Follow Us

Mengenal Custom Rom dan Kernel Android, HP Kentang Wajib Baca!

Teguh Wicaksana - Minggu, 11 Oktober 2020 | 20:42
Ilustrasi Android.
Pixabay

Ilustrasi Android.

GridGames.ID - Hallo sobat gamer yang budiman, kalian tau nggak sih kalo bermain game mobile itu nggak harus memiliki HP dengan spesifikasi tingkat dewa?

Dan pernah nggak kalian berfikir kalo device atau HP yang kalian gunakan itu tergolong kentang atau sering lagging saat bermain game berat, seperti PUBG Mobile.

Ada banyak faktor loh yang mempengaruhi FPS Drop atau lagging ketika bermain game, mulai dari spesifikasi device hingga koneksi.

Nah, gamer sendiri pernah nggak mendengar kata 'Custom Rom' dan 'Kernel' yang ada pada device kalian?

Baca Juga: Audio di Video Game Kini Sering Kali Terdengar Dalam Konten TikTok

Bingung ya? Tenang, GridGames bakal jabarin kok apa yang dimaksud dari kedua istilah tersebut, khususnya buat pengguna device atau HP kentang, yuk simak!

1. Custom Rom

Android Custom Rom
jihosoft

Android Custom Rom

Custom Rom adalah istilah kebalikan dari Stock Rom, perbedaanya terletak pada hasil akhir yang didapatkan oleh pengguna.

Stock Rom sendiri adalah sistem operasi yang biasanya diberikan dari pihak pertama pabrikan device kalian, seperti contohnya MIUI pada Xiomi.

Back to the topic, untuk Custom Rom sendiri adalah sebuah Rom yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk mendapatkan performa berbeda pada Android.

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest