Seru-seruan Main Game Tapi Tak Ingin Lupakan Kesehatan? Lakukan Hal Berikut!

Kamis, 09 September 2021 | 11:51
Dok. Shutterstock

Bermain game menjadi salah satu aktivitas rekreasi yang digemari semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

GridGames.id -Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Meski di rumah saja merupakan pilihan yang paling aman untuk dilakukan saat ini, tidak bisa dimungkiri rasa bosan kerap hadir.

Gameseringkali menjadi solusi mudah untuk memperoleh hiburan di rumah, baikgame mobilemaupunconsole. Bermaingamemembuat waktu berlalu tanpa terasa. Bahkan, sebagiangamerssering lupa waktu hingga lupa beristirahat akibat terlalu seri bermaingame.

Nah, bermaingameboleh saja. Namun, kamu juga harus tetap memerhatikan kesehatan dan jangan terjebak dalam kondisi kecanduangame. Intinya, segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tidaklah baik.

Bermaingamesampai lupa waktu membuat tubuh enggan bergerak sehingga kamu bisa terjebak dalam gaya hidup sedentari. Masalah kesehatan bisa timbul. Apalagi, kalau kamu bermaingamesampai lupa tidur.

Baca Juga: Berencana Membeli TV untuk Kebutuhan Bermain Game? Ini Tipsnya

Mengutip dariVox News, pada 2018, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk pertama kalinya menyebut istilah kesehatan untuk menyebut keinginan bermaingamesecara berlebihan dalam International Classification of Diseases (ICD-11). WHO menyebutnya sebagaigaming disorder.

Sementara itu, menurut lamawww.health.harvard.edubermaingameberlebihan hingga melupakan waktu dan pola hidup sehat tidak hanya menyebabkan seseorang terjebak dalam gaya hidup sedentari. Cedera otot akibat posisi duduk yang terus-menerus sama selama beberapa waktu juga rentan terjadi.

Kalau sudah mengalami hal itu, tentu kualitas hidup gamers akan berkurang. Oleh sebab itu, agak hobigamingtetap menyenangkan dan tidak mengganggu kesehatan, lakukan hal-hal ini.

  1. Cukup minum air mineral
Pada umumnya manusia membutuhkan dua sampai tiga liter air mineral sehari untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Selain kehilangan fokus dan performa dalam bermaingame,dehidrasijugadapatmengakibatkan kepala pusing dan jantung terasa berdebar-debar.

Oleh sebab itu, selama bermaingameusahakan kamutetapterhidrasi. Hindari maingamesambil mengonsumsiminuman tinggi gula guna menghindarkan diri dari penyakit kronis, seperti diabetes dan komplikasi pada ginjal.

Baca Juga: Daftar 8 Game Esports di Asian Games 2022, Tak Ada Mobile Legends

  1. Pola makan teratur
Selain terhidrasi, usahakan kamu tetap menjaga pola makan tiga kali sehari. Untuk menjaga metabolisme tubuh sebaiknya kamu mengonsumsi sayur dan buah yang cukup. Sebab, sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan nutrisi terbaik.

  1. Lakukan aktivitas fisik
Agar tubuh tetap fit dan sehat, usahakan agar aktif bergerak dengan berolahraga minimal 150 menit dalam satu minggu.Sediakan waktu setidaknya setengah jam untuk melakukan aktivitas fisik dalam sehari. Setelah itu, kamu bisa lanjut melakukan aktivitas lain, baik belajar, bekerja, maupun bermaingame.

Tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat, kamu bisa lakukan hal-hal sederhana di rumah dan lingkungan sekitar.Misalnya saja, joging,bersepeda, naik turun tangga,atau sekadar peregangan ringan.

  1. Cukup istirahat
Sama seperti mesin, tubuh manusia juga membutuhkan istirahat.Sempatkanuntuk beristirahat minimal 15 menitsetelah 1-2 jam bermaingame.Kamu bisaberbaring atauberjalan santaisejenak di sekitar rumah agar otot dan sendi tidak nyeri.

Baca Juga: WR SEA Championship 2021: Jadwal, Format, Hadiah, dan Daftar Tim

Selain itu, usahakan tidak begadang. Sebab,kurang tidur menimbulkan berbagai dampak negatif. Dilansir dariWebMD, Kamis (13/2/2014), kurang tidur dapat berdampak pada produktivitas kerja, meningkatkan risiko kecelakaan, hingga berpotensi memicu penyakit berat seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi,danstroke.

Oleh sebab itu, tidur 6-8 jam sehari sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

  1. Minum multivitamin
Multivitamin juga adalah salah satu poin penting jika ingin menjaga kebugaran tubuh saat ini, konsumsi paling tidak satu dua kali dalam seminggu untuk menjaga asupan vitamin dalam tubuh.

Misalnya mengonsumsi vitamin C yangkaya akan antioksidan dan efektif menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Selain vitamin C, kamu juga membutuhkan vitamin Ddanzincsupaya meningkatkan imun tubuh, sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.

Untuk vitamin C, kamu bisa mendapatkannya dengan membeli multivitamin dariBlackmores. Multivitamin ini mengandung ekstrakbioflavonoiduntuk meningkatkan kerja vitamin C dalam tubuh dan aman bagi lambung.

Baca Juga: 4 Game Mobile Yang Bisa Datangkan Uang Asli, Main Doang Dapet Duit!

Jika menginginkan kombinasi ketiganya, Anda dapat menggunakanRedoxon Vitamin C, D,danZincatauImboostyangdapat membantumemulihkan tubuh dari berbagairisikopenyakit.

Mengingat saat ini tidak memungkinkan untuk bepergian keluar rumah serta adanya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kamu bisa memesan ketiga barang tersebut secaraonlinemelalui fitur LazMall di Lazada.

Sebagai informasi, LazMall merupakan fitur “Mall” yang menyediakan produk orisinal dari distributor resmi. Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu akan kualitas maupun garansi dari setiap produk yang dipesan.

Agar berbelanja makin hemat, Anda bisa memanfaatkan festival belanja Lazada kali ini di 9.9 Big Brands Sale.

Diselenggarakan selama 18 hari, mulai tanggal 25 Agustus yang lalu dengan puncaknya di tanggal 9 - 11 September ini, Lazada menghadirkan bonus dadakan sampai dengan Rp 500.000, Brand Deals Serba 9 Ribu, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

Bukan cuma itu, Lazada juga mengadakan Brand Mega Offer Seharian dengan diskon hingga 70 persen danvouchersenilai Rp 99.000.

Untuk menikmati berbagai penawaran menarik ini, Anda bisa langsung mengunjungi laman LazadadiLazada Indonesiaatau melalui aplikasi Lazada untukIOSdanAndroid.

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya