Terungkap! Inilah Alasan Kenapa Skin Apex Legends Sangat Mahal

Senin, 24 Mei 2021 | 21:35
Respawn

Ilustrasi skin berbayar di Apex Legends

GridGames.ID -Pertanyaan sekaligus keluhan para pemain Apex Legends terkait harga skin atau kosmetik Apex Legends akhirnya dapat terjawab.

Pekan lalu, Respawn Entertainment sebagai pengembang Apex Legends secara terang-terangan menjelaskan beberapa alasan mahalnya skin Apex Legends.

Respawn memberikan penjelasan tentang alasan mahalnya skin Apex Legends melalui direktur komunikasinya yang bernama Ryan K Rigney beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Respawn dan EA Bekerja Sama Buat Ekosistem eSports Apex Legends Mobile

Keluhan dan pertanyaan tentang mahalnya skin Apex Legends berawal dari forum Apex Legends di Reddit.

Dalam forum tersebut pemain mempertanyakan dan mengeluhkan harga skin premium yang rata-rata dibanderol dengan nilai 1800 Apex Coins atau sekitar Rp 260 ribu.

"Saya paham bahwa anda (Respawn) harus mampu memperoleh keuntungan optimal dari game anda, namun harus ada cara untuk mencegah pemain merasa ditipu ketika mereka membeli skin Apex Legends." ujar akun Reddit x5hadau.

Pemain Apex Legends juga menganggap bahwa nominal Rp 260 ribu merupakan harga yang terlalu mahal bagi satu skin premium Apex Legends.

Selain itu, pemain Apex Legendsmempertanyakan apakah Respawn akan merilis skin yang lebih terjangkau bagi seluruh pemainnya.

Dalam sesi tanya jawab, Ryan K Rigney memberikan beberapa alasan mengapa skin dan konten tambahandi Apex Legends terarsa sangat mahal.

Pertama,Respawnmembutuhkan biaya dan waktu yang besar untuk mengembangkan gameplay dan skinApex Legends.

"Banyak orang mengira bahwa kami (Respawn) dapat membuat skin dengan mudah dan cepat, namun kenyataannya adalah tim kami jauh lebih kecil dan menghabiskan banyak waktu untuk membuat skin." ujar Rigney di acara tanya jawab bersama fans Apex Legends.

Kedua, Respawn mengaku bahwa mereka tak bisa bekerja dengan sistem 24/7 karena beberapa permasalahan yang dialami perusahaan.

Sehingga, pembuatan skin dan kosmetik Apex Legends lebih lambat dan mahal jika dibandingkan dengan game lain.

Selain itu, ada pula faktor seperti penghargaan konsep, ide, kreasi, dll yang membutuhkan banyak biaya.

Baca Juga: Update Terbaru Apex Legends Nerf 2 Senjata Over Power, Hati-Hati!

Rigney juga mengungkapkan bahwa timRespawn memiliki keinginan yang besar untuk memuaskan seluruh pemain Apex Legends.

Respawn mengklaim bahwa mereka membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mampu memberi skin dan kosmetik dengan harga terjangkau kepada para pemain Apex Legends.

Apex Legends
Apex Legends

Skin Legendary Valkyrie

Untuk saat ini, Respawn tengah berjuang menyeimbangkan antara kepentingan perusahaan dan permintaan penggemar.

Respawn menyadari bahwa perusahaan masih harus tetap berjuang agar mampu bertahan dari persaingan industri game global.

Di sisi lain, perusahaan juga ingin komunitas yang telah mereka bangun di game Apex Legends tetap loyal terhadap mereka.

"Ada banyak yang diinginkan oleh pemain Apex Legends, ada banyak pula yang ingin kami (Respawn) berikan kepada mereka. Tapi, kami tak dapat memberikannya sebelum bisnis kami berjalan sehat." ujar Rigney sebagai direktur komunikasi Respawn Entertainment.

Baca Juga: Apex Legends Mobile Buka Tahap Early Access ke Sejumlah Negara Asia

Keberanian Respawn dalam menanggapi pertanyaan dan keluhan pemain tentang harga skin yang mahal perlu diapresiasi.

Karena, tak semua pengembang game mau membocorkan informasi tentang keuangan game terhadap para penggemarnya.

Bagaimana pendapatkalian tentang klarifikasi Respawn terhadap keluhan skin Apex Legends yang mahal ini? Bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya! (*)

Editor : Kama

Baca Lainnya