Piala Presiden Esports 2021 Resmi Dibuka dengan Konsep Artistik

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 18:35
Doc. PPE 2021

Kick off Piala Presiden Esports 2021 yang digelar hari ini (9/10)

GridGames.ID - Gelaran Piala Presiden Esports 2021 telah resmi dibuka hari ini (9/10) yang ditandai oleh pembukaan atau kick off yang berlangsung megah.

Menariknya, kick off Piala Presiden Esports 2021 mengangkat konsep artistik yang menunjukan berbagai keindahan alam, budaya, serta nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia.

Rangkaian pertandingan akan diikuti oleh lebih dari 61.784 atlet esports Tanah Air dan masih akan terus bertambah.

Baca Juga: Siap Digelar, Piala Presiden Esports 2021 Tambah Jumlah Kementerian yang Terlibat

Kick off Piala Presiden Esports 2021 sendiri dihadiri dan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan, Plt Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tursandi Alwi, Wakil Ketua PB Esports Indonesia (PBESI) Irjen (Pol) Andean Bonar Sitinjak, Direktur BCA Santoso, dan lain-lain.

Seperti diketahui Piala Presiden Esports 2021 merupakan kerja kolaborasi antara Kantor Staf Presiden, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, KONI, dan PBESI.

Doc. PPE 2021
Doc. PPE 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di pembukaan Piala Presiden Esports 2021

Sandiaga mengumumkan bahwa babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021 pada Desember mendatang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali.

Baca Juga: Samsung Galaxy A52s 5G Jadi HP Resmi Piala Presiden Esports dan MPL ID

"Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan bangga mengumumkan bahwa destinasi wisata yang akan menjadi lokasi acara utama Piala Presiden Esports 2021 akan dilaksanakan di Pulau Dewata, Bali. Bali diharapkan dapat merepresentasikan keindahan alam dan budaya Indonesia. Dengan semangat positif kita pun berharap bahwa pandemi Covid-19 dapat semakin terkendali," ungkap Sandiaga dalam sambutannya.

Sandiaga menuturkan, pemilihan Bali ngga lepas dari upaya pemerintah memulihkan sektor pariwisata yang terpuruk imbas pandemi Covid-19.

Dengan mengakomodasi keelokan alam dan budaya Indonesia, khususnya Bali ke panggung Piala Presiden Esports 2021, diharapkan menjadi daya tarik dan membuka mata publik esports mancanegara terhadap Indonesia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Optimis Pertumbuhan Esports di Indonesia Semakin Maju

Konsep Piala Presiden Esports 2021

Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 mengusung konsep artistik “Land of Wonders”.

Tujuannya, yakni mengenalkan berbagai ragam budaya, keindahan alam, dan nilai-nilai luhur yang menjadi identitas Bangsa Indonesia.

Konsep ini kemudian tervisualisasikan apik dalam seremoni Kick Off Piala Presiden Esports 2021 dengan set panggung bernuansa alam dan ornamen khas Indonesia.

Doc. PPE 2021
Doc. PPE 2021

Tari Legong di pembukaan Piala Presiden Esports 2021

Baca Juga: Beri Dukungan ke PBESI Solo, Gibran Rakabuming Ingin Anak Muda Punya Masa Depan di Bidang Esports

Pertunjukan terasa makin meriah dengan ditampilkannya aneka tarian daerah seperti Tari Piring, Tari Poco-Poco, dan Tari Legong.

Terdapat pula penampilan musik dari penyanyi Novia Bachmid dan rapper Tuan Tigabelas yang didapuk membawakan theme song Piala Presiden Esports 2021 berjudul “Tangguh”.

Doc. PPE 2021
Doc. PPE 2021

Novia Bachmid dan Tuan Tigabelas membawakan theme song Piala Presiden Esports 2021 berjudul “Tangguh” di pembukaan PPE 2021

Di bagian akhir acara ada fun match cabang game Free Fire yang mempertemukan para pro player esports yang tergabung dalam Tim Tangguh dan Tim Bangga.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Tim Esports Indonesia Terbaik Selama Tahun 2020

Usai dilangsungkannya kick off, turnamen akan memasuki pertandingan-pertandingan di babak kualifikasi untuk enam cabang game.

Game yang dipertandingkan antara lain eFootball PES, Free Fire, Lokapala (game lokal), Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming.

Babak kualifikasi akan berlangsung hingga tanggal 28 November mendatang dan terbagi dalam enam regional wilayah yaitu; Regional Sumatera, Regional Kalimantan, Regional Sulawesi, Regional Jawa, Regional Bali NTT NTB, dan Regional Maluku Papua.

Baca Juga: Mengukur Seberapa Besar Potensi Karir di Industri Esports Indonesia

“Dengan enam game yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2021, antusiasme peserta dan publik esports mengalami peningkatan yang luar biasa. Ini menunjukkan bahwa esports merupakan cabang olahraga yang sangat digemari di Indonesia. Semoga melalui kejuaraan ini, kita mampu mendapatkan atlet-atlet terbaik yang kelak mengharumkan Indonesia di turnamen level dunia,” tutur Rangga Danu Prasetyo, Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2021.

Selain trofi, para atlet dan tim yang bertanding akan berjuang memperebutkan total prize pool senilai total Rp 2 miliar dan kesempatan untuk menapaki karir yang lebih besar lagi di industri esports.

Piala Presiden Esports 2021 ini nggak hanya terbatas di level nasional saja, di babak grand final juga akan ada pertandingan level internasional yang secara khusus mendatangkan tim esports kelas dunia.

Hal ini diharapkan akan menjadi daya tarik yang besar bagi publik esports mancanegara untuk turut menyaksikan Piala Presiden Esports 2021. (*)

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya