Agar Belajar Matematika Efektif dan Tidak Membosankan, Kamu Bisa Coba Metode Belajar Kumon

Jumat, 25 November 2022 | 20:56
Dok. Kumon

Pembimbing Kumon memberikan pujian kepada anak yang berhasil menyelesaikan tantangan.

GridGames.ID -Hingga saat ini, banyak siswamenganggapmatematika sebagai salah satu mata pelajaran yang “menakutkan”. Pasalnya, matematika memang berkaitan erat dengan pemecahan soal yang cukup rumit, sehingga membutuhkanlogika, pemahaman, serta ketelitian dalam mengerjakannya.

Tidak hanya itu, siswa juga harus mengerti dan hafal simbol, aturan operasi, konstanta, hingga rumus. Bahkan, sebuah penelitian Psychology Research and Behavior Management menunjukkanbahwa,sering kalianak merasa takut, cemas, dan stres saat belajar matematika.

Padahal,mempelajari ilmu matematika sangat bergunauntuk perkembangan anak dan menjadi bekal berharga untuk menyelesaikan beragam masalahsaat dewasa nanti. Dengan begitu, kemampuan matematika tidak hanya penting untuk kepentingan akademis, tetapi juga perkembangan pola pikir.

Hal ini dibuktikan oleh riset yang dilakukan oleh Dr. Tanya Evans dari Universitas Stanford pada 2015. Mengutip dariThe Boston Globe, riset yang ia lakukan menunjukkan bagaimana proses belajar matematika dapat mendorong perkembangan otak anak.

Baca Juga: Lokapala Hadirkan Event Pasamuhan Adhikara untuk Meriahkan G20 Summit

Dalam hasil riset tersebut,terungkap bahwa anak yang belajar matematika mempunyai perkembangan otak lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak belajar matematika.

Selain itu, anak yang belajar matematika juga memiliki kemampuan kognitif dan kemampuannya mengambil keputusan serta memfokuskan pikiran pada objek tertentu lebih baik.

Oleh sebab itu, selain guru, orangtua juga berperan penting untuk meningkatkan minat anak dalam belajar matematika. Sayangnya, orang tua juga terkadang bingung untuk menentukan metode belajar yang tepat, sehingga anak malas-malasan dan enggan belajar.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba Metode Kumon. Sebagai informasi,Kumonmerupakan metode belajar yang telah dikembangkanpada1954 oleh seorang guru di Jepang bernama ToruKumon.

Dok. Kumon

Program Coba Gratis dari Kumon berlaku hingga 30 November 2022.

Metode Kumon diciptakan untuk menggali potensi yang ada pada setiap individu dan mengembangkannya semaksimal mungkin.

Keunggulan metode belajar ini adalah menekankan pembelajaran mandiri. Anak tidak dikelompokkan ke dalam satu kelas, tetapididorong untuk belajarsecara individual sesuai kemampuan anak. Sebelum mengikuti les Kumon, anak akan diminta mengikuti Tes Penempatan dan konseling belajar untuk mengetahui tingkat kemampuannya.

Metode Kumon memanfaatkan lembar kerja yang dimulai dari soal paling mudah hingga paling sulit. Anak dapat mengerjakannya secara bertahap sesuai tingkat kemampuannya. Dengan begitu, anak tetap semangat mengulik setiap soal dan tidak putus asa dalam belajar.

Untuk memahami cara dan manfaatmetodebelajar Kumon,orang tuadapat mengikutkan anak dalamprogramCoba Gratis Kumonyang diselenggarakan pada 1 November sampai 30 November 2022.

Selain itu,orang tuajuga dapat mengetahui kemampuan anak dengan mendaftarkan dirinya untuk ikut dalam Tes Penempatan dan konsultasi belajar secara gratis.

Baca Juga: Dalam Kolaborasinya, PUBGM Hadirkan 20 Item Baru Bertema Lionel Messi

Sebagai informasi, saat ini Kumon telah memiliki lebih dari 4 juta siswa yang tersebar di lebih dari 60 negara di dunia. Kumon membuka kursusMatematikadan bahasa Inggris.

Informasi lengkap untuk daftar Kumon,serta mengetahuibiaya dan lokasi Kumon terdekat,kunjungisitus web Kumon. Ikuti juga akun Instagram@kumonindonesiadanFacebook Kumon Indonesia.

Editor : Wandha Nur Hidayat