Follow Us

Inilah Game yang Pertama Kali Dipertandingkan dalam Sejarah Esports

Amalia Septiyani - Sabtu, 07 Mei 2022 | 18:45
Turnamen eSports

Turnamen eSports

GridGames.ID - Semua hal yang besar, pasti dimulai dari hal kecil, termasuk soal esports yang sekarang namanya lagi “gede” banget dan perkembangannya masih terus melesat.

Banyak versi yang bisa diceritakan jika kita ingin memulai cerita tentang awal mula perkembangan esports.

Esports sendiri merupakan Electronic Sports alias Olahraga Elektronik yang biasanya mempertandingkan kompetisi video game dari berbagai genre seperti first-person shooter (FPS), Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), Battle Royale, dan banyak lagi.

Beberapa tahun belakangan ini, ajang turnamen esports menghadirkan game-game modern yang dipertandingkan, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, Dota 2, Apex Legends, dan lain-lain.

Biasanya, setiap pertandingan esports profesional disediakan pula gawai untuk para peserta atau aksesoris gaming sebagai alat pendukung.

Ternyata, sebelum lahirnya perangkat berteknologi canggih, ajang esports telah digelar dengan cara yang lebih sederhana.

Dilansir dari laman Kompas.com, turnamen esports pertama di dunia juga tidak mempertandingkan genre game populer seperti MOBA dan FPS.

Pertandingan esports digelar secara perdana pada 19 Oktober 1972 dan mengusung tajuk "Intergalatic Spacewar Olympic".

Kala itu, sesi pertandingan digelar di Stanford Artificial Intelligence Lab, Los Altos, California, yang merupakan salah satu tempat yang menyediakan PDP-10, sebuah perangkat komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan game.

Baca Juga: Inilah Sejarah Perkembangan eSports di Dunia Sampai di Indonesia

Source : Kompas.com, Kotaku

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya

Latest