ini.

Doc. GridGames
Amalia Septiani

Grand final MPL ID Season 3, Onic eSports vs Louvre eSports

Baca Juga: Goks! Jumlah Lapangan Kerja di Industri e-Sports Meningkat 185 Persen

Perkembangan eSports Di Masa Depan

DANA, sistem pembayaran non-tunai baru yang juga menjadi sponsor dari MPL ID Season 4, melihat peluang besar dari pasar gamer di Indonesia.

Menurut mereka, online gaming telah menjadi komunitas dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

Sebelumnya, komunitas ini terlalu tersegmentasi, dengan sebagian besar penggunanyaadalah cowok, namun sekarangsudah jauh lebih luaske cewek, bahkanorang tua yang juga bisa masuk dalam kategori ini.

Itulah sebabnya pasar ini menjanjikan bagi kita karena pertumbuhannya yang begitu cepat.

Selain perkembangan yang begitu cepat, pasar gamer juga harusnya sudah nggak asing lagi dengan perkembangan teknologi dan karena itulah, pasar gamer juga seharusnya lebih mudah beralih ke cashless society.

Menurut DANA, seenggaknya ada 42,9 juta gamer yang ada di Indonesia saat ini dan padahal, di 2015, hanya ada setengah dari jumlah tersebut dan5 tahun lagi, menurut prediksi mereka, angka gamer tadi akan meningkat jadi 3 kali lipat.

iStockphoto
SeventyFour

Ilustrasi gamers

Baca Juga: 6 Pilihan Profesi di Industri eSport yang Bisa Ditekuni Milenial

Hal ini bisa terjadi berkat online gaming yang akan lebih terjangkau dan dekat dengan masyarakat.

Ditambah lagi, eSports akan jadi ajang kompetitif yang lebih populer sehingga mampu memberikan dampak yang lebih besar lagi.

Menurut data dari Moonton, pengguna aktif bulanan (Monthly Active User) game ini di Indonesia mencapai 31 juta orang dimanaangka ini memang belum menghitung pengguna game lainnya.

Namun mengingat sampai hari ini, Mobile Legends masih jadi salah satu game paling populer di Indonesia, seenggaknya angka tersebut bisa jadi gambaran tentang seberapa besar pasar gamer di Indonesia, guys!

Relevansi eSports Dalam Mengembangkan Industri Game di Indonesia

Ada 2 peran besar dari eSports dalam mengembangkan industri game di Indonesia.

Menurut DANA kembali, tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh industri game di tanah air adalah soal persepsi publik yang masih negatif terhadap kegiatan bermain game.

Dalam hal mengubah paradigma negatif inilah esports dapat berperan besar.

Pasalnya, salah satu cara paling efektif untuk mengkomunikasikan sisi positif dari bermain game adalah dengan menunjukkannya langsung kepada para orang tua.

Baca Juga: Terungkap! Masa Depan Industri Game dan eSport akan Semakin Cerah

Dari ajang kompetitif Mobile Legendsmisalnya, Muhammad Ikhsan atau yang biasa lebih dikenal dengan Lemon adalah salah satu contoh bagaimana esports dapat menghantarkannya meraih banyak prestasi dan jugaJessNoLimit pun menjadi bintang baru di YouTube juga berkat MLBB.

instagram.com/ikhsan_lemon
instagram.com/ikhsan_lemon

RRQ Lemon

Selain dua nama tadi, masih banyak lagi nama-nama pemain lain yang berhasil menjadikan esports sebagai sebuah jalan baru menuju kesuksesan.

Dengan esports, para orang tua bisa melihat langsung bagaimana anak-anaknya jadi punya fokus dan tujuan untuk berjuang; demi diri sendiri, keluarga, ataupun orang-orang di sekitarnya.

Selain berguna mengubah paradigma publik, ambisi para gamer untuk masuk dalam jajaran pemain paling bergengsi (yang biasanya hanya 1% dari total gamer) juga berguna menjadi penggerak industri ini.

Ambisi untuk mengejar kebanggaan ataupun kemewahan yang dikenalkan oleh esports menjadi motor baru buat pasar gamer yang sebelumnya hanya menjadikan kegiatan bermain sebagai salah satu bentuk hiburan, seperti menonton film ataupun mendengarkan musik.

Hasrat kompetitif yang tadinya mungkin absen di pasar gamer jadi muncul dengan ekosistem esports yang juga berkembang pesat di Indonesia, padahal hasrat kompetitif alias gengsi itu yang mampu mendongkrak daya beli pasar, di banyak industri.

Baca Juga: Goks! Industri Mobile Gaming Meningkat ketika Bisnis Smartphone Lesu

Peluang eSports Di Masa Mendatang

Menurut data yang dirilis oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), pengguna internet di Indonesia saat ini sudah mencapai 171,17 juta jiwa atau 64,8% dari total penduduk Indonesia yang saat ini ada di angka 264 juta.

Dengan asumsi semua gamer juga terhubung dengan internet, menurut gabungan data dari APJII dan DANA tadi, hal ini berarti baru 24% dari pengguna internet yang masuk ke pasar gamer.

gadgetmatch.com
gadgetmatch.com

Ilustrasi Game Mobile Legends

Melihat angka tersebut, potensi pasar gamer di masa mendatang berarti masih sangat besar karena ada dua faktor besar.

Pertama, angka penetrasi internet di Indonesia tahun ini meningkat 10% dari tahun 2018 yang berkemungkinan besar, jumlah pengguna internet di Indonesia ke depan juga akan meningkat.

Andai kata persentase antara jumlah pengguna internet di Indonesia dan jumlah gamer masih sama, tetap saja akan ada peningkatannya setiap tahunnya.

Kedua, perbandingan antara jumlah pengguna internet di Indonesia dengan jumlah gamernya juga kemungkinan besar bertambah mengingat generasi-generasi baru nantinya sudah terpapar teknologi (termasuk game) sejak dini.

aroundtheworlin80jobs.com
aroundtheworlin80jobs.com

Gamer

Baca Juga: Garena Free Fire Berkomitmen Melahirkan Atlet Esports Berprestasi

Akhirnya, pasar gamer di Indonesia saat ini mungkin memang baru 24% dari total pengguna internet dan 9% dari total penduduk.

Namun angka tersebut seharusnya meningkat otomatis seiring dengan peningkatan penetrasi internet, penambahan infrastruktur, dan pengenalan teknologi.

Ambisi dan mimpi yang ditawarkan oleh esports juga akan berpengaruh besar dalam mendongkrak pertumbuhan pasar ini, selama ekosistemnya memang dapat dijaga keberlangsungannya.(*)

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya