Microsoft Bakal Akuisisi Activision Blizzard, Sony Ketar-Ketir!

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:15

Activision Blizzard x Microsoft Xbox

GridGames.ID - Microsoft baru saja memberikan kejutan besar di industri game dan teknologi.

18 Januari lalu, Microsoft resmi mengumumkan bahwa mereka bakal mengakuisisi raksasa studio dan penerbit game asal California, Activision Blizzard.

Melansir dari Microsoft News Center, Microsoft mengakuisisi Activision Blizzard untuk memberikan game-game berkualitas untuk kepada seluruh penggemar game.

Tak main-main, Microsoft menawarkan harga USD 68,7 miliar atau sekitar Rp 986 Triliun yangakan menjadi nilai akuisisi terbesar dalam sejarah perusahaan game setelah Take-Two dan Tencent.

Jika akuisisi berhasil, perusahaan gabungan Microsoft dan Activision Blizzard akan menjadi salah satu perusahaan game dengan pendapatan terbesar di dunia.

Franchise game populer besutan Activision dan Blizzard akan berada di bawah sayap Microsoft Xbox.

Bagi yang belum tau, Activision dan Blizzard merukan penerbit dari game Call of Duty, World of Warcraft, Candy Crush, Diablo, dll.

Microsoft berencana untuk menambahkan game Activision Blizzard ke Xbox Game Pass sebagai bagian dari kesepakatan.

Baca Juga: Siap-Siap, Game Android Bakal Bisa Dimainkan di PC Windows Mulai 2022!

Terkait dengan akuisisi ini, CEO Microsoft dan CEO Activision Blizzard turut memberikan komentar.

CEO Microsoft, Satya Nadella mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus berinvestasi agar Microsoft bisa menghadirkan era gaming baru kepada para penggunanya.

"Kami berinvestasi besar-besaran dari segi konten, komuitas, dan teknologi untuk menghadirkan era baru game yang berfokus di pemain sekaligus menjadikan game lebih aman, inklusif, dan dapat diakses oleh semua orang," ujar Satya Nadella seperti dilansir dari The Verge.

Studio Activision.

Baca Juga: Activision Umumkan Buat Studio Khusus Pengembangan Game Mobile AAA

Sementara itu, CEO Bobby Kotick mengatakan bahwa bergabungnya Activision Blizzard dengan Microsoft untuk kepentinganmenghadapi kompetisi yang ketat di industri gaming.

"Kombinasi dari Activision Blizzard dengan teknologi dan distribusi yang dimiliki Microsoft ditujukan untuk memastikan kesuksesan yang berkelanjutan dalam industri game yang semakin kompetitif," ujar Bobby Kotick.

Selain itu, Bobby juga mengatakan bahwa Activision Blizzard dan Microsoft akan berkomitmen untuk menghadirkan game-game luar biasa yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat.

esports observer

Activision Blizzard

Baca Juga: Activision Tuntut Distributor Cheat Call of Duty, Tak Ada Ampun!

Akuisisi Microsoft terhadap Activision Blizzard ini menunjukan bahwa mereka berambisi untuk menjadi perusahaan game terbesar di dunia.

Saat ini, perusahaan game dengan pendapatan terbesar masih dipegang oleh Tencent dan Sony.

Microsoft jelas ingin menggeser kedudukan 2 raksasa game tersebut dengan melakukan akuisisi besar.

Sebelumnya, Microsoft juga telah mengakuisisi Zenimax Media yang merupakan induk dari penerbit game ternama Bethesda Softworks.

Tetap ikuti GridGames untuk informasi menarik seputar industri game. (*)

Baca Juga: Call of Duty: Vanguard Singgung Pemain Islam, Activision Minta Maaf

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya