Follow Us

Serius Kembangkan eSports, Pemerintah Kembali Gelar Piala Presiden Esports 2020

Amalia Septiyani - Selasa, 01 Oktober 2019 | 20:00
(ki-ka) Fickri Aulia, Gary Ongko Putera, Gatot S. Dewa Broto dan Giring Ganesha
Dok. PPE 2020

(ki-ka) Fickri Aulia, Gary Ongko Putera, Gatot S. Dewa Broto dan Giring Ganesha

GridGames.ID - Setelah sukses melombakan Mobile Legends yang digelar pada awal tahun ini, Piala Presiden Esports kembali digelar pada tahun 2020 mendatang.

Turnamen berskala nasional ini merupakan salah satu upaya pemerintah membangun ekosistem esports di Indonesia.

Penyelenggaraan Piala Presiden Esports perdana tahun 2019 juga mendapat respon positif dari berbagai organisasi (klub) dan komunitas eSports Indonesia.

Baca Juga: Huft! Piala Presiden Esports 2020 Kemungkinan Tanpa Mobile Legends

Hari ini (1/10), Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika menghadirkan dialog media bertajuk “Membangun Ekosistem Esports” di Plaza Senayan, Jakarta.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto, Ketua Panitia Piala Presiden Esports 2020 Giring Ganesha, Founder & CEO BOOM ID (Organisasi Esports) Gary Ongko Putera, dan Atlet Esports Tim Island of God (IOG) Fickri Aulia menjadi pembicara pada dialog tersebut.

“Kita sebetulnya tergolong terlambat di bandingkan negara-negara lain. Lompatan kita di esports baru setahun - dua tahun ini. Untuk event dan turnamen esports, kita baru mulai tujuh tahun belakangan. Sementara negara-negara lain sudah dari 15 tahun yang lalu. Jangan sampai kita terus ketinggalan,” ujar Gatot.

Gatot S. Dewa Broto
Dok. PPE 2020

Gatot S. Dewa Broto

Gatot juga mengungkapkan bahwa pemerintah terus melakukan edukasi dan membangun pemahaman tentang eSports yang memiliki prinsip dan nilai-nilai sama dengan cabang olahraga lainnya.

Menurut Gatot, pemerintah memastikan Piala Presiden Esports akan kembali di gelar pada tahun 2020 mendatang.

Giring Ganesha, selaku Ketua Panitia Pelaksana PPE 2020 mengemukakan, eSports akan memberi dampak besar dari sisi prestasi dan ekonomi jika diberi dukungan untuk bertumbuh sebagai industri.

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya

Latest