Twitch Dikabarkan Tengah Mengembangkan Fitur Baru Untuk Boost Channel

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 17:00

Twitch

GridGames.ID - Setelah mengumumkan fitur baru yang dirancang untuk melindungi streamer dari komentar negatif, Twitch kini tengah bereksperimen dengan fitur baru, guys!

Platform streaming game tersebut dikabarkan bakal menghadirkan fitur baru yang memungkinkan para pengguna melakukan pembayaran untuk mempromosikan layanan streaming.

Rumor tersebuttelah beredar di media sosial, di mana fitur baru itu kini sedang dalam proses pengerjaan.

Baca Juga: Edan! Streamer Twitch Ini Siarkan Live Streaming 2 Minggu Non-Stop

Dilansir dari laman The Verge, juru bicara Twitch kini telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang menguji fitur tersebut dengan sejumlah streamer.

“Kami meluncurkan percobaan ke sejumlahchannelyang kini tengah berkembang, yang memungkinkan komunitas mereka untuk membeli promosi ke bagian Twitch,” kata juru bicara Twitch.

Twitch pun sedang merinci tentang fitur peningkatan berbayar baru selama program Patch Notes-nya.

Baca Juga: Twitch Umumkan Fitur Baru untuk Hindari Teguran Hak Cipta, Wajib Coba!

Fitur baru yang kini tengah dikembangkan Twitch memiliki cara kerja, di mana selama 10 menit selama streaming, pemberitahuan akan muncul yang memberi tahu penontonbahwa opsi peningkatan tersedia.

Penonton yang berpartisipasi kemudian dapat membayar sejumlah rekomendasi.

Dalam demonya, ada dua tingkatan pembelian, yakni 1.000 rekomendasi untuk 0,99 sen (sekitar Rp 14 ribu) dan 3.000 rekomendasi untuk USD 2,97 (sekitar Rp 42 ribu).

Jendela pembelian boost ini terjadi secara acak untuk streamer yang berpartisipasi dan dapat terjadi sesering setiap streamersedang live.

Baca Juga: Twitch dan Facebook Gaming Tingkatkan 80% Jam Tayang di Awal Pandemi

Fitur boost ini pada dasarnya adalah versi berbayar dari program tantangan komunitas “Boost this stream” yang sudah ada.

Di Boost streaming ini, penonton dapat mengumpulkanchannel point dan menggunakannya untuk mempromosikan pembuat konten di seluruh platform.

Channel pointsendiripada dasarnya merupakan poin yang diperoleh penonton dengan berpartisipasi dalam aktivitas streaming seperti mem-follow dan menonton berturut-turut.

Baca Juga: Twitch Resmi Umumkan Emote Baru PogChamp, Begini Tampilannya!

Jacob Rosok, manajer produk Twitch, mengatakan program berbayar baru ini lahir dari umpan balik yang diberikan oleh komunitas.

Dia mengatakan streamer menginginkan lebih banyak kesempatan untuk mempromosikan channel mereka dan ingin promosi itu lebih berdampak.

Namun, kemudian tampaknya Twitch hanya memberi "dampak" nilai moneter saja.

Semakin banyak uang yang dihabiskan untuk rekomendasi, semakin banyak eksposur halaman depan yang didapat streamer, semakin banyak "dampak" aliran yang didorong untuk pembuatnya.

Pada waktu tertentu, ada ratusan ribu pembuat konten yang streaming di Twitch, semuanya berlomba-lomba untuk mendapatkan lebih banyakpenontondi streaming mereka.

Tetapi algoritma yang menyarankan streamer kepada penontoncenderung menyukai streamer teratas seperti Amouranth dan auronplay, yang memiliki jutaan pelanggan dan rata-rata puluhan ribu penontonsekaligus.

Jadi untuk streamer yang lebih kecil, satu-satunya harapan mereka untuk dapat ditemukan bergantung pada pendaratan di halaman depan Twitch yang didambakan.

Baca Juga: Profesi Live Streamer Game Disebut Menggiurkan, Ini Pendapat Kenboo & SherlinTsu

Program boost baru ini pada dasarnya memungkinkan streamer untuk melewati keberuntungan undian algoritma dan langsung membayar waktu mereka langsung di atas.

Berada di halaman depan berarti lebih banyak penonton, yang otomatis akan lebih banyak pendapatan dari iklan, dari langganan, dan daya tarik yang lebih besar itu bisa menarik sponsor yang juga menghasilkan lebih banyak pendapatan. (*)

Editor : Amalia Septiyani

Sumber : The Verge

Baca Lainnya