Follow Us

Kini eSports Resmi Jadi Cabang Olahraga yang Dilombakan di SEA Games

Amalia Septiyani - Selasa, 04 Desember 2018 | 21:25
Turnamen eSports

Turnamen eSports

GridGames.ID - Berkat ketenarannya eSport bahkan dipertandingkan di sejumlah gelaran olahraga bergengsi. Seperti dalam Asian Games 2018 lalu di Indonesia, meski sifatnya masih eksibisi dan belum diperlombakan untuk memperoleh medali.

Kini, eSport resmi menjadi bagian dari olahraga yang diperlombakan untuk meraih medali yang akan memulai debut di SEA Games tahun depan.

Pesta olahraga dua tahunan tersebut melibatkan para peserta dari 11 negara di Asia Tenggara dan akan diselenggarakan di Filipina pada tahun 2019.

Baca Juga : Salut! Mobile Legends Resmi jadi Cabang Olahraga eSport SEA Games 2019

SEA Games akan menandai pertama kalinya eSports dimasukkan sebagai olah raga perebutan medali yang sah di bawah Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Panitia Penyelenggara SEA Games Filipina (PhilSGOC) dan Komite Olimpiade Filipina (POC) telah bekerja sama dengan perusahaan game Razer untuk menghadirkan game kompetitif ke dalam acara olahraga semacam itu untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Sejauh ini, judul mobile game populer Mobile Legends: Bang Bang telah dikonfirmasi sebagai salah satu dari enam judul game eSports yang akan diperlombakan.

Nantinya akan diperebutkan enam medali emas yang akan dibagi menjadi tiga platform yaitu: mobile game, PC dan konsol, yang masing-masing akan memperlombakan dua judul game.

Baca Juga : Ngeri! Moonton Tegaskan Pemberantasan Cheat di Mobile Legends

"Esports telah menjadi bagian utama sejak Razer didirikan, dan kami telah mendukung banyak sekali event global, turnamen, tim, dan atlet selama satu setengah dekade terakhir," ujar Min-Liang Tan, co-founder dan CEO Razer.

"Olahraga dan semangat juang yang ada di eSports nggak berbeda dari jenis olahraga lainnya, dan kami telah berjuang keras untuk mengikutsertakannya dalam acara olahraga internasional seperti SEA Games 2019."

Selain Mobile Legends: Bang Bang, lima judul game lain kabarnya baru akan diumumkan pada tanggal 15 Desember mendatang.

Artikel ini telah ditayangkan di hai-online.com dengan judul eSports Resmi Jadi Cabor yang Dipertandingkan untuk Medali di SEA Games 2019.(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest