Follow Us

Penjelasan Format dan Sistem Kompetisi Esports Nasional PBESI 2022

Randy Fauzi F - Rabu, 22 Desember 2021 | 16:00
Kick off Piala Presiden Esports 2020
Dok. PPE 2020

Kick off Piala Presiden Esports 2020

GridGames.ID - Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) baru saja mengumumkan detail terkait agenda mereka pada tahun 2022 mendatang.

Salah satu yang cukup menjadi sorotan adalah wacana untuk menghadirkan kompetisi esports nasional yang sistematis.

Ketua Bidang Wasit dan Pelatih PBESI, Christian Suryadi menerangkan jika nantinya kompetisi esports nasional itu akan dibuat dalam dua format.

"Berdasarkan regulasi dari peraturan esports Indonesia yang dikeluarkan PBESI maka nanti akan ada dua jenis kompetisi, yang pertama liga, yang kedua ialah turnamen," ujarnya dalam acara Media Gathering PBESI di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (22/12).

Baca Juga: Kompetisi Esports Nasional dengan Sistem Liga akan Digelar Mulai 2022

Untuk kompetisi esports nasional dengan format liga akan dibagi menjadi 3 tingkat yang terdiri dari Liga 3 (Amatir), Liga 2, dan Liga 1.

Sementara untuk kompetisi esports nasional dengan format turnamen akan dibagi menjadi 3 tingkat juga, yakni turnamen skala kecil, turnamen skala menengah, dan turnamen skala besar.

Ketua Bidang Wasit dan Pelatih PBESI, Christian Suryadi saat memaparkan agenda PBESI pada tahun 2022 di acara Media Gathering PBESI, Rabu (22/12).
Dok. Nextren/Fahmi

Ketua Bidang Wasit dan Pelatih PBESI, Christian Suryadi saat memaparkan agenda PBESI pada tahun 2022 di acara Media Gathering PBESI, Rabu (22/12).

Christian mengatakan jika setiap event organizer atau pembuat turnamen esports bakal diwajibkan untuk mendaftar ke PBESI terlebih dahulu.

"Nanti di tahun 2022 wajib mendaftar juga ke PBESI untuk bisa masuk sebagai agenda resmi kalender esports nasional di Indonesia," terangnya.

Ia mengungkapkan bahwa hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi lagi bentrok jadwal antar kompetisi yang sudah ada sebelumnya.

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya

Latest