Follow Us

Kembangkan Pertumbuhan Ekonomi Lewat Industri Game dan Esports, Indonesia Siap Memimpin Dunia!

Amalia Septiyani - Selasa, 31 Mei 2022 | 20:55
Presiden Joko Widodo di KTT G20, Osaka, Jepang
Instagram @jokowi

Presiden Joko Widodo di KTT G20, Osaka, Jepang

GridGames.ID - Indonesia dipercaya memimpin Perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) sejak November 2020.

Perjanjian RCEP merupakan kesepakatan regional trading block terbesar di dunia, yang meliputi 30% dari PDB dunia, 27% dari perdagangan dunia, 29% dari investasi asing langsung dunia dan 29% dari populasi dunia.

November 2021, Indonesia membuktikan diri mampu menjadi pioneer di Forum Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelago and Island State Forum (AIS).

Tahun 2022, Indonesia menjadi pemimpin yang menggelar KTT Group of Twenty (G20) yang merupakan forum multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara maju dan berkembang di dunia.

Di 2023 mendatang, Indonesia kembali menjadi Ketua ASEAN yang merupakan Keketuaan ke-4, akan menjadi tantangan tersendiri di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

Peta penyebaran relief artefak, prasasti, dan manuskrip yang berhubungan langsung dan tidak langsung dengan Borobudur

Peta penyebaran relief artefak, prasasti, dan manuskrip yang berhubungan langsung dan tidak langsung dengan Borobudur

Baca Juga: Jelang FORNAS 2022, IESPA Gelar Festival Olahraga Rekreasi Nasional

Salah satu industri digital yang sedang marak adalah industri game dan esports yang digadang dapat membangun kekuatan ekonomi baru.

Karena menurut World Economic Forum, esports telah mampu membawa industri game tumbuh kuat ke level berikutnya sejak Covid-19 melanda.

Data lain menyebutkan bahwa 90% populasi di Asia Tenggara adalah pemain esports dan 145 juta pemain berasal dari Indonesia.

Angka tersebut membuktikan setengah penduduk Indonesia bermain game, yang berarti Indonesia memiliki potensi besar untuk bisa mengembangkan pertumbuhan ekonomi lewat industri game dan esports.

Halaman Selanjutnya

1 2 3

Editor : Amalia Septiyani

Baca Lainnya

Latest