Supaya Anti-Lag Saat Main, Ponsel Gaming Harus Punya Kritera Penting Ini

Jumat, 11 Desember 2020 | 21:43

GridGames.ID – Saat ini, bermain game tidak hanya bisa dilakukan di komputer saja, tetapi juga bisa lewat ponsel.

Terlebih, bermain game di ponsel atau game mobilelebih praktis karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Namun, untuk memainkan game mobile, dibutuhkan ponsel yang memiliki performa canggih dan mumpuni.

Jika tidak, kemungkinan akan sering terjadi lag atau eror di tengah-tengah game. Ujung-ujungnya, kamu akan merasa greget sendiri.

Baca Juga: Lagi Main Crash dan Error? Ini Cara Perbaiki PUBG Lite yang Error!

Nah, supaya aktivitas main game-mu semakin seru dan lancar, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki ponsel. Apa saja kriterianya? Ini penjelasannya.

Kapasitas RAM

Pada dasarnya, random access memory (RAM) adalah ruang penyimpanan untuk berbagai data aplikasi yang aktif di dalam ponsel.

Untuk kebutuhan game, tentunya diperlukan RAM yang lebih besar dibandingkan pada ponsel biasa.

Sebab, semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki ponsel, kualitas tampilan atau grafis pada game akan semakin bagus. Selain itu, performa kecepatan game juga akan meningkat sehingga risiko terjadinya lag sangat kecil.

Baca Juga: Harus Tau! Ini Dia 10 Fitur Utama yang Ada di PUBG Mobile Lite

Layar yang sesuai

Meski tidak berpengaruh pada performa game, memiliki layar yang sesuai bisa memberikan pengalaman gaming yang lebih seru.

Oleh karenanya, kamu harus bisa mengira berapa ukuran layar yang optimal untuk memainkan game kesukaanmu.

Semakin besar layar ponsel, tentunya tampilan game terlihat lebih jelas. Jangan lupa, pastikan ponsel memiliki fitur high-definition atau HD pada layarnya supaya gambar yang dihasilkan jernih.

Kapasitas baterai yang besar

Tentu kamu sering mendengar larangan bermain game sambil mengisi baterai.

Baca Juga: Tips dan Trik Menjadi Mid Laner di League of Legends: Wild Rift!

Hal itu benar, karena bisa membuat ponsel jadi sangat panas dan berisiko merusak perangkat internal ponsel. Maka dari itu, solusinya adalah pilih ponsel yang memiliki kapasitas baterai yang besar.

Kamu bisa memilih ponsel dengan kapasitas baterai di atas 4000mAh. Dengan begitu, baterai lebih tahan lama dan bisa digunakan untuk bermain game hingga berjam-jam.

Gaming prosesor yang canggih

Chipset atau prosesor di dalam ponsel berfungsi seperti otak. Alat ini yang mengatur kinerja semua komponen ponsel.

Oleh karenanya, semakin bagus prosesor yang digunakan, semakin baik pula performa ponsel saat menjalankan game, termasuk game yang berat.

Baca Juga: Auto-Refreshing, Ini Daftar Game Virtual yang Seru Kamu Mainkan

Saat ini, banyak ponsel yang sudah dilengkapi gaming prosesor canggih yang bisa mempercepat pemrosesan game, mulai dari memperindah grafis hingga menambah efek saat bermain game.

Nah, itulah kriteria yang perlu dimiliki ponselmu supaya aktivitas bermain game semakin terasa menyenangkan.

Mungkin, semua fitur canggih itu terdengar seperti fitur yang hanya tersedia di ponsel mahal. Padahal, kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai 1juta-an saja.

Ponsel canggih yang menawarkan harga affordable tersebut bisa kamu dapatkan di produk Realme, misalnya seperti Realme series C11, series C15, dan Realme Narzo 20 Pro.

Baca Juga: Lagi Viral! Apakah Realme 3 Pro Benar-Benar Bisa Memainkan Fortnite?

Keduanya menawarkan fitur layar yang disertai efek full-HD yang membuat tampilan layar begitu jernih, disertai desain layar yang mulus dan sesuai untuk gaming.

Realme series C11 dan C15 juga memiliki kapasitas baterai yang besar hingga 5000 mAh. Sementara, Realme Narzo 20 Pro dilengkapi kapasitas baterai yang lebih besar, yakni 6000 mAh.

Ketiga series Realme tersebut dilengkapi dengan gaming prosesor Helio G35 yang bisa secara otomatis mengaktifkan konkurensi Wi-Fi ketika sinyal melemah, sehingga mencegah terjadinya koneksi putus saat bermain game.

Nah, kamu tidak perlu ragu soal bajet dan harga jika membeli produk Realme melalui e-commerce terpercaya seperti Lazada.

Terlebih, saat ini Lazada sedang mengadakan festival belanja akhir tahun bertajuk Lazada 12.12 Garbolnas - Tiga Hari Belanja Online Nasional yang akan berlangsung dari tanggal 12 - 14 Desember 2020.

Baca Juga: Mengenal Custom Rom dan Kernel Android, HP Kentang Wajib Baca!

Khusus untuk pembelian produk Realme, kamu akan mendapatkan diskon 30 persen hingga 1juta beserta hadiah ratusan juta rupiah!

Tidak hanya itu, kamu berkesempatan memenangkan cashback hingga 100 persen. Pembelian pun lebih hemat, karena akan ada voucher diskon hingga 90 persen dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

Setiap harinya, akan ada Crazy Flash Sale dengan potongan harga hingga 50 persen. Kamu bisa mendapatkan produk Realme pilihan yang sesuai dengan kebutuhan gamingmu.

Jangan sampai ketinggalan, sebab promo ini berlangsung hanya sampai 14 Desember 2020 saja. Segera kunjungi laman resmi Lazada atau download aplikasi Lazada di ponselmu!

Editor : Sheila Respati