PUBG Mobile Kenalkan Fitur Baru 'Healthy Gameplay System' di Indonesia

Selasa, 21 Juli 2020 | 13:00

PUBG Mobile

GridGames.ID - Kabar terbaru datang dari salah satu game mobile terpopuler di Indonesia, PUBG Mobile.

Kali ini, game yang mengusung genre Battle Royale tersebut memperkenalkan sebuah fitur baru bernama Healthy Gameplay System.

Fitur baru tersebut akanmemberikan pengalaman terbaik bagi para penggemar dan komunitas PUBG Mobile di Indonesia untuk bisa menikmati permainan yang intensif dan kompetitif secara seimbang dan bertanggung jawab.

Baca Juga: Nggak Cuma Map Livik, PUBG Mobile Hadirkan Fitur Baru di Update 0.19.0

Healthy Gameplay System sebelumnya telah diuji coba di India sejak Maret 2020 lalu dan kini resmi hadir di Indonesia.

Fitur ini berisikan pesan peringatan terkait lamanya waktu bermain dan merupakan sebuah peringatan kesehatan (health reminder) agar para pemain memberi istirahat yang cukup bagi tubuhnya.

Intinya, pihak PUBG Mobile mengajak para pemain setianya agar nggak berlebihan dalam menghabiskan waktu ketika bermain game ini.

Head of PUBG MOBILE eSports Asia Tenggara, Gaga Lie mengungkapkan, “Kami memperkenalkan sistem gameplay yang sehat di Indonesia untuk mempromosikan game yang seimbang dan bertanggung jawab, termasuk membatasi waktu bermain untuk pemain di bawah umur.”

Baca Juga: Berkolaborasi dengan Yamaha, PUBG Mobile Hadirkan 2 Kendaraan Baru

Berikut adalah tahapan dalam menggunakan fitur “Healthy Gameplay System” di PUBG Mobile:

Fitur Healthy Gameplay System PUBG Mobile

Pada saat login untuk bermain PUBG Mobile di smartphone, fitur “Healthy Gameplay System” akan muncul dan menanyakan apakah usia calon pemain dibawah 18 tahun.

Calon pemain harus menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’, yang kemudian akan diikuti oleh sebuah catatan mengenai hal bermain game yang sehat.

Selanjutnya, calon pemain akan diminta untuk membaca catatan tersebut secara rinci dan mengkonfirmasi bahwa ia telah mengerti apa yang telah dibacanya.

Baca Juga: PUBG Mobile Punya Mekanisme Anti-Cheat Baru yang Melawan Pengintai

Fitur “Healthy Gameplay System” akan bekerja dalam 2 sistem pengingat waktu yang berbeda. Pertama, apabila pemain telah bermain selama total 4 jam dalam sehari, maka pemain yang berusia diatas 18 tahun, dapat terus melanjutkan permainannya.

Namun apabila pemain berusia dibawah 18 tahun, maka notifikasi akan muncul selama 5 detik dan mendorong pemain untuk beristirahat sebelum melanjutkan ke permainan berikutnya.

Bagi pemain yang masih ingin melanjutkan permainan, dapat menutup notifikasi tersebut dan notifikasi akan kembali muncul dalam 1 jam kedepan dan kembali menyarankan pemain untuk beristirahat terlebih dahulu.

Baca Juga: Simak! Tips Dan Trik Cara Rotasi Yang Benar di Game PUBG Mobile

Kedua, apabila pemain telah bermain selama total 6 jam dalam sehari, untuk pemain yang berusia diatas 18 tahun atau lebih, akan mendapat notifikasi selama 5 detik, yang mengingatkan pemain untuk mengambil waktu istirahat.

Namun, apabila ia masih mampu bermain, maka ia dapat menutup notifikasi tersebut dan terus bermain.

Notifikasi akan kembali muncul dalam 2 jam kedepan dan kembali menyarankan pemain untuk beristirahat terlebih dahulu.

Baca Juga: Wajib Tau! 5 Tempat Looting Terbaik di Vikendi Season 13 PUBG Mobile

Untuk pemain berusia di bawah 18 tahun, notifikasi akan muncul setiap dua jam mulai dari jam keenam dan seterusnya.

Sistem akan meminta pemain untuk beristirahat selama lima belas menit sebelum melanjutkan untuk bermain lagi.

Apabila pemain masuk lagi dalam waktu kurang dari lima belas menit sejak notifikasi peringatan diberikan, maka pemain nggak bisa bergabung dalam permainan dan harus menunggu hingga lima belas menit tersebut usai.

Baca Juga: Susah Push Rank? Simak Meta Gameplay PUBG Mobile Season 13 Ini!

Tujuan dari diaktifkannya fitur “Healthy Game System” adalah selain untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para pemain, juga menunjukkan kepedulian Tencent Game.

Pihaknya peduli terhadap kesehatan para penggemar dan komunitas PUBG Mobile di Indonesia, untuk bijak mengatur waktu dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri ketika bermain. (*)

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya