Friendly Match Lokapala Hadir di Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:00
Instagram/lokapala_moba

Lokapala

GridGames.ID - Game PUBG Mobile secara resmi diumumkan bakal dipertandingkan dalam Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021.

Pengumuman tersebut dikabarkan langsung oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) sebagai regulator dan penyelenggara eksibisi esports dalam Pekan Olahraga Nasional.

Seperti yang dikabarkan, sebelumnya ekshibisi esports PON XX Papua 2021 hanya mempertandingkan 3 game, yakni Mobile Legends: Bang Bang, eFootball PES 2021 dan Free Fire.

Baca Juga: Game PUBG Mobile Resmi Hadir Pada Eksibisi Esports PON XX Papua 2021!

Menariknya, seiring pengumuman PUBG Mobile masuk ke ekshibisi esports pada 24 Agustus lalu, diselenggarakan pula pertandingan persahabatan game Lokapala: Saga of the Six Realms.

PBESI

Pengumuman pertandingan persahabatan Lokapala di ekshibisi esports PON XX Papua 2021

Tentunya, pertandingan persahabatan Lokapala tersebut sangat ditunggu-tunggu banyak gamers di Indonesia.

Lokapala sendiri merupakan game online bergenre MOBA yang merupakan game karya pengembang asli Indonesia, Anantarupa Studios.

Baca Juga: Kompetisi Esports Perdana di PON XX Papua 2021 Siap Torehkan Sejarah

Beragam konten di Lokapala seperti karakter, skin dan event banyak terinspirasi dari budaya lokal asli Indonesia.

Nggak cuma sekedar bermain game, Lokapala juga bisa menjadi edukasi budaya Indonesia untuk para pemainnya.

Aspirasi komunitas Lokapala yang tinggi, turut mendapat dukungan kuat dari pemerintah untuk memajukan industri game lokal.

Hal tersebut menjadi alasan diselenggarakannya pertandingan persahabatan Lokapala bersamaan dengan ekshibisi esports PON Papua XX 2021.

Baca Juga: Bocoran Roster Tim Mobile Legends PON Jabar, Ada Udil dan R7?

“Masuknya Lokapala sebagai friendly match atau laga persahabatan dalam Ekshibisi PON ke XX di Papua tahun 2021, tak lepas dari aspirasi dan antusiasme gamers esports yang ingin game lokal ini dihadirkan. Hal ini juga merupakan realisasi dukungan PBESI terhadap industri pengembangan game lokal. Kami percaya, industri game nasional memiliki potensi yang besar untuk go internasional, sehingga harus selalu kita dukung bersama,” ujar Ketua Harian PBESI Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum.

Anantarupa Studios sebagai pengembang game Lokapala juga sudah menyatakan komitmen penuhnya untuk mendukung gelaran ini.

CEO Anantarupa Ivan Chen menyatakan, "Sayamewakili segenap tim pengembang Lokapala berterimakasih kepada PBESI atas dukungannya terhadap Lokapala, game esports pertama buatan Indonesia sehingga Lokapala digunakan untuk pertandingan persahabatan dalam ekshibisi esports PON XX Papua. Jika PON pertama di Surakarta untuk menunjukkan kedaulatan Indonesia di mata dunia, maka hadirnya pertandingan persahabatan Lokapala bersamaan dengan diselenggarakannya ekshibisi esports PON XX Papua merupakan sebuah pernyataan bahwa Indonesia juga berdaulat di dalam industri game esports."

Baca Juga: Inilah Syarat Bagi Gamer Profesional yang Ingin Ikut PON Papua XX 2021

Pertandingan persahabatan game Lokapala dijalankan dalam format turnamen nasional.

Pendaftaran babak kualifikasi Pertandingan Persahabatan Lokapala sudah dibuka pada 22 Agustus 2021 di platform Garudaku.com.

Pertandingan persahabatan Lokapala sendiri akan berlangsung pada tanggal 6-7 September 2021.

Nah, untuk mempermudah pendaftaran, tim yang mendaftar diperbolehkan berasal dari provinsi yang berbeda.

Nantinya, finalis akan diberangkatkan ke Papua untuk memperebutkan hadiah total Rp200 juta.

Baca Juga: Inilah Daftar 3 Game yang Bakal Dipertandingkan di PON XX Papua 2021!

Kehadiran esports sebagai cabor ekshibisi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 itu sendiri merupakan sebuah sejarah.

Tahun ini merupakan pertama kalinya esports dipertandingkan sebagai sebuah cabang olahraga di PON.

Sebelumnya, PBESI juga telah mengumumkan tiga game yang telah disebutkan di atas dalam Press Conference hari Rabu (18/8) lalu. Namun, dalam rangka menyambut aspirasi gamers Indonesia dan sekaligus untuk menjaring lebih banyak atlet berprestasi di bidang Esports, PBESI mengikutsertakan PUBG Mobile dalam ekshibisi Esports pada PON ke XX.

Baca Juga: Resmi! Esports Jadi Cabang Olahraga Eksibisi di PON XX Papua 2021

Seperti yang diketahui PUBG Mobile merupakan salah satu game battle royale populer di dunia.

Aswin Atonie, Country Manager Tencent Games menyatakan, “kami sangat mengapresiasi PBESI yang telah membantu esports untuk pertama kalinya masuk ke PON XX 2021. Tencent Games menyadari bahwa PON merupakan perhelatan olahraga terbesar dan paling prestisius di Indonesia dalam tingkat nasional dan siap untuk mendukung penuh kesuksesan PON XX 2021.” (*)

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya