Follow Us

Brandstory

Konten Ini Merupakan Kerja Sama Grid Games dengan Lazada

Ubah Hobi Gaming Jadi Cuan, Saatnya Gamer Coba Jadi Game Streamer!

Yussy Maulia - Senin, 04 Juli 2022 | 15:53
Ilustrasi game streamer.
Shutterstock

Ilustrasi game streamer.

GridGames – Beberapa tahun lalu, bermain game hanya dianggap sebagai kegiatan untuk menyalurkan hobi atau sekadar mencari hiburan. Bahkan, tak jarang bermain game disebut sebagai kegiatan yang membuang-buang waktu.

Namun, anggapan tersebut kini sudah tidak relevan. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan industri game online yang semakin pesat, bermain game dapat dijadikan profesi yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Peluang bagi para gamer untuk menyalurkan passion sekaligus mendapatkan uang semakin terbuka lebar semenjak eSport dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga resmi.

Selain mengikuti turnamen, salah satu cara gamer dapat mendulang uang adalah dengan menjadi game streamer. Sebagai informasi, game streamer adalah gamer yang menjadi content creator dengan memproduksi konten gaming dan menyiarkannya secara live streaming.

Baca Juga: REVIEW MPL Fantasy, Cocok Buat Fans Sepak Bola dan Gamer Kasual

Data terbaru dari YouTube menunjukkan, konten gaming masih menjadi salah satu kategori yang paling diminati di platform tersebut. Dua dari lima kanal YouTube dengan jumlah subscribers dan penonton terbanyak merupakan kanal yang memproduksi konten gaming.

Alasan pengguna YouTube menonton konten terkait gaming adalah untuk mempelajari cara dan strategi bermain game dari para game streamer.

Salah satu konten gaming yang cukup populer saat ini adalah live streaming. Konten jenis ini dianggap menarik karena game streamer dapat bermain game sekaligus berinteraksi dengan penonton selama live streaming berlangsung.

Meski sempat diremehkan, peluang karier sebagai game streamer cukup menjanjikan. Apalagi, semakin banyak platform live streaming yang dapat menjadi media untuk menyebarkan konten sekaligus meraih pendapatan, seperti YouTube, Tiktok, Facebook, dan Twitch.

Baca Juga: Kairi Resmi Gabung ONIC Esports, Ini Rolenya untuk MPL ID Season 10

Di Indonesia sendiri, banyak gamer yang terbukti sukses menekuni profesi game streamer. Salah satunya, Windah Basudara.

Dikenal dengan gaya bicara yang lucu dan interaktif, Windah Basudara berhasil menggaet 7,7 juta subscribers di platform YouTube per Juni 2022. Menurut data dari laman Social Blade, diperkirakan Windah mampu menghasilkan hingga Rp 400 juta untuk satu kali live streaming.

Topic : Ubah Hobi Gaming Jadi Cuan

Editor : Wandha Nur Hidayat

Latest