World of Warcraft Dirumorkan Rilis di Konsol Tahun Ini. Akankah Efektif?

Jumat, 26 Januari 2024 | 11:00

World of Warcraft

GridGames.ID - Rumor mengenai hadirnya World of Warcraft (WoW) di konsol nampaknya akan direalisasikan pada tahun ini yang juga bersamaan dengan perayaan ulang tahunnya ke-20.

Chris Metzen, Penasihat Kreatif dari World of Warcraft, sudah memberikan clue pada upacara pembukaan BlizzCon tahun lalu.

"Apakah Anda adalah pemain saat ini, atau mungkin Anda melompat dari kereta WoW beberapa ekspansi yang lalu, sekarang adalah waktunya untuk pulang," ujar Chris.

Cara World of Warcraft bertahan sepanjang 20 tahun perilisannya

Blizzard
Blizzard

World of Warcraft: Dragonflight

World of Warcraft sendiri merupakan game klasik yang sudah berumur 20 tahun dan masih aktif hingga tahun 2024 ini.

Meski beberapa kali menghadirkan cerita baru seperti Battle for Azeroth dan Shadowlands, namun belum bisa mengangkat World of Warcraft ke puncaknya.

Angin segar justru datang dari Worldsoul Saga yang kemudian mengungkapkan tiga ekspansi berikutnya, yakni The War Within, Midnight, dan The Last Titan.

Terlihat jelas bahwa ini adalah langkah besar Blizzard untuk merevitalisasi waralaba secara menyeluruh, menyegarkan basis pemain saat ini, mengundang pemain yang sudah tidak aktif untuk kembali, dan bahkan menarik pemain baru.

Baca Juga: Penyebab World of Warcraft Mobile Batal Rilis di iOS dan Android

Matangkan strategi di 2024

World of Warcraft sudah tidak bisa dimainkan di China terkait masalah Blizzard dan NetEase.

Blizzard memaksimalkan World of Warcraft agar tetap berumur panjang, khususnya di tahun 2024 dengan mengajak para gamers untuk tetap bermain.

Di tengah peremajaan ini, memastikan akun WoW milik pemain siap untuk petualangan yang akan datang.

Saat Worldsoul Saga diluncurkan, pemain diharap memiliki akun WoW (WoW account) sehingga dapat meningkatkan pengalaman bermain dan menemukan narasi besar serta tantangan yang menanti dalam ekspansi baru ini.

Blizzard diharapkan mengambil langkah yang tepat untuk mewujudkan itu semua, dengan salah satu cara jitu yaitu menghadirkan WoW ke konsol.

Baca Juga: Ekspansi World of Warcraft Dragonflight Akan Rilis Akhir Tahun 2022

Hadirkan versi konsol karena masalah kontroler

Blizzard
Blizzard

World of Warcraft: Dragonflight

Versi konsol dari World of Warcraft telah menjadi rumor sejak bertahun-tahun lalu dan masih menjadi bahan perbincangan para pemain dan penggemarnya.

Sejak dirilis tahun 2004 silam, WoW hanya dapat dimainkan di PC saja dan tak sedikit pemain yang membicarakan soal terlalu banyak tombol untuk sebuah kontroler.

Seiring berjalannya waktu, hal itu terbukti lebih fleksibel karena saat ini tersedia addon untuk dukungan pengontrol, seperti ConsolePort.

Blizzard pun memberikan opsi lain dengan membuat versi konsol yang dipesan lebih dahulu dari game ini.

Dalam sebuah wawancara dengan GamesRadar di BlizzCon, Holly Longdale, wakil presiden dan produser eksekutif untuk World of Warcraft, berkomentar langsung tentang port tersebut.

"Saya rasa itu bukan masalah teknis sejujurnya. Tapi, kami membicarakannya (versi konsol) karena kami adalah Microsoft sekarang," ujarnya.

Perkataan tersebut belum bisa dikatakan sebagai keputusan mutlak, namun kalimat tersebut yang paling dekat dengan konfirmasi tanpa harus mengatakannya secara langsung.

Baca Juga: Blizzard Umumkan World of Warcraft: Dragonflight, Bawa Cerita Lebih Seru

WoW versi konsol masih abu-abu?

Blizzard
Blizzard

World of Warcraft: Shadowland

Kemungkinan, hal ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang sedang dipersiapkan, namun versi konsol yang telah lama disarankan ini bukanlah alasan utama mengapa harus dihadirkan di tahun ini.

Dengan hadirnya versi konsol, muncul banyak pertanyaan, salah satunya; bagaimana nasib akun dari pemain lama?

Untuk mengantisipasi potensi perubahan dan ekspansi, pengelolaan WoW Gold milik pemain menjadi sangat penting.

Kemungkinan penyebab ekspansi ke platform baru akan ada perubahan mata uang dalam game yang substansial yang membuat pemain harus kembali beradaptasi dengan tantangan baru, memperoleh sumber daya penting, dan memastikan transisi yang mulus ke babak berikutnya dari World of Warcraft.

Jadi menurut kalian, apakah efektif jika World of Warcraft akan hadir di platform konsol tahun ini? (*)

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya